logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

10 Tips Cara Makan Sehat Namun Hemat

10 Tips Untuk Makan Secara Sehat dengan Anggaran Hemat - Bisa makan dengan sehat namun dengan budget yang hemat tentu adalah salah satu yang sangat diinginkan oleh banyak orang, terutama ibu rumah tangga. Namun seringkali kita berpikir bahwa makan makanan sehat selalu memaksa kita untuk merogoh kantong lebih dalam. Kenyataannya, jika kita mau berpikir lebih jauh kedepan, makanan sehat akan membantu kita untuk mengurangi kemungkinan menghabiskan lebih banyak uang karena sakit. Dan, ternyata, makan makanan sehat tidak selalu mahal, jika kita tahu caranya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjadikan menu dan pola makan Anda sehari-hari menjadi lebih sehat, namun tetap hemat.

1. Memasak di rumah

Bihun Jamur Pedas (Resepnya disini)
Perubahan yang paling penting yang perlu dibuat untuk menghemat uang adalah dengan memasak di rumah daripada menggantungkan diri pada makanan restoran. Makan di luar sangat mahal, tidak peduli bagaimanapun cara anda menyiasatinya. Memasak sendiri dirumah  juga memungkinkan Anda untuk mengontrol bahan-bahan yang makanan yang Anda masak sehingga akan lebih sehat bagi Anda dan keluarga.

2. Berbelanja pada akhir pekan

Jika Anda sudah memiliki makanan segar di lemari es yang anda beli setiap minggu, Anda akan lebih termotivasi untuk memasak sendiri. Bukannya pergi keluar dan menghabiskan uang anda untuk makan di restoran atau rumah makan. Biasakan untuk membeli makanan di awal waktu dan Anda tidak akan tergoda untuk membuang-buang uang di luar rumah.

3. Berbelanja bahan makanan Segar

Jika Anda benar-benar ingin mulai makan sehat, makanlah makanan segar. Makanan segar lebih terjamin dari berbagai bahan pengawet, sehingga lebih aman untuk tubuh. Kandungan gizinya juga relatif utuh dibandingkan makanan kemasan yang telah mengalami berbagai macam proses yang kemungkinan besar telah menurunkan kandungan gizinya. Makanan segar juga akan lebih murah, karena anda tidak perlu ikut menanggung biaya bahan pengawet dan kemasan seperti pada bahan makanan kemasan. Kecuali untuk bahan makanan yang memang berasal dari tempat jauh dan bisa anda bisa mempercayai bahwa makanan tersebut memang baik (lihat point 8).

4. Berbelanja di pasar tradisional

Tidak dapat dipungkiri, harga berbagai bahan makanan di pasar tradisional lebih murah daripada di supermarket atau toko-toko swalayan. Di pasar tradisional kita juga bisa lebih mudah untuk menemukan bahan-bahan makanan dalam keadaan segar. Namun Anda harus jeli dalam memilih bahan yang akan Anda beli, karena berbeda dengan di pasar modern dimana semua barang yang dijual adalah barang-barang yang sudah dipilih, maka di pasar tradisional kita harus memilih sendiri barang-barang yang terbaik dengan harga yang terbaik pula. Jika kita pikir lebih lanjut, tidak menutup kemungkinan kita membayar lebih mahal di supermarket untuk mengganti biaya pemilihan makanan (misalnya sayur dan buah) yang memiliki penampilan yang paling baik atau menarik.

5. Fokus pada yang berdaun hijau

Sayuran hijau seperti kailan, lobak, sawi, bayam dan brokoli adalah beberapa sayuran yang paling bergizi, bahan makanan yang tidak terlalu mahal yang dapat Anda beli. Sayuran hijau sangat kaya dengan kandungan vitamin dan mineral, selain itu jenis makanan ini bisa menjadi sumber pemenuhan kebutuhan serat harian anda.

6. Membeli dalam jumlah besar

Kacang kedelai kalengan memang bukan masalah, tapi kacang yang dikeringkan terasa lebih enak dan harganya lebih murah. Belilah kacang kedelai dalam jumlah besar sehingga lebih hemat, kacang tersebut dapat dimasak sekaligus, kemudian disimpan, dan dimakan sewaktu-waktu saat kita tidak sempat memasak. Demikian juga jenis makanan lainnya yang bisa tahan lama dalam lemari es.

7. Kurangi makan daging

Ini mungkin adalah cara termudah untuk menghemat uang Anda. Apakah di toko kelontong atau restoran, daging selalu menjadi menu yang paling mahal. Anda tidak harus menjadi vegetarian, tetapi membatasi makan daging menjadi sekali atau dua kali seminggu adalah cara mudah untuk memotong jumlah kalori dan pengeluaran dalam satu waktu. Jika Anda khawatir tentang protein (yang sebenarnya tidak perlu) Anda bisa makan kacang kedelai, telur atau kacang lainnya sebagai gantinya.

8. Mengkonsumsi ikan

Ikan adalah sumber protein terbaik untuk tubuh manusia. Ikan kaya dengan kandungan Asam Lemak Omega tiga, karena itu sangat disarankan bagi orang tua untuk memperbanyak konsumsi ikan untuk anak-anak. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki kekayaan sumber daya ikan yang tinggi, karena itu anda tidak perlu teralu khawatir dengan harga ikan. Kecuali saat musim badai atau ombak tinggi.

9. Buah pencuci mulut

Jika Anda merasa belanja belanja di pasar tradisional sangat menguras kantong Anda, bisa jadi Anda terlalu banyak menghabiskan sebagian besar uang Anda untuk membeli buah-buahan. Karena itu belilah buah-buahan untuk pencuci mulut dengan penuh pertimbangan.

10. Berpikir untuk jangka panjang

Membeli setiap bahan makanan di pasar tradisional mungkin saja bukan cara termurah untuk berbelanja, tapi hampir bisa dipastikan merupakan yang paling sehat. Kecenderungan hidup kita yang hedonistik mungkin membuat kita cenderung untuk memilih makanan yang murah, tapi Anda harus mempertimbangkan apa yang akan benar-benar Anda bayar untuk jangka panjang. Pola makan yang buruk berhubungan  dengan sebagian besar kasus penyakit seperti jantung, diabetes, stroke, kanker, dan kehidupan yang menyakitkan. Dan kami mungkin tidak perlu meyakinkan Anda bahwa seporsi salad segar tidak akan lebih mahal dari biaya rumah sakit dan obat-obatan seumur hidup. 

Makan sehat tidak harus mahal, tapi makan yang tidak sehat dapat membuat hidup Anda menjadi sangat mahal.
Baca juga:
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

7 comments

saya kalo masak sendiri nafsu makan lebih besar drpd.beli yg siap saji... soalnya bahan2nya.jelas dan non.msg...porsi bisa sesuka hati.. kalo.beli selain.porai terbatas, bhnnya jg ga jelas

Balas

Sarden ga pake pengawet y? @fahrizal

Balas

terimakasih koreksinya mas... sudah saya perbaiki di artikelnya...

Balas

Saya sering masak di rumah bahannya selalu mahal, tapi kalo makan di luar targetnya sekali makan sampe 50 ribuan..

Balas

Dapur yang baik adalah yang memiliki penghisap asap dapur.
cari tau
Harga hexos penghisap udara
di tempat kami

terimakasih

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger