logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Makanan Untuk Kesehatan Kulit, Rambut dan Kuku

Banyak produk-produk kecantikan yang beredar di pasaran yang memang memiliki manfaat yang cukup besar bagi kecantikan anda, namun produk-produk tersebut tidak akan bisa menggantikan asupan nutrisi alami yang dibutuhkan tubuh dalam bentuk makanan utuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nutrisi memiliki peran yang sangat vital terhadap kesehatan kulit kita, dan bisa menyebabkan kondisi yang sangat rentan jika kebutuhannya tidak terpenuhi dengan baik. Dari berbagai jenis makanan, beberapa diantaranya memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan kulit, rambut dan kuku anda. Beberapa jenis makanan untuk kesehatan kulit, kuku dan rambut tersebut misalnya:

1. Alpukat dan minyak zaitun

Makanan untuk kesehatan kulit, rambut dan kuku
Kulit Sehat (Foto oleh Tom Merton)
Alpukat adalah buah yang sangat kaya akan kandungan serat dan vitamin C, namun tidak hanya itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin E dan lemak yang baik. Vitamin E adalah jenis vitamin yang terlarut dalam lemak yang memiliki fungsi antioksidan dan dapat melindungi tubuh dari sinar matahari. Vitamin E dapat melindungi kulit dari radiasi UV dan mencegah inflamasi. Selain alpukat, anda juga dapat mengkonsumsi minyak zaitun sebagai sumber vitamin E. Selain vitamin E, minyak zaitun juga kaya akan kandungan senyawa fenolik yang bersifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan menghambat penuaan dini.

2. Sayuran hijau (daun)

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang sangat baik untuk kulit, bayam memiliki nutrisi berupa lutein dan beta koroten, kedua jenis senyawa ini dapat menjaga elastisitas kulit. Sayuran hijau juga mengandung vitamin C, antioksidan yang sangat efektif dalam memperbaiki kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar UV dan racun dari lingkungan. Vitamin C juga mempercepat produksi kolagen, meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit.

3. Makanan terfermentasi

Beberapa permasalahan kulit dapat muncul karena kondisi usus yang kurang sehat sehingga proses penyerapan nutrisi tidak berjalan dengan baik. Makanan yang terfermentasi dapat berperan sebagai probiotik, penyedia vitamin dan enzim sehingga dapat meningkatkan kesehatan usus kita. Selanjutnya, usus yang sehat dapat berfungsi dengan baik untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk kulit.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah jensi makanan yang sarat dengan berbagai jenis nutrisi. Kacang-kacangan kaya dengan kandungan asam lemak omega, berbagai vitamin, antioksidan dan berbagai jenis mineral. Kacang-kacangan adalah salah satu sumber vitamin E yang tinggi selain  alpukat dan minyak zaitun. Salah satu contoh kacang yang sangat baik untuk kulit adalah kacang Brazil yang mengandung selenium yang bermanfaat untuk kesehatan rambut.
Contoh lainnya adalah biji buah labu, biji labu yang biasanya dibuat menjadi kuaci ternyata kaya dengan kandungan zink dan telah diketahui bermanfaat untuk mengobati jerawat. Untuk mendapatkan manfaat optimal dari berbagai jenis makanan biji-bijian, sebaiknya anda mengkonsumsinya dalam bentuk bahan mentah.

5. Telur

Telur mengandung nutrisi yang disebut sebagai biotin atau vitamin B7, biotin sangat penting untuk kuku dan rambut. Kekurang biotin pada manusia dapat menyebabkan kuku rapuh dan rambut rontok. Asupan biotin yang cukup dapat menjadikan kuku dan rambut anda tumbuh dengan sehat. Jika anda ingin mendapatkan telur terbaik untuk kesehatan kulit, kuku dan rambut anda, maka pilihlah telur ayam kampung yang dipelihara diluar kandang. Ayam yang dipelihara di luar kandang lebih sehat karena mereka bisa mendapatkan sinar matahari langsung dan mereka bisa memakan rumput dan serangga.

Itulah sedikit informasi tentang makanan-makanan untuk kesehatan kulit, rambut dan kuku. Perlu diingat, kesehatan bukan hanya soal nutrisi penting apa yang anda makan, tapi juga makanan apa yang sebaiknya anda hindari. Perhatikan juga gaya hidup anda, hindari stress berlebihan, tidur yang cukup, dan minum air yang cukup. Bagaimana menurut anda? Mungkin ada yang ingin anda tambahkan tentang bagaiman mendapatkan dan menjaga kulit, rambut, dan kuku yang sehat?
Baca juga:
Hindari Kebiasaan Buruk ini Agar Kulit Tampak Awet Muda
Bahan Makanan Ajaib untuk Kulit Cantik
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

mungkin karena saya suka makan telur, jadi rambut saya sehat :)

Balas

bisa jadi tu mas, mungkin pas cocoknya dengan telur ya... hehe... :)

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger