logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

9 Alasan Kenapa Berkebun Menyehatkan Tubuh dan Pikiran

Saat ini berkebun di halaman rumah semakin populer di berbagai tempat didunia, beberapa manfaat utama berkebun adalah dapat menjadikan lingkungan anda menjadi lebih baik dan menghasilkan bahan makanan sehingga bisa menghemat pengeluaran. Tapi tahukah anda bahwa ternyata berkebun juga bisa menjadi latihan atau senam pikiran dan tubuh? Berikut adalah 9 alasan kenapa berkebun bisa anda bisa menyehatkan tubuh dan pikiran anda.

1. Berkebun membuat anda bergerak

Olah raga dengan cara yang menyenangkan adalah strategi yang tepat untuk tetap sehat, karena itulah banyak orang yang senang dengan sepak bola, demikian pula dengan berkebun. Berkebun mendorong untuk bergerak di luar rumah sehingga membuat tubuh anda berkeringat.

2. Berkebun mendorong kreatifitas

Udara yang segar diluar ruangan dan memutuskan hubungan dengan perangkat teknologi seperti smartphone anda akan membuka pintu-pintu kreatifitas anda. Berkebun membantu anda terhubung dengan bumi, tubuh anda sendiri, pikiran dan semangat yang memberikan kesempatan kepada kreatifitas anda untuk mengalir. Anda bisa mencoba untuk menyalurkan hasrat seni anda dengan menerapkan prinsip-prinsip arsitektur lanskap dalam kegiatan berkebun anda.

3. Berkebun dapat membantu mengurangi stress

Sebuah penelitian menemukan bahwa warna hijau alami dapat meningkatkan kesehatan mental anda. Berinteraksi dengan alam melalui berkebun dapat mendorong produksi endorfin dan membuat anda merasa lebih baik, membuat anda lebih terfokus dan santai.
Baca juga:
Tips Mengurangi Stress di Tempat Kerja
5 Alasan Kenapa Anda Harus Berkebun di Rumah

4. Berkebun adalah bentuk latihan fisik yang sangat baik

Ada banyak macam gerakan yang anda lakukan saat sedang berkebun, misalnya berjalan, meregang, mendorong, menarik dan mengangkat yang menggabungkan beberapa kerja otot pada satu waktu.

5. Berkebun dapat meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan dan persepsi sensorik

Meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh serta mempertajam indra Anda dapat dilakukan dengan berkebun. Kombinasi antara gerakan tubuh anda, pemandangan sekitar dan aroma kebun anda adalah bagian manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan dari berkebun.

6. Berkebun dapat meningkatkan pelepasan endorfin

Berkebun adalah sebuah bentuk latihan fisik dan latihan fisik akan membuat tubuh kita melepaskan endorfin dan membuat kita merasa lebih baik. Endorfin membantu kita untuk memiliki pandangan yang lebih positif terhadap kehidupan dan meningkatkan mood serta semangat yang akan bertahan lama di fikiran kita setelah berkebun.

7. Berkebun dapat menyehatkan jantung

Sebagai sebuah bentuk latihan fisik, berkebun dapat melatih kerja jantung menjadi lebih kuat dan membuatnya menjadi lebih sehat secara alami. Berkebun juga dapat membangun ketahanan tubuh dan meningkatkan vitalitas.

8. Hal ini meningkatkan fungsi seksual.

Penelitian menunjukkan bahwa bahkan olahraga ringan, seperti yang Anda lakukan saat berkebun, dapat meningkatkan fungsi seksual.

9. Meningkatkan kesadaran dan kepedulian sosial

Berkebun tidak hanya bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga anda, tapi juga komunitas masyarakat yang anda di sekitar anda. Kebun anda dapat meningkatkan kualitas lingkungan di sekitarnya dengan menyediakan udara segar dan habitat bagi satwa liar (misalnya kupu-kupu dan burung), juga memberikan warna hijau alami sehingga membantu orang lain untuk mengurangi stress. Anda juga bisa memberikan hasil kebun anda kepada orang lain di sekitar untuk saling berbagai atau menjalin dan menguatkan silaturahmi.

Itulah beberapa manfaat berkebun bagi kesehatan fisik dan mental anda selain juga sangat baik untuk kondisi kantong anda. Berkebun membantu anda kembali ke alam tanpa harus mengunjungi hutan karena kesibukan harian anda. Ajaklah keluarga anda, terutama anak-anak untuk berkebun. Ajarkan anak-anak anda tentang pentingnya lingkungan yang sehat dengan berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang berkeliaran di sekitarnya. Ajak mereka untuk hidup selaras dengan alam.
Baca juga:
9 Cara Mudah Sehat dengan Alam

Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger