logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Bangun Awal

Selamat Hari Senin! Hari ini kita ngomongin tentang bagaimana bangun awal yuk. Teman-teman pembaca yang punya masalah bangun pagi, mari merapat kemari..

1. Pasang Alarm

Kita pasti sepakat kalau suara alarm bisa membantu membangunkan diri dari mimpi indah. Masalahnya, kadang kita tidur lagi setelah mendengarnya. Yakan yakan yakan?! Hayo ngaku.. Sama, saya juga gitu soalnya, hehe.

Kalau mau membiasakan bangun awal, kita memang perlu menyesuaikan sedikit demi sedikit. Untuk menyiasatinya, setel jam alarm pada waktu yang masuk akal. Jangan terlalu awal sampai menimbulkan ide, bisa tidur "5 menit lagi". Setelah terbiasa dengan waktu bangun tersebut, baru setel alarm ke beberapa menit lebih awal --sampai sesuai jadwal yang diinginkan.

Siasat cerdik lainnya adalah dengan meletakkan alarm di sisi lain kamar, jauh dari tempat tidur. Dengan begini, kita akan dipaksa bangun dari tempat tidur. Kalau badan bangun, kemungkinan rasa ngantuk sudah bisa dilawan tubuh. Masalah berikutnya hanya tinggal kemauan.

2. Rencanakan kegiatan pagi

Agar muncul kemauan, buat rencana kegiatan yang ingin dilakukan di pagi hari secara spesifik. Rencana pagi yang padat bisa membantu otak cepat terjaga. Tuliskan satu kutipan inspiratif singkat untuk menyemangati diri di pagi hari, tempelkan di tempat yang bisa mudah terlihat seperti cermin. Jadi jangan pernah sepelekan membuat agenda di setiap malam sebelum tidur ya.

3. Minum Air Putih Sesaat Setelah Bangun

Selalu sediakan segelas air putih di sisi tempat tidur agar mudah digapai. Segelas air putih setelah tidur tidak hanya berfungsi membangunkan sel-sel tubuh tapi juga membantu melancarkan sistem pencernaan di pagi hari. Coba deh!

4. Bergerak

Menggerak-gerakkan kepala dan kaki setelah bangun tidur dapat membantu mengembalikan kesadaran tubuh setelah tidur. Berolahraga ringan atau melakukan pekerjaan rumah tanga sederhana di pagi hari dapat membantu melancarkan peredaran darah yang berarti menghangatkan tubuh dan membuat pikiran lebih segar. Dengan begitu, keinginan untuk tidur akan jauh berkurang.

Terakhir, tapi tidak kalah penting, jeng jeeeng:

5. Tidur lebih awal

Hukum "tidur awal, bangun awal dan tidur telat, bangun telat" adalah hal yang masuk akal karena tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat yang rata-rata sama. Memang sih, ada segelintir orang yang dapat bertahan hanya dengan tidur 3-4 jam sehari tanpa merasa kurang tidur dan masih bisa bangun awal setiap hari. Tapi itu segelintir ya. Kalau kita masih merasa kurang dengan tidur hanya 3-4 jam, besoknya malah jadi loyo dan bad mood, berarti kita berbeda dengan orang-orang tipe tersebut. Jangan pernah sepelekan waktu istirahat karena bagaimanapun itu adalah hak tubuh. Kekurangan tidur dalam jangka waktu panjang akan berakibat buruk, seperti turunnya daya tahan tubuh dan sulit sembuh dari sakit.

Gitu deh. Semoga bisa diterapkan
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 comments

Waduh, aku sering banget cuekin alarm. Kalau tidur udah kaya orang dead aja. :v

Balas

Tips keren yang bisa dipraktekin besok pagi. Kalau masih susah bangun juga, contact Tips Sersan aja. :D

Balas

Poin nomor 3 yang suka kelupaan :(

Balas

Cocok buat aku nih. Tapi buat nggak begadang kaya susah. Sering insomnia.

Balas

Berarti mulet setelah tidur juga penting. Bisa mengembalikan kesadaran. :D

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger