logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Menghindari Sembelit

Sembelit, konstipasi, atau susah BAB merupakan masalah kesehatan yang sehari dapat kita alami. Terkadang kita menganggap remeh sembelit, padahal sembelit yang berlangsung terus menerus dapat menyebabkan sakit yang lebih parah seperti ambeien bahkan kanker usus. Untuk mencegah penyakit yang lebih serius ada baiknya menjalankan beberapa tips mencegah sembelit berikut ini:

1. Cukup minum air putih
Meminum air putih dalam jumlah yang cukup akan membuat feses melunak sehingga proses pengeluaran menjadi lebih lancar. Minum air putih di pagi hari sangat baik untuk membantu menuntaskan sembelit. Minum sebanyak 8 gelas sehari merupakan jumlah yang dianjurkan. Tambah jumlahnya bila perlu, terutama jika banyak melakukan aktivitas fisik.

2. Konsumsi serat
Kita tahu bahwa makanan berserat baik untuk memperlancar BAB, jadi jangan malas menambahkan sayur dalam makanan Anda jika serius ingin menghindari sembelit. Makanlah buah sebelum makan. Intinya, perbanyak sayur dan buah dalam makanan Anda agar tetap sehat, termasuk terhindar dari sembelit.

3. Mengunyah makanan sampai halus
Apapun jenis makanan Anda sebaiknya kunyah dengan baik sampai lumat sebelum ditelan. Penghacuran mekanis di mulut dapat membantu kerja organ pencernaan selanjutnya, termasuk proses pengeluaran sisa pencernaan dari tubuh.

4. Cerdas memilih buah
Semua orang sepakat bahwa buah merupakan makanan berserat yang baik bagi tubuh, namun ada beberapa buah yang perlu dihindari ketika sedang sembelit. Kebanyakan buah baik untuk memperlancar BAB dan mencegah sembelit, buah pepaya, pisang dan plum merupakan buah pilihan yang paling efektif ketika sembelit, sedangkan buah salak dapat mengobati diare namun kurang tepat dikonsumsi saat sembelit.

Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger