logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Perut yang buncit cukup mengganggu penampilan dan merupakan indikasi pada kurang sehatnya pola hidup. Pola hidup tidak sehat dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit, baik penyakit ringan maupun berbahaya. Oleh karena itu ada baiknya kita berusaha untuk mengecilkan ukuran perut yang terlalu kentara dengan memperbaiki pola hidup dengan cara berikut:

1. Rutin berolahraga
Meskipun ringan, olahraga yang rutin sangat diperlukan oleh tubuh. Beberapa gerakan yang dapat membantu mengecilkan perut adalah sit up atau crunch dan leg raises. Lakukan gerakan ini setidaknya 2-3 kali dalam sepekan. Mulailah dari tingkat "semampunya" kemudian tingkatkan kesulitannya secara bertahap setelah tubuh sudah merasa dapat beradaptasi dengan gerakan tersebut.

Selain sit up dan leg raises, push up 30 kali juga berguna untuk menerikkan otot perut. Bermain hula hop secara rutin cukup efektif dalam membentuk pinggang sedangkan joging atau berlari kecil dapat membakar lemak di perut.

2. Perbaiki pola makan
Pilihlah makanan yang baik bagi tubuh. Aturan yang penting untuk diingat orang berperut buncit adalah pantang mengkonsumsi junk food dan fast food. Walaupun tidak semua fast food adalah junk food namun pembatasan jumlah fast food (terutama yang gorengan) sangat perlu dilakukan untuk mengurangi penimbunan lemak di tubuh. Jika tidak dapat sepenuhnya melakukan pantangan, tapi buatlah batasan yang jelas mengenai jumlah yang dimakan.

Seperti tips kesehatan sebelumnya, memperbaiki pola makan berarti memperbanyak makan makanan berserat seperti buah dan sayuran. Hal ini untuk mencegah konstipasi atau susah buang air besar. Pada kasus perut buncit, penimbunan sampah dalam tubuh seperti konstipasi juga berkontribusi pada ukuran perut meskipun tidak terlalu besar. Yang jelas membuang kotoran dari tubuh secara rutin sangat penting bagi kesehatan.

Selain memperbanyak serat dan mengurangi junk food dan fast food, asupan karbohidrat juga penting untuk diperhatikan. Biasanya karena merasa buncit, orang akan mengurangi asupan karbohidrat, bahkan menghilangkannya sama sekali. Ini kurang tepat karena bagaimanapun tubuh memerlukan energi yang dihasilkan oleh karbohidrat. Jadi tetap konsumsi karbohidrat namun kurangi porsinya secara bertahap.

3. Jadwal dan evaluasi
Dalam melakukan perbaikan pola hidup anda perlu membuat jadwal yang terpola dengan baik, kemudian lakukan evaluasi. Pengamatan mengenai usaha yang dilakukan perlu didokumentasikan dengan baik agar kita tahu kapan harus meningkatkan diri ke tahap yang lebih intens.

4. Disiplin
Patuhi jadwal jika ingin berhasil mengecilkan perut. Tidak ada yang instan di dunia ini, namun ketika berhasil melakukan program, kita akan lebih bangga pada diri sendiri. ;)
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger