logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Menghindari Sariawan

Mungkin tidak ada orang di Indonesia yang tidak pernah mengalami sariawan. Sariawan adalah luka di dalam mulut yang terkadang sangat mengganggu dan bahkan menyiksa, terutama saat kita makan. Sariawan biasanya diawali dengan kondisi pertahanan tubuh kita yang sedang dan dipicu dengan terjadinya luka di dalam mulut yang bisa disebabkan tergigit,  makanan yang keras dan tajam, atau terkena ujung batang sikat gigi.

Biasanya kita tidak terlalu memikirkan tentang sariawan jika tidak sedang mengalaminya, namun sangat terganggu saat terserang. Pencegahan tentu jauh lebih baik dari pengobatan, karena itu hindarkan diri Anda dari sariawan sebisa mungkin. Berikut ini adalah beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghindari sariawan berdasarkan pengalaman pribadi kami.

1. Menjaga kondisi pertahanan tubuh
Ini tips yang umum untuk menghindari semua gangguan pada kesehatan tubuh, tapi ini adalah hal yang sangat penting. Menjaga sistem pertahanan tubuh kita harus dilakukan melalui olah raga secara rutin dan makan makan makananan bergizi, terutama makanan yang dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian Anda. Jika dirasa kurang dari makanan, Anda bisa mengkonsumsi konsntrat vitamin yang banyak dijual di pasaran.

2. Minum yang cukup
Sariawan sering dianggap berhubungan dengan panas dalam. Panas dalam bukan gangguan kesehatan yang dikenal secara medis, istilah dehidrasi mungkin lebih tepat untuk menggambarkan kondisi panas dalam. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari sangat penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang bisa menjadi awal sariawan.

3. Bangun tidur dan mandi di awal hari
Bangun tidur terlalu siang membuat tubuh kita lemah dan  dehidrasi sehingga rentan terhadap serangan bakteri, karena itu usahakan untuk bangun dan mandi di awal hari. Dehidrasi karena bangun tidur kesiangan mungkin disebabkan pada pagi hari sebenarnya kita memerlukan cairan yang hilang pada saat kita tidur, tetapi karena kita kita tidak bangun dan segera minum, maka tubuh kita mengalami kekurangan cairan.

4. Berhati-hati saat menyikat gigi
Terkadang kita terlalu bersemangat saat menyikat gigi, hal ini berbahaya karena seringkali batang sikat gigi yang kita gunakan tergelincir dan membuat luka pada gusi kita. Luka ini bisa langsung dimanfaatkan oleh bakteri dan membentuk sariawan pada bagian kulit tersebut, biasanya luka akibat sikat gigi dialami oleh gusi.

5. Tidak bicara saat sedang mengunyah makananan
Pertama, perilaku seperti ini bisa dikatakan tidak sopan. Kedua, bicara saat makan sangat beresiko menyebabkan lidah atau bagian dibawahnya tergigit dan menyebabkan luka.

Selain beberapa hal diatas, percaya atau tidak, pengalaman saya pribadi, perilaku buruk berkata kotor atau tidak sopan biasanya akan menyebabkan terjadinya sariawan, seolah-olah ia menjadi peringatan untuk lebih menjaga perkataan kita.
Wallahualam
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger