logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

8 Cara Mudah untuk Meningkatkan Semangat dan Kepercayaan Diri

Meningkatkan Semangat dan Kepercayaan Diri - Hidup bukanlah tentang apa yang kita hadapi, tapi bagaimana kita menghadapinya. Seringkali masalah datang tanpa kita duga dan jauh dari perkiraan kita, tapi kita bisa memilih bagaimana cara kita menghadapinya. Percaya diri, berani dan bersemangat adalah senjata awal yang ampuh dalam menghadapi berbagai persoalan hidup. Selanjutnya, solusi akan kita dapatkan dengan mencari atau datang sendiri. Berikut ini adalah 8 cara mudah untuk meningkatkan kepercayaan diri dan semangat hidup anda.

1. Menarik nafas dalam-dalam

Mungkin anda tidak sadar sering melakukan ini saat akan berhadapan dengan momen yang membuat anda berdebar. Misalnya saat akan presentasi di depan klien, wawancara kerja, mengikuti lomba, atau saat akan melamar wanita yang anda cintai (jika anda laki-laki). Menarik nafas dalam-dalam bisa memberikan ketenangan, membuat perasaan lebih bersemangat. Cobalah untuk selalu melakukan ini setiap bangun pagi, saat akan berangkat kerja, atau menjelang saat penting lainnya.

2. Selalu tersenyum

Anda pasti menyadari bahwa senyum sangat baik untuk kesehatan. Apapun kondisi yang anda hadapi, pastikan anda hadapi pertama kali dengan senyum. Walaupun masalah yang anda hadapi sangat berat, senyum akan mengurangi beban masalah tersebut sehingga anda lebih siap mencari solusinya. Sayangnya, kebanyakan kita langsung menghadapi masalah dengan kesal, marah, dan sebagainya. Perasaan-perasaan negatif tersebut  berasal dari aktifitas otak reptil kita yang bisa menghambat otak besar untuk berpikir tentang solusi. Saat anda tersenyum, energi positif akan terpancar kepada orang lain yang melihat anda dan mereka akan ikut tersenyum, kecuali mereka punya masalah dengan hidup atau kepiribadian.
Baca juga:
Tips Mengurangi Stress di Tempat Kerja

3. Bacalah sesuatu yang mencerahkan

Anda bisa membaca jenis bacaan apapun yang bisa membuat anda bersemangat, mungkin buku petualangan, buku pengembangan diri dan motivasi. Membaca membantu anda melihat dan memahami dunia. Membaca buku petualangan dapat membuat anda tahu tentang indahnya hidup sehingga meningkatkan semangat, membaca buku pengembangan diri membantu anda menemukan cara efektif untuk mendapatkan hidup yang berkualitas. Anda juga bisa membaca artikel-artikel menarik di internet, seperti blog Tips Serius Santai yang sedang anda baca ini :)

4. Berikan hadiah kepada diri anda

Anda dapat membuat target-target hidup yang hebat, memberikan diri sendiri hadiah atau reward dari pencapaian terhadap target-target tersebut dapat membuat anda lebih percaya diri dan bersemangat.

5. Berkebun

Melihat tanaman-tanaman yang anda tanam tumbuh dengan subur dapat meningkatkan kepercayaan diri anda. Apakah anda pernah mengalaminya? Keberhasilan dalam berkebun tersebut dapat menjadi semacam contoh kecil tentang keberhasilan usaha anda, meningkatkan keyakinan anda bahwa anda bisa menjadi orang yang berhasil. Masih banyak manfaat lain dari berkebun, beberapa diantaranya bisa anda baca di 5 Alasan Kenapa Anda Harus Berkebun.

6. Bangkitkan jiwa seni anda

Pada dasarnya setiap manusia memiliki bakat seni dalam jiwanya, masalahnya adalah kebanyakan kita tidak sadar atau tidak tahu bakat seni seperti apa yang kita miliki. Anda harus mencobanya, mungkin menggambar, melukis, bermain musik, fotografi juga patut dicoba.

7. Tulislah sebuah puisi

Anda tidak perlu berpikir bahwa puisi harus memiliki rima ab ab, atau aa bb, atau lainnya. Yang anda perlukan hanya menuliskan kata-kata yang terindah (menurut anda) untuk mengungkapkan apa yang anda lihat, pikirkan dan rasakan. Jangan biarkan apa yang anda tulis hanya menumpuk di meja belajar/kerja, sebarkan hasil karya anda agar bisa dibaca semua orang dengan menuliskannya di Blog. Anda sudah punya blog? Jika belum, buatlah blog pribadi anda, silahkan baca caranya di Langkah-langkah Membuat Blog di Blogspot.

8. Hiduplah dengan keberanian dan kepercayaan

Keberanian dan kepercayaan adalah dua hal yang vital dalam hidup. Hidup hanya untuk manusia yang berani, berani menghadapi ketidakpastian dan tanda tanya, berani menghadapi tantangan dan kegagalan, dan banyak hal lain yang harus anda hadapi dengan berani. Asah keberanian anda, misalnya dengan bertualang, daki gunung-gunung tinggi atau jelajahi tempat-tempat asing. Kurangi prasangka dalam diri anda, terutama kepada diri sendiri, percayalah anda mampu. Waspada harus, tapi kurangi prasangka anda kepada orang lain. Percaya akan mengurangi banyak beban yang sebenarnya tidak perlu anda tanggung.

Itulah 8 cara mudah meningkatkan kepercayaan diri anda dan semangat anda, silahkan terapkan dalam kehidupan anda, jika ada waktu, ceritakan pengalaman anda secara singkat di kolom komentar dibawah.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger