logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Penyebab Nyeri Punggung dan Pencegahannya

Tips Kesehatan - Penyebab dan Pencegahan Nyeri Punggung

Ini bukan hasil penelitian ahli-ahli kedokteran atau ahli-ahli biologi anatomi manusia. Hanya pengalaman pribadi yang seringkali berulang dan sulit untuk dihindari. Rasa pegal atau nyeri pada punggung mungkin sebenarnya sering dialami oleh semua orang di dunia ini. Namun mungkin karena intensitas dan rasa sakit yang masih ringan tidak mengundang rasa ingin tahu dari orang-orang yang merasakannya.

Berhubung rasanya membuat sangat tidak nyaman, maka saya mencoba mencari apa sebenarnya penyebab dari rasa yang tidak nyaman ini. Berdasarkan beberapa artikel yang terdapat di internet, saya coba untuk mempelajarinya dan memang beberapa diataranya saya pikir memang berhubungan dengan rasa nyeri di punggung. Berdasarkan pengalaman saya, beberapa penyebab nyeri pada punggung yaitu:

Membawa barang yang terlalu berat

Penyebab dan bagaimana cara pencegahan nyeri pada punggung
Sakit Punggung (Flickr/Felix E. Guerrero)
Membawa barang terlalu berat dan tidak pas misalnya saat pergi kuliah membawa tas berisi laptop yang berat. Akibatnya punggung menanggung beban yang terlalu berat sehingga otot-otonya menjadi tegang.

Posisi duduk yang salah

Kebiasaan kita duduk sangat mempengaruhi kesehatan punggung, mungkin diantara kita ada yang pernah mendengar tentang lordosis, kifosis dan skoliosis. Itu adalah kelaianan tulang belakang akibat kebiasaan duduk yang tidak benar. Saya sendiri sering duduk dengan tidak benar karena sering menghadap laptop sambil duduk dilantai, akibatnya penyebaran berat badan menjadi tidak seimbang. Karena itu sebaiknya cara yang terbaik untuk bekerja di depan laptop adalah dengan duduk diatas kursi.

Posisi tidur yang salah

Kesalahan posisi tidur yang saya lakukan seringkali berakibat pada sakit punggung yang lebih fatal daripada karena duduk. Karena beberapa kali menyebabkan rasa nyeri yang sangat di leher dan punggung hingga sulit sekali untuk menggerakkan leher untuk mengalihkan pandangan. Cara tidur yang baik adalah dengan mengikuti sunah Rasul, yaitu dengan menghadap kekanan. Selain posisi tidur, tidur di atas lantai yang dingin (misalnya porselin) juga sangat berpengaruh terhadap punggung kita, karena  dinginnya lantai dapat membuat penumpukan asam urat dan sirkulasi darah yang tidak lancar.

Kurang olah raga

Kata orang bijak "pisau yang jarang digunakan akan tumpul sendiri". Begitu juga dengan tubuh kita, dulu waktu masih kuliah di kota kelahiran saya rutin berolah raga dengan teman-teman di organisasi pencinta alam, tapi sekarang setelah menikah dan pindah sementara ke pulau jawa saya jadi jarang olah raga. Badan ini jadi terasa berkarat, seolah-olah tulang-tulang badan kehilangan pelumas, termasuk punggung. Jadi saya putuskan untuk rutin lagi berolah raga dan Alhamdulilla rasa nyeri itu sekarang agak berkurang.

Ini pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat. :-D
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

salah satu terapi untuk Low Back Pain adalah menggunakan korset lumbal. penggunan korset lumbal sebenarnya hanya untuk membantu percepatan penyembuhan karena terapi. bila terapi tidak dijalankan ya korset lumbal hanya berguna untuk memberikan support pada punggung supaya beban pungung tidak berlebihan. semuanya harus saling melengkapi untuk memberikan hasil yang maksimal.

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger