logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

10 Pertanyaan Untuk Menemukan Kehebatan Diri

Banyak orang pada saat ini yang masih kebingungan dengan apa sebenarnya yang menjadi minat dan bakat mereka, pada bidang apa mereka bisa menjadi hebat, berhasil dan sukses. Hal ini mungkin terjadi karena sejak awal kita tidak berpikir matang-matang tentang hal tersebut. Kita hanya mengikuti arus yang biasanya didasarkan pada lingkungan dan perkataa orang lain. Apakah anda termasuk kelompok yang bingung ini? Jika iya, coba tanyakan kepada diri anda 10 hal berikut ini, mungkin saja bisa membantun Anda.
    Pengembangan diri menjadi manusia hebat dan berguna
  1. Apa saja pencapaian yang telah anda dapatkan selama ini yang selesai dengan sangat baik dan memuaskan anda, setidaknya 10 hal. Bisa saja dalam hal sekolah atau pendidikan, pekerjaan, atau kehidupan pribadi.
  2. Bagaimana sejarah masa lalu pribadi anda, kehidupan keluarga, budaya, dan lain-lain, apakah memberikan perspektif yang unik untuk kehidupan.
  3. Pikirkan tentang diri anda pada masa awal kehidupan anda - apa hal yang paling anda senangi (sesuatu yang berkaitan dengan alam dan lingkungan, hobi, aktifitas, passion, ketertarikan)?
  4. Apa yang menjadi begitu mudah dan alami bagi anda untuk melakukannya sementara sulit bagi orang lain?
  5. Apa yang membuat guru, orang tua, teman dan teman kuliah anda mengingat dan menghargai anda?
  6. Adaka sebuah moment atau periode waktu dalam hidup anda (positif atau negatif) yang secara signifikan telah membentuk anda pada hari ini?
  7. Nilai-nilai apa yang anda jaga dalam hidup?
  8. Pernahkah anda menerima pelatihan-pelatihan atau kursus tertentu?
  9. Kegiatan apa yang senang anda lakukan, atau berperan sebagai apa yang membuat anda senang?
  10. Dimana anda bisa membuat sebuah perbedaan besar untuk hidup seseorang?
Pikirkan pertanyaan-pertanyaan diatas selam seminggu, tuliskan jawaban anda secara lengkap dan menyeluruh. Kemudian baca jawaban tersebut dengan serius dan penuh perhatian. Apakah ada sesuatu pilihan yang nampak jelas cocok untuk anda, yang membuat anda senang dan merasa spesial dan berharga? Jika tidak ada, pelajari karakter anda sepanjang tahun ini dengan berpedoman pada pertanyaan-pertanyaan ini.

Dengan mengetahui bidang apa yang dapat menjadikan anda hebat, maka anda akan lebih dekat  dengan kesuksesan (Baca tentang 10 Prinsip Sukses Steve Jobs). Menghargai diri sendiri atas sesuatu yang kita rasa sebagai sebuah kemampuan atau kelebihan kita bukanlah sebuah arogansi. Namun sebaliknya, hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri (Baca tentang Tips Membangun Kepercayaan Diri).

Saat anda menyadari dimana anda bisa menjadi hebat dan hal ini mendorong anda untuk melakukan kebaikan kepada orang lain, maka itu adalah sebuah pencapaian yang baik. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain.

Oleh Kathy Caprino
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

wahhh pertanyaan nya keren keren mas bisa dijadikan sebagai renungan nihh nanti nya :)

Balas

silahkan direnungkan mbak... saya juga mau merenung ah... :)

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger