logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

5 Alasan Kenapa Anda Harus Berkebun di Rumah

Produksi makanan adalah isu global yang semakin hari semakin panas, pertambahan jumlah penduduk yang semakin cepat diiringi dengan berkurangnya lahan pertanian yang semakin cepat pula. Hal ini memunculkan kekhawatiran terjadinya kelaparan di seluruh dunia. Anda bisa menjadi bagian dari solusi masalah global ini! Tidak perlu berpikir untuk menyuplai masyarakat dunia dengan lahan pertanian yang mungkin tidak anda miliki, paling tidak anda bisa memproduksi makanan untuk konsumsi anggota keluarga anda. Caranya? Mulailah berkebun di halaman rumah anda. Tidak hanya memproduksi makanan, ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan berkebun, berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Kebun dan berkebun dapat menjadi sarana rekreasi dan refreshing

Jika anda tidak memiliki waktu untuk refreshing atau rekreasi ke tempat-tempat indah di luar kota, buatlah tempat yang indah di halaman rumah anda sendiri. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa warna hijau dari daun-daun tumbuhan memiliki efek yang menenangkan bagi manusia. Tidak hanya kebunnya yang membuat anda tenang, kegiatan berkebun itu sendiri dapat membantu anda menghilangkan stress.
Baca juga:
Tips Mengurangi Stress di Tempat Kerja

2. Membuat rumah lebih nyaman untuk ditinggali

Selain menjadi sarana refreshing dan rekreasi, kebun di halaman rumah dapat membuat lingkungan rumah anda lebih nyaman untuk ditinggali karena tanaman-tanamannya dapat mengontrol suhu udara sekitar rumah sehingga anda tidak perlu menggunakan pendingin udara (AC). Dengan menaman berbagai jenis tanaman, anda dapat menjadikan rumah anda rumah yang hemat energi. Tanaman di sekitar rumah juga menjadikan udara sekitar rumah lebih bersih dan kaya oksigen.

3. Kebun di halaman rumah dapat mengundang satwa liar untuk datang

Anda dapat menjadi seorang Citizen Naturalis yang peduli terhadap lingkungan dengan menyediakan habitat atau sumber makanan bagi berbagai jenis burung dan serangga. Menyaksikan burung-burung dan serangga berkeliaran di halaman rumah anda juga dapat membantu anda untuk rileks mengurangi penat atau stress yang melanda.
Baca juga:
Tips Mengundang Burung ke Halaman Rumah
Tips Cara Mengundang Kupu-kupu ke Taman Rumah
Menjadikan Rumah kita Rumah Berkelanjutan

4. Berkebun di halaman rumah dapat mengurangi pengeluaran belanja bulanan anda

Banyak pilihan tanaman yang bisa anda tanam di halaman rumah anda, tapi menanam tanaman buah dan sayuran dapat sangat membantu anda untuk mengurangi pengeluaran untuk makan sehari-hari. Beberapa contoh tanaman sayur dan buah yang bisa anda tanam misalnya sawi, kangkung, terong, tomat, cabai, pare, kecipir, dsb. Anda juga bisa menanam tanaman bumbu seperti jahe, kunyit, lengkuas, serai, jeruk nipis, dsb.
Baca juga:
Tips Awet Muda dengan Bahan-bahan Dapur

5. Berkebun dapat menjadi kegiatan keluarga

Umumnya, sebuah keluarga berkumpul pada waktu makan atau saat rekreasi keluar kota. Dengan berkebun, anda juga bisa berkumpul dengan keluarga anda. Berkebun bersama dapat menjadi sarana untuk bercengkrama dan menguatkan ikatan keluarga anda. Berkebun juga dapat menjadi sarana pendidikan orang tua kepada anaknya, mengajarkan tanggung jawab serta kepedulian terhadap lingkungan.

Itulah lima alasan kenapa anda harus berkebun di halaman rumah. Jika anda hanya memiliki lahan yang sempit di rumah, anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan polibag. Anda juga bisa menggunakan sistem akuaponik yang saat ini sudah banyak di kembangkan di berbagai tempat.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger