logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Menjadi Ibu yang Produktif

Memiliki anak pasti akan mengubah seluruh kehidupan keluarga, termasuk juga rutinitas anggota keluarga, terutama sang ibu. Bahkan kenyataannya, hampir semua agenda dan jadwal ibu harus menyesuaikan kebutuhan sang bayi. Untuk itu diperlukan trik dan tips khusus agar aktivitas merawat dan memelihara kehidupan baru di dalam keluarga itu tidak menyebabkan stres, bahkan lebih jauh, menjadikan ibu lebih produktif.

Tips Menjadi Ibu Baru yang Produktif
(credit: Ran Zwigenberg)


- Ubah manual menjadi digital

Agenda membantu mengalokasikan waktu lebih efektif. Membuat jadwal secara teratur merupakan kebutuhan yang seharusnya tetap dilakukan meski ibu tidak bekerja di kantor sekalipun. Jika sebelumnya ibu terbiasa menulis jadwal penting dan agenda harian dalam jurnal dengan tulis tangan, ada baiknya untuk mengubah kebiasaan ini agar lebih praktis, yaitu dengan beralih ke agenda digital. Unduh aplikasi agenda yang sesuai kebutuhan di smartphone ibu dan gunakan sebagaimana agenda manual.

[Baca juga: Tips Cara Membuat Jadwal]

- Sisihkan 5 menit untuk merapikan kekacauan

Kondisi rumah berantakan dapat dengan mudah dan normal terjadi saat merawat bayi dan anak-anak. Rumah yang berantakan akan membuat orang di dalamnya mudah stres dan tertekan karena diliputi oleh ketidakteraturan. Sementara itu pekerjaan merawat bayi saja sudah cukup membuat stres. Agar tetap dalam keseimbangan, selalu sisihkan kesempatan istirahat yang ada (misalnya waktu bayi tidur) untuk membereskan kekacauan di rumah. Lakukan dengan sekilas saja, sekadar agar ruangan kembali teratur dan tidak berantakan. Jangan terlalu berkutat dan menuntut kesempurnaan karena hal ini juga dapat memicu stres. Tubuh ibu juga perlu istirahat cukup.

[Baca juga: 5 Benda yang Tidak Harus Ada di Dalam Rumah Anda]

- Libatkan anak jika memungkinkan

Tetap lakukan aktivitas rumah tangga yang biasa ibu lakukan sehari-hari seperti memasak, menyuci piring, menjemur pakaian, dan lain-lain. Libatkan anak untuk sekadar menemani anda mengobrol saat melakukan aktivitas tersebut. Agar tetap aman, tempatkan bayi atau balita tidak terlalu dekat dengan tempat yang beresiko membahayakan mereka (seperti dekat tempat memasak, tempat yang membuatnya bisa meraih benda tajam, lantai licin, dsb) namun cukup dekat bagi ibu dan bayi untuk berinteraksi dari mata ke mata. Jika memungkinkan (misal anak sudah besar), ajak mereka untuk membantu ibu mengerjakan pekerjaan rumah yang sesuai dengan usia anak.

[Baca juga: Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memberikan Gadget Kepada Anak]

- Buat makanan dalam jumlah banyak

Merawat bayi dapat sangat menguras waktu dan tenaga. Saking lelahnya, ibu bahkan bisa lupa makan atau bingung harus makan apa untuk mengisi ulang energinya dan menjaga kesehatan tubuhnya. Untuk membantu ibu memiliki waktu makan yang teratur dan mencegah penyakit asam lambung yang akan mengganggu aktivitas merawat bayi, cobalah biasakan memasak dalam jumlah yang besar. Pilih menu yang sehat, mudah dibuat, dan bergizi tinggi. Sisihkan ke dalam 7 wadah seukuran sekali makan untuk persediaan makan siang selama sepekan. Jangan lupa masukkan ke dalam kulkas agar tahan lama. Trik ini akan sangat membantu para ibu muda lebih santai dalam urusan makan. Dan hemat juga.

[Baca juga: 10 Tips Cara Makan Sehat Namun Hemat]

- Tetapkan hadiah untuk diri sendiri

Waktu bayi tidur adalah waktu santai yang sangat berharga bagi ibu. Di waktu ini ibu dapat melakukan hal yang ingin dilakukan tanpa terganggu. Jika ibu perlu tidur, maka gunakan untuk tidur. Tapi, daripada digunakan untuk makan sambil menonton televisi, akan lebih baik jika ibu melakukan hal bermanfaat dulu sambil makan (misalnya menulis blog, menulis naskah tugas akhir atau novel, menulis puisi, berkreasi dsb), baru setelah itu ibu melakukan aktivitas santai seperti menonton televisi. Ini seperti memberi hadiah karena berhasil melakukan sesuatu yang bermanfaat walaupun hanya sebentar. Waktu istirahat pun akan lebih produktif dan ibu akan merasa lebih puas secara batin.

[Baca juga: Tips Membatasi Diri dari Internet]


Demikian beberapa tips singkat untuk para wanita yang baru memiliki anak. Semua kebiasaan ini mungkin sulit dimulai namun jika berhasil diterapkan insyaallah akan sangat membantu ibu tetap produktif dan hidup seimbang bersama si kecil. Semoga bermanfaat.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

libatkan anak-anak. Penting banget, mba. Apalagi kalau mereka abis mainan. Mereka harus rapiin sendiri mainannya.

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger