logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jadikan Ngabuburit-mu Produktif

Bicara tentang Puasa Ramadhan, ada istilah dari suatu daerah yang saat ini rasa-rasanya sudah meng-Indonesia, yaitu Ngabuburit. Ngabuburit adalah aktifitas menunggu waktu berbuka puasa yang biasanya dilakukan pada sejak waktu ashar hingga waktu berbuka. Ada banyak pilihan kegiatan untuk ngabuburit, tapi umumnya kebanyakan generasi muda sekarang sukanya nongkrong yang kurang produktif, nah, daripada ngabuburit yang nggak jelas, mending kita lakukan kegiatan yang positif. Utamanya, tentu saja ngabuburit diisi dengan ibadah seperti tilawah atau ikut kajian dan lain sebagainya. Tapi nggak masalah juga melakukan kegiatan lain yang bermanfaat, kan bisa jadi ibadah juga. Berikut ini adalah beberapa pilihan aktifitas produktif untuk ngabuburit kita.

1. Membaca

Silahkan baca buku apa saja, yang penting tidak mendatangkan mudharat, komik, novel, buku pelajaran, tapi yang paling disarankan tentu saja adalah buku-buku yang berhubungan dengan ke-Islaman kita. Seperti kata orang tua, membaca membantu kita melihat dunia. Selain menambah ilmu, membaca juga bisa menjadi sarana refreshing dari kesibukan sehari-hari dan bisa juga untuk mencari inspirasi. (Kalau rekan-rekan ingin meningkatkan kemampuan membaca, silahkan baca 10 Tips Membaca Lebih Cepat).
Ngabuburit umumnya berkorelasi dengan aktifitas bersosialisasi, kalau baca buku mungkin lebih personal,  gimana caranya agar kegiatan membaca menjadi ajang sosialisasi? Kalau membaca sendirian di rumah sering membuat ngantuk, rekan-rekan bisa mendatangi perpustakaan umum di dekat tempat tinggal rekan-rekan dan bertemu dengan orang-orang disana. Atau mengajak teman untuk ngumpul bareng dengan membawa buku masing-masing. Biar lebih keren, mungkin bisa bikin acara bedah buku.

2. Menulis, blogging, blogwalking

Menulis tentu saja termasuk akifitas yang sangat produktif. Selain melatih kreatifitas, menulis tentu saja akan melatih kemampuan kita dalam menulis. Siapa tahu ada yang berbakat menjadi penulis buku?Kalau ingin tulisannya tidak berdebu dalam lemari buku, rekan-rekan bisa membuat blog. Orang-orang juga biasa menyebut blog ini sebagai diary online. Kita bisa menuliskan berbagai pemikiran dan ide kita, dari banyolan hingga konsep hidup kita dalam sebuah blog. Apapun yang kita tulis, in sya Allah bisa bermanfaat untuk orang lain. Rekan-rekan udah punya blog? Kalau belum, rekan-rekan bisa bikin sendiri, bisa di wordpress, blogspot, blogdetik, tumblr dll. Kalau mau pakai blogspot.
Kita juga bisa bersilaturahmi dan bersosialisasi melalui blog, caranya adalah dengan kegiatan yang disebut sebagai blogcaranya adalah dengan membaca blog dan berinteraksi dengan empunya blog, atau istilah kerennya "Blogwalking" dan meninggalkan jejak. Buat rekan-rekan yang belum punya blog, ayo bikin blog, mari berbagi. Kalau nggak tahu caranya, silahkan coba baca Langkah-langkah Membuat Blog di Blogspot.

3. Masak dan membantu ibu

Ini spesial buat rekan-rekan yang gadis atau bunda-bunda, karena kalian memang spesial, tapi tidak tertutup kemungkinan buat jejaka-jejaka. Masak itu kegiatan yang menyenangkan, mbak-mbak dan bunda-bunda tentu lebih tahu. Buat yang mbak-mbak, jangan ngabuburit dengan kelayapan sementara bundanya sedang masak dirumah buat berbuka. Selain bisa menyenangkan bundanya yang berpeluh karena memasak, mbak-mbaknya juga bisa belajar memasak agar bisa menjadi istri idaman setelah menemukan teman hidupnya nanti B)

4. Berkebun

Sore-sore dengan langit yang cerah, sayang sekali kalau dihabiskan didalam rumah tanpa kegiatan yang bermanfaat. Kalau rekan punya halaman yang cukup luas, manfaatkanlah untuk berkebun. Tanam berbagai jenis tanaman yang bermanfaat, dan ternyata berkebun baik untuk kesehatan, lo. Seperti yang dijelaskan dalam 9 Alasan Kenapa Berkebun Menyehatkan Tubuh dan Pikiran. Hasil dari berkebun itu bisa bermanfaat untuk kesehatan karena lebih aman dan dapat membantu mengurangi pengeluaran belanja bulanan.

5. Olah raga sore

Kalau pagi hari pas sedang berpuasa rekan-rekan berolahraga, itu namanya cari gara-gara. Tapi kalau olahraganya sore hari sambil menunggu waktu berbuka, kayaknya asik banget. Selain menjadi lebih sehat dengan berolahraga, makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka akan terasa jauh lebih nikmat.

6. Hunting Foto

Hunting foto juga asik sambil ngabuburit, tapi jangan hunting model-model dengan miniskirt, malah jadi mengurangi pahala puasa. Banyak kok objek lain yang bisa di foto, misalnya aktifitas yang dilakukan orang-orang dan keramaian selama bulan Ramadhan, hunting di kawasan sejarah dan budaya, atau ngambil gambar satwa liar dan serangga di lingkungan sekitar rumah, barangkali bisa berguna untuk kepentingan pelestarian alam dan lingkungan.

7. Berdagang

Namanya bulan puasa, berbagai jenis makanan dan kue akan semakin diburu. Mungkin bukan semakin banyak yang memburu, tapi waktunya yang terkonsentrasi pada sore hari menjadi nampak banyak. Konsentrasi waktunya tentu saja pas waktu ngabuburit itu. Selepas shalat ashar hingga menjelang berbuka. Kalau rekan-rekan mau belajar dan mengembangkan bakat dagang sambil menambah uang saku, waktu ini adalah waktu yang tepat untuk berdagang. Kita tidak harus membuat sendiri makanan yang akan kita jual, sediakan saja tempat dan hubungi kenalan yang rekan-rekan tahu memiliki usaha kuliner. Dari mereka kita bisa mendapatkan makanan dan kue yang akan kita jual.

Nah itulah Tujuh Aktifitas Produktif yang bisa rekan-rekan lakukan untuk Ngabuburit. Apakah rekan-rekan punya aktifitas lain yang sering dilakukan waktu ngabuburit? Senang sekali kalau rekan-rekan bisa berbagai di kolom komentar dibawah ini.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 comments

wah ,kalau ngabuburitnya melakukan hal-hal yang disebut diatas pasti jadi lebih produktif nih,hehehe.Terimakasih tips ngabuburitnya :))

Balas

sama-sama mbak, mudah2an bermanfaat... :)

Balas

Karena tahun ini lagi seneng ngeblog, mungkin ngeblog aja kali ya mas sambil sekali2 kalau ada yg ngajakin jalan hunting foto hehehe...

Balas

setuju mbak, berbagi pengetahuan in sya Allah lebih berpahala, dengan ngblog, kalau saya pengen hunting foto suasana ramadhan mbak, tapi in sya Allah dimasukin k blog juga... :D

Balas

Melakukan hal yg positif mengisi waktu selama berpuasa dampaknya pun akan positif

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger