logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu bagi sebagian besar orang. Jerawat sangat mempengaruhi penampilan dan menurunkan rasa percaya diri, karena itu banyak orang berusaha sebisa mungkin untuk mencegah jerawat datang atau menghilangkannya dari wajah. Sayangnya, banyak juga diantara kita yang sensitif terhadap obat-obatan sehingga penggunaannya malah membuat kulit mengalami iritasi, memerah atau gejala lainnya. Karena itu, perawatan secara alami adalah pilihan yang sangat baik untuk mengatasi jerawat dari wajah anda. Berikut ini adalah beberapa cara alami yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan jerawat.

1. Makan wortel lebih banyak

Wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, vitamin A berperan dalam penguatan jaringan pelindung tubuh pada kulit dan dapat mencegah jerawat serta dapat mengurangi produksi kelenjar minyak.

2. Kurangi konsumsi produk susu

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi susu yang terlalu banyak dapat menyebabkan kelenjar minyak berproduksi lebih besar. Hal tersebut dapat memicu munculnya jerawat pada wajah anda.

3. Jangan sentuh bagian wajah yang berjerawat

Tangan sangat mudah terpapar dengan benda-benda kotor, menyentuh wajah dengan tangan sangat berpotensi memindahkan bakteri ke kulit wajah yang dapat memicu terjadinya jerawat.
Baca juga:
Hindari Kebiasaan ini Agar Kulit Tampak Awet Muda

4. Mengkonsumsi kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu dapur yang sangat umum di Indonesia dengan banyak manfaat untuk kesehatan, karena itu kunyit banyak digunakan untuk membuat jamu. Kunyit dapat berperan sebagai bahan anti-inflamasi, antimikroba, dan antiseptik yang dapat mengurangi gangguan kulit kemerahan serta jerawat. Untuk mengkonsumsi kunyit, anda tinggal menambahkannya sebagai bumbu ke dalam makanan harian anda. Mungkin anda sendiri sudah mengkonsumsinya setiap hari, tapi mungkin anda bisa menambah jumlahnya dengan meminum jamu.

5. Kurangi konsumsi gula

Konsumsi gula yang tinggi dapat memicu gangguan kerja insulin, selanjutnya dapat mengganggu kerja hormon dan kemudian memicu kelenjar adrenalin. Selanjutnya, memicu munculnya jerawat.

6. Olah raga

Jadwalkan olah raga sebagai bagian kegiatan mingguan anda, paling tidak tiga kali seminggu. Pastikan olah raga anda membuat anda berkeringat, keringat merupakan salah satu cara untuk detoksifikasi kulit.

7. Nutrisi tambahan

Kesehatan tubuh kita selalu berhubungan dengan apa yang kita  makan. Munculnya jerawat pada wajah anda bisa jadi disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi tertentu pada menu harian anda. Berhubungan dengan jerawat, mungkin anda perlu meningkatkan konsumsi bahan-bahan makanan yang menyehatkan kulit. Beberapa contoh makanan tersebut dapat anda baca disini.
Baca juga:
Makanan untuk Kesehatan Kulit, Rambut dan Kuku
Bahan Makanan Ajaib untuk Kulit

8. Jaga kebersihan

Jaga kebersihan tubuh anda, terutama wajah serta barang-barang anda seperti seperti handphone, kacamata, keyboard, bantal dan sebagainya. Bersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah sebelum anda tidur atau setelah kegiatan di luar ruangan. Membersihkan wajah akan mengurangi resiko terjadi infeksi bakteri yang memicu jerawat.

9. Hindari stress

Stress dapat mengganggu kerja hormon yang kemudian dapat memicu produksi minyak pada wajah secara berlebihan dan munculnya jerawat. Segarkan pikiran anda setiap ada kesempatan, kunjungi tempat-tempat indah, bersantailah sejenak jika pikiran terasa terlalu penat.
Baca juga:
Tips Mengurangi Stress di Tempat Kerja

Jerawat sangat berhubungan dengan kesehatan, gaya hidup yang sehat dengan sendirinya akan menghindarkan anda dari potensi munculnya jerawat. Memang terdapat beberapa faktor yang sulit dihindari seperti faktor keturunan, tapi menjaga diri dengan gaya hidup sehat akan menurunkan resiko munculnya jerawat. Bagaimana menurut anda? Apakah anda memiliki pengalaman menanggulangi jerawat secara alami?
Baca juga:
8 Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger