logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

9 Cara Mudah Sehat dengan Alam

9 Cara Mudah Sehat dengan Alam - Pada saat ini semakin banyak penyakit yang mengintai manusia, penyakit tersebut dapat datang melalui lingkungan yang kotor, makanan yang kurang baik, serta perilaku yang tidak sehat. Bersamaan dengan kondisi tersebut, semakin banyak orang yang memilih untuk menyembuhkan diri dengan cara kembali ke alam. Berikut ini adalah beberapa metode penyembuhan dengan alam yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang menyerang.

Makan makanan organik utuh

Tubuh kita dibangun dengan berbagai jenis makanan yang kita makan, jika kita ingin tubuh kita sehat, maka memilih makanan organik utuh (bukan olahan) adalah sebuah pilihan yang sangat bijak. Kenapa sebaiknya anda sebaiknya menghindari makanan olahan adalah karena makanan olahan biasanya memiliki kadar nutrisi yang sudah jauh menurun serta mengandung zat-zat aditif yang kurang baik untuk kesehatan.
Baca juga:
8 Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh
10 Tips Makan Sehat Namun Hemat

Bersantai di tepi pantai

Suara ombak, hembusan angin, pemandangan lepas dan semua yang ada di tepi pantai dapat membantu anda mengurangi beban pikiran yang bisa mengantarkan anda pada stress. Seperti umum diketahui, stress dapat menjadi pintu masuk berbagai macam jenis penyakit.

Berinteraksi dengan hewan

Bermain-main dengan hewan peliharaan dapat memberikan anda ketenangan, bahkan hanya dengan melihat burung-burung liar atau serangga-serangga beterbangan di halaman rumah anda bisa meningkatkan mood anda.
Baca juga:
Tips Mengundang Burung ke Halaman Rumah
Tips Mengundang Kupu-kupu ke Taman Rumah
Tentang Pengamatan Burung atau BirdWatching

Olahraga di luar ruangan

Semua orang tahu olahraga dapat menyehatkan tubuh, apalagi jika anda melakukannya diluar ruangan dengan udara segar dan kaya oksigen. Anda bisa berjalan kaki, berlari, atau bersepeda di sekitar rumah atau ke tempat-tempat yang terdapat banyak pepohonan atau lapangan rumput serta kolam-kolam besar atau danau.
Baca juga:
8 Alasan Ilmiah Kenapa Anda Harus Lebih Banyak Berkegiatan di Luar Ruangan

Berkebun

Berkebun adalah salah satu cara anda membangun kembali hubungan dengan alam. Berkebun juga dapat membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Selain manfaat secara psikologis, anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari tanaman yang anda tanam, misalnya dalam bentuk sayuran dan buah organik atau jenis-jenis tanaman herbal yang bisa anda gunakan untuk pengobatan penyakit-penyakit tertentu.
Baca juga:
5 Alasan Kenapa Anda Harus Berkebun di Rumah

Berjemur

Seperti pelajaran yang kita terima sejak sekolah dasar, berjemur pada pagi hari dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sinar matahari membantu proses perubahan provitamin D menjadi vitamin yang penting untuk kesehatan tulang.

Berjalan-jalan di hutan

Berjalan di hutan hujan dengan kehijauan yang terlihat kemanapun anda memandang sangat baik untuk kesehatan mental. Menikmati ketenangan hutan hujan bisa dilakukan sambil berolah raga hiking atau treking dengan udara yang sangat bersih dan kaya oksigen.
Baca juga:
Treking dan Berinteraksi dengan Alam Bebas

Meditasi di alam bebas

Sambil hiking atau treking, anda bisa menemukan tempat yang tenang untuk camping. Di tempat camping itu anda bisa melakukan meditasi, menenangkan diri, resapi suara-suara alam. Rasakan energi alam didalam tubuh anda. Untuk muslim, anda dapat mencoba untuk shalat malam langsung di bawah langit dengan suasana alam bebas. Rasakan suasananya yang berbeda.
Baca juga:
Sehat dan Awet Muda dengan Camping

Berjalan tanpa alas kaki

Saat berada di alam bebas, biasanya yang menjadi satu-satunya penghalan antara anda dan alam adalah alas kaki. Cobalah berjalan tanpa alas kaki, misalnya di pasir di pinggir pantai, atau di pinggiran sungai berbatu. Berjalan tanpa alas kaki di atas bebatuan dapat memperlancar aliran darah di kaki serta merangsang saraf-saraf yang  ada di kaki dan membuat anda menjadi lebih sehat. Rangsangan tersebut dapat berperan seperti terapi akupuntur.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger