logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Trik Menghemat Pengeluaran Untuk Bayi

Memiliki bayi memerlukan biaya yang tidak sedikit. Mereka adalah makhluk yang manis dan lembut dan membuat hati anda luluh dan rela memberikan banyak barang bagus untuknya. Tapi tidak ada yang dapat menyangkal bahwa bayi menghabiskan banyak uang: tempat tidur bayi, meja ganti, ayunan, tas popok, baju, popok, susu dan peralatan menyusui, kereta dorong, kursi bayi, selimut, tissue basah, handuk, sarung tangan, kaos kaki, mainan, bedong, gendongan... Dan semua itu perlu diganti dengan cepat sesuai pertumbuhannya.

Untung saja ada beberapa cara untuk mengurangi biaya-biaya tersebut.

Beberapa orang menyarankan bahwa cara terbaik dalam menghemat biaya untuk bayi adalah dengan tidak membeli semuanya. Semua bayi benar-benar memerlukan tempat yang aman untuk tidur, kursi bayi untuk di mobil, dan beberapa popok. Nasihat tersebut bisa jadi benar (terutama saat Anda mempertimbangkan bahwa mereka tidak memiliki barang-barang tersebut beberapa tahun lalu), namun berdasarkan pengalaman, beberapa barang bayi sangat baik untuk dimiliki. Misalnya ayunan bayi seringkali dapat menjadi penyelamat waktu tidur orang tua.

Namun terdapat beberapa cara untuk menghemat uang sambil memiliki semua perlengkapan yang sangat membantu itu, dan juga banyak pakaian cantik untuk bayi.

Peringatan: artikel ini memuat banyak sekali pembicaraan tentang hal-hal menjijikkan seperti kotoran dan pipis. Hal ini benar-benar tidak dapat dihindari jika membicarakan tentang bayi.. :)

Popok Kain
Sebelum Anda menutup hidung mengenai ide ini, dengarkan terlebih dahulu.. Popok kain memang populer untuk beberapa daerah, namun dalam kehidupan nyata sulit sekali menemukan orang yang mempertimbangkan untuk menggunakan ini.

Apa yang tidak Anda ketahui tentang popok kain saat ini adalah popok kain saat ini tidak seperti popok kain pada 20 tahun yang lalu. Anda tidak akan menjadi canggung dengan peniti atau karet celana pada saat ini. Faktanya, banyak sekali popok kain yang cukup mirip dengan popok sekali pakai, kecuali perlu dicuci dan digunakan kembali. Mencuci popok kotor memang terdengar menjijikkan, namun jika Anda memiliki bayi, Anda harus berurusan dengan kotoran tak peduli apapun jenis popok yang Anda gunakan. Yang harus Anda lakukan hanyalah menerimanya dan melakukannya.

Popok kain sebenarnya cukup mahal di awal, terutama jika Anda membeli yang sesuai dan mudah digunakan. Namun menggunakan popok kain dapat menghemat banyak sekali uang selama satu tahun pertama kehidupan bayi Anda. Sekali Anda membeli sekitar 20 buah popok, Anda tidak perlu lagi membeli popok. Sama sekali. Bahkan jika Anda memiliki bayi lagi. Anda dapat menggunakan popok yang sama. Apalagi saat ini popok kain sangat imut.

Rahasia lain dalam menghemat uang untuk keperluan popok bayi adalah dengan membeli popok bekas. Mungkin beberapa orang berpikir ini adalah ide yang buruk, dan terdengar aneh. Namun selama Anda mencuci popok kain dengan bersih, ini sangat layak dipakai.

Penyeka Kain
Ya, benar, penyeka kain. Beberapa orang berpikir ini menjijikkan dan tetap memilih menyeka bayi mereka dengan tissue basah. Faktanya, jika Anda menggunakan popok kain, akan lebih mudah juga bila menggunakan penyeka kain karena Anda tinggal memasukkan penyeka kain ke keranjang pakaian kotor dan mencucinya bersama dengan popok yang baru diganti. Nilai tambahnya, harganya sangat murah. Anda dapat membeli penyeka kain khusus, namun tentu saja ada alternatif yang lebih hemat. Anda dapat membeli kain mandi bayi yang ada di pasar murah dan menggunakannya menjadi penyeka. Gunakan botol penyemprot untuk menghindari meja ganti penuh dengan air, sabun dan campuran minyak kelapa. Anda hanya perlu menyemprot kain mandi bayi dengan campuran air, sabun dan minyak kelapa; kemudian seka. Anda mungkin menyukai ide ini karena penyeka kain lebih tebal daripada tissue penyeka biasa, sehingga sekali seka banyak yang bisa dibersihkan. Terlebih lagi penyeka kain lebih lembut untuk kulit bayi yang sensitif.

Menjahit Keperluan Bayi
Jika Anda seorang yang memiliki kemampuan menjahit, opsi berhemat ini sangat baik untuk Anda terapkan dalam menghemat pengeluaran pakaian bayi Anda. Meskipun Anda hanya dapat membuat jahitan lurus, Anda dapat berhemat dengan cara menjahit kain bedong sendiri, alas matras, sarung bantal, atau selimut. Hanya saja, yang penting diingat, pastikan bahan yang Anda gunakan adalah bahan yang cocok seperti katun untuk pakaian atau bedong karena baik dalam menyerap keringat sehingga tidak mengiritasi kulit sensitif bayi, atau bahan yang anti air untuk alas matrasnya.

Anda pasti akan terkejut berapa banyak uang yang Anda hemat dengan menjahit sendiri barang-barang tersebut.

ASI.. atau paling tidak hemat susu formula
Tips ini sendiri dapat menghemat jutaan rupiah. Percayalah. Anda pasti sudah mendengar semua kebaikan dan manfaat dari menyusui bayi dengan ASI namun mungkin Anda belum mempertimbangkan fakta ini juga membuat Anda lebih banyak berhemat.

Namun rencana untuk selalu menyusui bayi dengan ASI mungkin saja tidak terlalu berhasil untuk Anda. Misalnya karena faktor kesehatan. Jika menghadapi hal seperti ini, Anda dapat memanfaatkan susu formula. Ada beberapa cara untuk mengurangi biaya susu formula. Jika Anda menggunakan susu formula dari perusahaan besar, mereka akan mengirimkan sampel dan kupon gratis lewat email. Pastikan juga untuk memberi tahu orang lain bahwa Anda menggunakan susu formula. Dengan demikian, kemungkinan beberapa teman dan rekan kerja memberi kupon susu formula saat mereka menerima email promosi juga semakin besar.

Makanan Bayi Buatan Sendiri
Ketika buah hati Anda sudah cukup umur untuk memakan makanan padat, Anda dapat menghemat banyak uang dengan membuat makanan bayi sendiri daripada membeli lusinan makanan bayi instan di toko setiap pekan. Sayangnya, hal ini tidak selalu berhasil untuk semua bayi. Ada bayi yang memiliki masalah sensori dan tidak menyukai semua makanan buatan sendiri. Hal ini mungkin bisa diakali dengan melumatkan makanan dengan sangat halus agar bayi lebih mudah menelannya.

Hemat Uang untuk Kamar Anak
Siapa yang tidak memimpikan kamar anak yang sempurna dan memukau? Ini mungkin bukan kebutuhan, tapi merencanakan kamar anak merupakan salah satu hal yang mungkin paling sering dilakukan orang tua. Meletakkan semua dalam satu ruangan mungkin ringkas, namun Anda sangat mungkin memiliki kamar anak yang luar biasa dengan biaya yang sedikit. Anda dapat membuat kamar anak dengan biaya kurang dari 4 juta rupiah, termasuk perabot, jika Anda cermat. Untuk menjaga biaya tetap rendah gunakan kembali barang-barang Anda dan lakukan DIY sebanyak mungkin.

Beli Barang Bekas Kapanpun Bisa
Bayi tumbuh dan berubah dengan cepat, yang berarti sebagian besar mainan, peralatan, dan pakainan mereka benar-benar hanya digunakan untuk beberapa bulan. Daripada menghabiskan jutaan rupiah untuk barang baru yang hanya akan digunakan dalam beberapa bulan, manfaatkan penawaran baik yang bisa anda dapatkan untuk barang bekas. Ada banyak tempat untuk menemukan baju bayi bekas dan peralatan bekas lain. Selalu ada banyak keluarga di luar sana yang mencoba mengeluarkan barang-barang bayi yang tidak mereka perlukan.

Dan tentu saja, barang bekas pakai dari keluarga atau teman selalu menjadi hal yang sangat membantu. Jika Anda ingin menghemat uang, terimalah semua yang diturun-pakai oleh orang lain. Anda juga dapat mendonasikan atau memberikan apa yang sudah tidak lagi Anda gunakan.

Ikuti Kuis
Ikuti semua kuis yang berkaitan dengan bayi, biasanya dari blog. Dengan melakukan ini, Anda dapat memenangkan tempat tidur bayi baru, matras tempat tidur yang ramah lingkungan, tas popok mahal, dan peralatan atau satu kotak besar pernak-pernik bayi. Semuanyan gratis.

Mendaftar Keperluan Bayi
Akhirnya, Anda dapat menghemat uang secara nyata dengan membuat daftar untuk hadiah bayi. Bukan hanya akan membuat menghemat uang Anda saat orang-orang membelikan barang-barang yang Anda perlukan di luar daftar, ini juga cara yang bagus untuk membeli barang mahal yang tidak dapat Anda temukan barang bekasnya.

Baiklah, itu beberapa tips yang mungkin Anda gunakan untuk berhemat pengeluaran untuk bayi. Beberapa mungkin tidak cocok bagi Anda tapi tips tersebut bisa jadi sangat berarti jika Anda coba.



sumber: http://www.lovelyetc.com/2014/01/8-tricks-save-major-money-baby/


Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger