logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

7 Cara Meningkatkan Ingatan

Lupa merupakan hal yang lumrah dialami manusia. Sifat manusiawi ini dapat menjadi anugerah juga musibah. Melupakan hal-hal yang pantas untuk dilupakan adalah kebutuhan, namun jika melebihi batas kewajaran dan lupa terhadap hal-hal penting, sifat ini justru akan menjadi musibah. Ingatan yang lemah dapat membuat rasa tidak nyaman, menyebabkan kelelahan, bahkan depresi. Untuk mencegah dan mengatasinya, berikut ini 7 cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan memori dan daya ingat yang dapat dilakukan:

(credit)



1. Baca

Aktivitas membaca dapat membuka wawasan dan pikiran. Jika tidak terbiasa membaca buku yang tebal dan tulisan yang berat, mulailah dengan membaca tulisan ringan atau tulisan berat yang ditulis secara populer.

2. Dengarkan

Mendengarkan penjelasan guru/ tutor sambil menuliskan catatan ringkas terbukti dapat meningkatkan pemahaman atas suatu permasalahan.

3. Tuliskan 

Buatlah intisari dari bacaan yang Anda baca atau dari diskusi yang Anda hadiri. Menulis akan memberikan waktu untuk mencerna ilmu pengetahuan dan pada akhirnya menumbuhkan pemahaman. Sesuatu yang dipahami akan lebih diingat daripada apa yang sekadar dilihat atau didengar.

4. Ucapkan

Melafalkan sesuatu dengan jelas dan berulang dapat meningkatkan ingatan. Ini termasuk membaca dengan suara (walaupun tidak lantang), menjawab pertanyaan lisan, dan berlatih presentasi.

5. Buat Peta Pikiran

Peta pikiran (mind map) adalah metode yang sangat baik dalam mencatat informasi. Dengan diagram peta pikiran, Anda bisa melihat sejauh mana pemahaman terhadap topik yang diingat serta memungkinkan untuk menambahkan detil informasi lanjutan yang diperoleh belakangan.

6. Latih dan Uji Diri Sendiri

Latih ingatan Anda dengan mengetes diri sendiri melalui simulasi ujian tertulis, tes lisan, maupun sekadar mengisi teka teki silang.

7. Cukupi GIzi

Makanan bergizi dalam jumlah yang cukup dapat membantu meningkatkan daya ingat. Beberapa jenis makanan tertentu bahkan terbukti berguna untuk memperkuat memori.

Jangan remehkan penurunan daya ingat. Rajinlah melatih otak dengan melakukan cara sederhana meningkatkan memori dan daya ingat yang tersebut di atas. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger