logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Segar Selama Berpuasa: Makan dan Minum

Makan dan minum

Sebelumnya kita telah membahas tentang Tips Selama Berpuasa: Waktu Tidur, sekarang mari kita bahas tentang Tips Segar Berpuasa yang berhubungan dengan Makanan dan Minuman. Makan dan Minuman tentu saja penting untuk pasokan energi kita, tapi bukan berarti juga kita harus makan dan minum sebanyak mungkin sebagai cadangan energi. Alih-alih membuat segar, makanan dan minuman bisa malah membuat kita lesu karena tidak dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah beberapa tips Makan dan Minum Agar tetap segar selama berpuasa di Bulan Ramadhan.

4. Makan yang manis

Semua orang tahu dengan tips yang satu ini, karena Rasulullah sendiri sudah menyampaikan hal ini. Berbuka dengan makanan yang manis membantu mengisi energi tubuh saat berbuka. Makanlah makanan manis dengan gula sederhana sehingga bisa cepat digunakan untuk shalat malam Ramadhan (tarawih).

5. Jangan makan berlebihan saat berbuka

Terlalu banyak makan saat berbuka bisa menjadikan anda seperti ular sawah. Sulit bergerak dan lemas, jadinya malas untuk shalat ke masjid. Dampaknya bisa jadi sampai ke besok paginya, jadi sulit bangun awal dan sahur. Selanjutnya, lemas seharian karena tidak sahur.

6. Jangan berbuka dengan terlalu banyak jenis makanan

Terlalu banyak jenis makanan yang masuk ke dalam perut dalam satu waktu membuat perut harus bekerja lebih keras sehingga otak akan mengirimkan sinyal kepada tubuh beristirahat lebih banyak.

7. Hindari makanan pedas, berminyak dan asam

Makanan yang terlalu pedas, berminyak dan terlalu asam bisa mengganggu pencernaan selama berpuasa. dan memicu perut mulas hingga diare. Sebisa mengkin hindari jenis-jenis makanan tersebut agar perut tetap sehat.
Baca juga: 
Cara Menghilangkan Kebiasaan Makan Junk Food
Jenis-jenis Makanan yang Sebaiknya Anda Hindari demi Kesehatan

8.Cukup minum

Anak SD juga tahu dengan tips yang ini, tapi kadangkala mudah sekali kita lupa dengan pentingnya air putih. Minumlah air putih minimal 8 gelas untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik sehingga tubuh tetap segar. Selain menjaga kesegaran tubuh, cukup terhidrasi akan membantu mencegah munculnya sariawan.

9. Kurangi minuman yang bersifat diuretika

Beberapa jenis minuman yang bersifat diuretika antara lain kopi, teh, minuman bersoda, dan minuman berenergi. Diuretika adalah sifat minuman yang merangsang kandung kemih untuk memproduksi urin lebih banyak, akibatnya kita akan lebih cepat kehilangan air dari tubuh. Hal ini akan berdampak tidak baik pada saat berpuasa. Anda bisa minum berbagai minuman tersebut saat berbuka sekedarnya, tapi jangan minum minuman yang bersifat diuretika waktu sahur.

Demikianlah tips segar selama berpuasa yang berhubungan dengan makan dan minum, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.
Baca juga:
8 Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh
10 Cara Makan Sehat namun Hemat
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 comments

terimakasih banyak, sangat membantu sekali..

Balas

terimakasih banyak untuk tips-tipsnya.. sangat membantu...

Balas

terimakasih banyak, sangat membantu sekali....

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger