logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Ibadah Ramadhan Bagi Wanita Haid

Memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan, kaum muslimin muslimat beramai-ramai mengencangkan ibadah untuk meraih kemenangan. Buat para pria mungkin tinggal bulatkan niat dan lakukan ibadah, tapi buat wanita yang pas kedatangan si tamu bulanan, gimana dong? :(

Tips Ibadah Ramadhan Bagi Wanita Haid
Credit: Frank Boston
Ibadah yang bisa dilakukan oleh wanita yang sedang datang bulan memang jauh lebih terbatas dibandingkan di hari biasanya. Tidak boleh puasa, sholat, mengaji Al-Qur'an, apalagi i'tiqaf. Nah, untuk menyiasati kondisi ini, tidak ada salahnya berusaha meraih malam lailatul qadr dengan cara semampunya. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan wanita yang sedang datang bulan saat Ramadhan:

- Bersabar 

Daripada mengkonsumsi pil penghambat datang bulan, akan lebih baik menerima takdir tersebut sambil bersyukur atas tanda kesehatan reproduksi yang diberikan oleh-Nya. Kondisi psikologis yang fluktuatif akibat perubahan hormon serta bagaimana menjaga kebersihan diri juga menjadi ujian kesabaran buat para wanita yang sedang haid.

- Berbakti kepada orang tua

Berlemah lembut dan bersabar ketika berinteraksi dengan orang tua adalah kewajiban, sekalipun jika keduanya tidak (atau belum) seiman dengan kita. Dengan berusaha tetap patuh kepada orang tua, terutama ketika sedang haid dimana emosi sering naik turun, insyaallah ini akan bernilai ibadah.

- Mengurus rumah tangga

Kalau selama berpuasa badan mudah lemas dan mudah capek melakukan perkerjaan rumah tangga, maka sewaktu berhalangan puasa harusnya tidak lagi. Dehidrasi dan rasa lapar bukan lagi halangan melakukan kegiatan membereskan rumah dan melakukan kegiatan rumah tangga lain. Rumah yang bersih dan rapi membantu menjaga kesehatan fisik dan mental keluarga sehingga tidak mudah sakit dan juga tidak mudah stres. Walaupun terdengar remeh, ini bernilai ibadah lho.

- Menyiapkan hidangan berbuka dan sahur

Menyiapkan hidangan untuk orang yang sedang berpuasa insyaallah akan bernilai ibadah, bahkan menurut riwayat sahih, orang yang menyiapkan hidangan untuk orang berpuasa akan mendapatkan pahala sama dengan orang yang sedang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu. Apalagi jika dilakukan dengan ikhlas dan senyum. 

- Melayani suami

Bagi yang sudah berumah tangga, sekadar berwajah manis di depan suami juga bisa berpahala lho. Siapkan segala keperluan suami dan layani kebutuhannya dengan segera. Jangan bermuka masam atau berkata ketus. Walaupun tidak dapat berhubungan intim selama datang bulan, bukan berarti tidak dapat menyenangkan suami, kan?

- Bekerja

Tidak ada larangan dalam islam bagi wanita untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan. Yang terpenting adalah tetap menjaga kehormatan diri, keluarga, dan agama. Bekerja adalah ibadah dan perjuangan, jika diniatkan demikian. 

- Bersedekah

Menurut riwayat, Rasulullah saw adalah orang yang dermawan dan semakin dermawan saat Ramadhan. Tidak ada halangan bagi wanita yang sedang datang bulan untuk meneladani ini, jadi, ayo sedekah!

- Membaca buku yang bermanfaat

Buku adalah jendela dunia. Kalau sebelumnya saat tidak sedang berhalangan disibukkan dengan kegiatan ibadah sholat, tilawah, atau tiduran karena lemas berpuasa, maka sewaktu masa istirahat datang bulan, sempatkan dan alokasikan waktu lebih banyak untuk membaca buku yang bermanfaat dan menambah keimanan, seperti buku agama dan buku pengetahuan. Jadi tidak ada alasan tidak sempat. ;)

- Mengikuti kajian ilmu agama

Muslimah, baik yang sedang haid maupun tidak sedang haid, sangat dianjurkan mengikuti kajian ilmu agama dan forum diskusi. Kajian merupakan sarana menambah iman dan ilmu yang insyaallah berguna bagi dunia akhirat. Luruskan niat.

- Mengulang dan menambah hafalan Qur'an

Menurut pendapat beberapa ulama, wanita haid memang dilarang memegang mushaf al Qur'an, namun insyaallah tidak masalah bagi wanita haid untuk melafalkan, mengulang hafalan, atau menambah hafalan Al-Qur'an tanpa memegang mushaf, misalnya sambil mendengar murottal.

- Mendengarkan murottal

Yup, daripada mendengar berita gosip atau lagu-lagu yang bikin wormear, lebih baik mendengar murottal. Suara qori yang sedang mengaji juga dapat menghibur hati kok, dan bisa sekalian menghafal atau mengulang hafalan al qur'an tanpa memegang mushaf nya. 

- Memperbanyak zikir dan mengingat Allah

Mengamalkan zikir dan mengingat Allah dalam melakukan aktivitas sehari-hari insyaallah akan memberi nilai ibadah pada aktivitas yang dilakukan. Kalau bisa, usahakan merutinkan membaca al-ma'tsurat di tiap pagi atau petang. Sepanjang hari, biasakan mengucapkan basmallah sebelum memulai sesuatu dan hamdalah ketika telah selesai. Di malam hari, perbanyaklah beristighfar. Insyaallah berkah.

- Menjaga diri dari kesia-siaan

Ada yang pernah berkata, jika tidak sedang melakukan kebaikan maka mungkin kamu sedang melakukan keburukan. Ini adalah pengingat yang baik untuk menjauhi kesia-siaan. Sibukkan diri dengan kegiatan bermanfaat. Apapun itu. Akan semakin berkah jika kita meluruskan niat melakukannya hanya karena Allah. 

Demikian beberapa tips ibadah ramadhan bagi wanita yang sedang datang bulan. Semoga bermanfaat ya!
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger