logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Mengurangi Mual Saat Hamil

Mual dan muntah adalah suatu fenomena tubuh normal yang sering dialami saat hamil, meskipun ada pula ibu hamil yang tidak mengalami hal tersebut. Faktor  yang paling mempengaruhi perubahan tubuh tersebut adalah faktor hormonal sehingga menguranginya bukan pekara mudah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi mual-muntah saat hamil seperti dengan mengkonsumsi obat anti-mual. Namun perlu diingat, penggunaan obat-obatan apapun harus selalu dibawah pengawasan dokter kandungan Anda karena konsumsi obat-obatan selama hamil dapat menyebabkan terjadinya kecacatan pada janin.

Untuk Anda para ibu hamil yang mengalami keluhan mual muntah namun ingin mengurangi paparan kimiawi yang berrisiko membahayakan janin Anda, berikut beberapa tips mengurangi rasa mual muntah saat hamil yang dapat Anda coba :

1. Hindari aroma-aroma menyengat. 
Teknik ini adalah teknik tanpa ramuan apapun. Anda hanya perlu menghindari tempat-tempat yang beraroma tajam yang membuat Anda mual. Beberapa ibu hamil mungkin segera mual jika mencium bau semprotan pengharum ruangan atau obat anti serangga, bau amis ikan, bau bawang dan bahkan bau parfum-parfum tertentu. Indera penciuman wanita hamil terkadang mengalami peningkatan sensitifitas yang cukup signifikan sehingga mempengaruhi caranya menanggapi suatu bau.

2. Makan dalam porsi kecil namun sering.
Makan tepat waktu merupakan kewajiban siapapun, bahkan bagi orang yang tidak hamil sekalipun. Namun pada ibu hamil, nafsu makan yang rendah terkadang mempengaruhi jadwal makan mereka. Jika Anda mengalami hal seperti ini (nafsu makan menurun) maka pastikan Anda mengisi perut Anda dengan buah atau cemilan sehat yang Anda minati untuk mengganjal perut Anda. Lakukan ini dalam porsi kecil namun sering. Hal ini untuk mencegah asam lambung naik (dalam bentuk muntah) karena dorongan dari lambung Anda yang kosong.

3. Minum minuman hangat.
Minuman hangat dapat membantu menenangkan alat pencernaan Anda. Beberapa minuman hangat seperti teh, coklat dan kopi mungkin perlu dikurangi karena mengandung kafein tinggi. Cari alternatif lain seperti minuman jahe hangat, bandrek, wedang jahe dan sebagainya untuk menghangatkan badan Anda dan mengurangi mual dan muntah yang Anda. Aroma jahe yang terkandung dalam minuman-minuman tersebut pun dapat menenangkan saraf Anda yang sedang tegang sehingga menekan rasa mual.

4. Makan buah segar.
Jika mual muntah Anda diikuti dengan nafsu makan yang menurun tajam, beri tubuh Anda asupan gizi dari buah-buah segar favorit Anda. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk smoothies atau jus ataupun dimakan langsung, tergantung kesukaan Anda. Buah segar memiliki aroma yang segar yang dapat menenangkan tubuh, yang penting pastikan buah yang Anda makan tidak memiliki kandungan alkohol yang tinggi agar tidak membahayakan janin Anda.

5. Yakini bahwa momen yang terasa menyiksa tersebut adalah momen yang harus dinikmati 
Karena setidaknya dalam beberapa waktu ke depan (setidaknya sampai memasuki trimester berikutnya), Anda tidak lagi akan merasakan mual dan muntah. Lakukan aktifitas yang menarik bagi Anda untuk mengalihkan perasaan tidak nyaman dari perubahan tubuh yang Anda alami selama kehamilan awal.

6. Konsultasikan ke dokter kandungan Anda 
Jika keluhan mual dan muntah yang Anda alami sangat berat. Ingat, konsumsi obat-obatan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin Anda sehingga Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi obat-obatan.

Demikianlah sedikit tips mengurangi mual saat hamil ini kami tulis, semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk menghadapi rasa mual-mual saat hamil. Jika Anda memiliki tips lainnya, silahkan tuliskan di dalam kolom komentar dibawah. Mari berbagi.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

Terima kasih infonya gan, mantabbbsss.
Ditunggu postingan2 lainnya.

Gema Parfum :
Parfum terbaik wanita.

-------------

Balas

Kalau pengalaman saya meredakan mual itu istirahat, lalu minum jahe. Kalau makan saya ganti buah segar agar tetap mengasup nutrisi. Kalau Anda bagaiamana?

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger