logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips berpuasa ala Sersan Tips


Bulan puasa adalah bulan ampunan, bulan pahala, bulan ujian, dan bulan untuk kebaikan-kebaikan lainnya. Karena itu kita harus mengoptimalkan sebisa mungkin untuk mendapatkan kebaikan-kebaikan tersebut. Disini kami ingin berbagi tentang beberapa tips sederhana versi blogger selembe tentang menjalani bulan Ramadhan yang mungkin belum pernah terpikir oleh rekan sekalian (tips ini juga ditujukan ke penulis yang masih jauh dari baik dalam melaksanakan tips-tips ini). Kita mulai dari malam hari.

1. Tidur awal
Sebenarnya ini tips yang sangat standar untuk gaya hidup sehat, tapi di bulan Ramadhan, tips ini menjadi sangat-sangat penting, kenapa? Karena, kita harus bangun awal sekali untuk sahur, apalagi yang ingin shalat malam. Tidur lebih awal juga membuat kita lebih segar keesokan harinya sehingga bisa menjalani hari dengan lebih baik.

2. Bangun awal
Sebisa mungkin bangun awal untuk sempat shalat malam, baru kemudian shahur. Bangun awal juga membuat kita lebih segar seharian.

3. Jangan tidur lagi setelah sahur dan shalat subuh
Memang setelah sahur dan shalat subuh, biasanya rasa ngantuk akan menyerang dengan sangat ganas, tapi cobalah untuk bertahan dari rasa ngantuk tersebut. Jika kita menuruti ngantuk tersebut, resikonya adalah tubuh terasa berat sepanjang hari sehingga kita malas untuk beraktifitas.

4. Hirup udara segar subuh menjelang pagi diluar ruangan
Udara pagi di luar rumah sangat segar dibandingkan dalam rumah kita, karena itu usahakan keluar rumah di pagi hari untuk menghirup udara. Udara segar ini akan membuat tubuh kita lebih segar karena tingginya oksigen dan mencegah kita untuk ngantuk lagi. Kita dapat merasakan udara segar pagi hari ini sambil pergi berjalan shalat subuh di masjid.

5. Jalani pagi hari seperti biasa
Sering kita dengar orang mengatakan bahwa dalam bulan puasa, tidur adalah ibadah. Namun jangan telan mentah-mentah nasehat ini, kita harus berpikir, jika tidur saja ibadah, apalagi kegiatan-kegiatan kita lainnya yang memiliki nilai manfaat. Jadi usahakan untuk berkegiatan seperti biasa di pagi hari agar kita mendapatkan pahala lebih banyak.

6. Tidur siang
Siang hari adalah waktu yang tepat untuk tidur, tapi jangan terlalu lama, satu jam adalah waktu yang optimal untuk tidur di siang hari. Tidur siang hari dapat menjadi waktu untuk menabung energi yang akan kita gunakan untuk menambah ibadah pada malam hari (menjelang sahur).

7. Berbuka puasa dengan makanan ringan
Rasulullah menganjurkan untuk berbuka puasa dengan makanan yang manis, ikutilah hadits ini. Berbuka puasa dengan kurma manis dan air putih adalah pilihan tepat untuk berbuka puasa. Usahakan untuk tidak langsung masuk ke menu makanan berat sebelum melaksanakan shalat isya dan tarawih. Karena dikhawatirkan dapat mengganggu kekhusukkan shalat tarawih kita.

8. Jangan terlalu banyak makan
Umum sekali orang-orang (termasuk saya) terkadang kalap saat akan makan setelah menahan lapar sepanjang hari. Tapi perlu diperhatikan, terlalu banyak makan membuat tubuh kita sangat berat untuk bergerak, dengan kata lain "malas". Karena itu hindari makan berlebihan dalam bulan puasa.

Demikianlah tips ini kami buat untuk mengingatkan diri sendiri dan para pembaca yang budiman. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi semua yang sedang menjalankannya. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Aamiin.

Sumber gambar:
arifadjisoko.wordpress.com
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger