logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips yang Perlu Anda Tahu di Bandara Soekarno - Hatta

Bandara Soekarno - Hatta adalah salah satu bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia. Bagi yang pertama kali datang ke bandara ini mungkin akan bingung seperti yang pernah saya alami dulu saat pertama kali mendarat di bandara ini. Berdasarkan pengalaman saya beberapa kali mengunjungi bandara yang juga dikenal sebagai bandara Cengkareng ini, ada beberapa hal yang menurut saya bisa dijadikan tips bagi anda yang akan mengunjungi bandara Soekarno - Hatta. Tidak hanya yang baru pertama kali, yang sudah sering pun mungkin bisa  bermanfaat. Tidak perlu banyak "kuah", berikut ini adalah beberapa tips yang ada baiknya anda tau jika berada di bandara Soeta.

1. Shuttle Bus

Bus komuter line Bandara Soekarno - Hatta
Shuttle Bus Bandara Soekarno - Hatta
Bandara Soekarno-Hatta menyediakan layanan Shuttle Bus yang bisa anda gunakan secara gratis. Shuttle Bus adalah bus yang melayani transportasi antar terminal di bandara Soekarno-Hatta. Hal ini akan sangat membantu penumpang pesawat yang menggunakan penerbangan transit yang berbeda maskapai. Dan mungkin juga bisa membantu anda yang salah terminal saat akan terbang. Layanan ini terdapat di pinggir jalan depan terminal, silahkan lihat lihat sendiri tulisannya.

2. Makanan dan Minuman dengan Harga Standar

Bepergian biasanya menguras tenaga dan cairan tubuh yang banyak sehingga kita merasa lapar dan kehausan. Untuk yang berkantong tebal, membeli makanan dan minuman di depan terminal tentu tidak menjadi masalah, tapi untuk yang berkantong pas-pasan atau backpacker, tentu akan menjadi masalah. Di bandara Soekarno-Hatta, ada warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga normal. Namun untuk saat ini yang saya tahu hanya warung  makan di dekat terminal 1.

Untuk sampai di warung-warung tersebut, dari terminal 1 anda dapat menyebrangi jalan, terus melewati area parkir, melewati kantor polisi. Setelah melewati kantor polisi anda dapat melihat bangunan warung-warung tersebut, saya sendiri dulu membeli di warung yang berada di bangunan sebelah kiri. pengalaman saya membeli disana harganya adalah harga normal.

3. Bus Damri

Untuk yang pertama kali  berada di bandara Soekarno-Hatta mungkin akan bingung dengan kendaraan yang akan digunakan untuk sampai ke tujuan berikutnya. Menggunakan taksi biasanya tarifnya relatif mahal, untuk yang sangat memperhitungkan pengeluaran, anda dapat menggunakan bus damri sesuai tujuan Anda. Bus Damri melayani rute yang relatif banyak, terutama untuk banyak lokasi di Jakarta seperti Rawamangun, Gambir, Kampung Rambutan, Blok M dll. Untuk kota lainnya misalnya Depok, Bogor dan Bandung.

Perlu diperhatikan, untuk beberapa jurusan, Damri menyediakan layanan VIP yang disebut sebagai Royal Bus. Tentu saja harga tiketnya berbeda, untuk jurusan bogor misalnya, tiket Damri Reguler berharga Rp. 55.0000, sedangkan Damri Royal Bus berharga Rp. 75.000,-. Jika Anda sudah membeli tiket di loket damri yang berada di seberang jalan terminal, pastikan anda tidak salah naik bus. Untuk membedakan keduanya cukup mudah, bus Damri Reguler berwarna putih dominan, sedangkan Royal berwarna seperti orange, biru, atau lainnya. Tapi yang jelas ada tulisannya, Royal.

Bus Damri Bandara Soekarno - Hatta
Sedikit trik untuk anda, tempat terbaik untuk menunggu bus Damri adalah di bagian pangkal jalur masuk bus. Misalnya untuk terminal 1, anda dapat menunggu di depan terminal 1 A. Menunggu di awal jalur masuk bus bisa membantu anda untuk mendapatkan tempat duduk yang dalam bis, jika menunggu di terminal 1 B atau 1 C, biasanya kita akan berebut dengan calon penumpang lain dan atau tidak kebagian tempat duduk dan harus menunggu bus selanjutnya.

4. Jangan Bingung atau Terlihat Bingung

Bandara Soekarno-Hatta adalah bandara yang sangat ramai sekali, ada banyak macam manusia di tempat ini. Bingung atau terlihat bingung dapat menjadikan anda sasaran empuk bagi orang-orang yang berniat jahat. Karena itu tunjukkan sikap yang biasa dan berwibawa, tunjukkan bahwa Anda sangat menguasai keadaan dan jauh dari rasa bingung. Untuk mendukung hal ini, memersiapkan perjalanan dengan baik sangat penting. Silahkan baca Tips Persiapan Travelling disini. Cari informasi yang lengkap tentang tempat yang anda tuju dan transportasi yang digunakan. Jika ingin bertanya, bertanyalah kepada orang yang tepat, caranya adalah dengan melihat kartu ID mereka. Jangan tertipu dengan pakaian.

5. Jaga Barang Bawaan Anda

Tidak ada orang lain yang akan bertanggung jawab atas barang-barang anda setelah diambil dari bagasi, karena itu jagalah dengan baik, jangan tinggalkan barang anda tanpa pengawasan. Ini adalah salah satu alasan jika bepergian bersama lebih baik daripada sendiri, melakukan dengan rekan akan lebih menjamin keamanan perjalanan anda. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan anda, silahkan baca Tips Melindungi Diri dari Kejahatan Dalam Perjalanan.

Jika anda akan menggunakan bus, anda harus sigap dengan memindahkan barang anda. Satu hal yang menjadi catatan saya adalah, jangan biarkan orang lain memindahhkan barang anda ke bis, kecuali petugas bus yang turun dari bus. Namun jangan sampai tertipu dengan seragam mereka yang warnanya mirip-mirip dengan warna seragam petugas, karena itu sebisa mungkin pindahkan barang anda sendiri kecuali anda memang sulit melakukannya dan bersedia membayar 5-10 ribu untuk memindahkan barang sejauh 2 meter.

Demikianlah sedikit tips yang mudah-mudahan bermanfaat jika anda mengunjungi bandara Soekarno-Hatta ini. Bagaimana pengalaman anda sendiri? Mungkin ada tips yang ingin anda tambahkan?
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

setuju banget sama yang keempat. apalagi kalau ada turis asing yang kelihat bingung, bisa-bisa nasib nya kurang beruntung. btw, saya baru tau tentang warung ddeket terminal satu itu.

nice info bro..

Balas

saya dulu sempat kebingungan sekali mas, untungnya ada teman, jadi bisa mengingatkan.... yang warung itu beneran loh, air kemasan yang 18 ribu di dekat terminal, kalau di kantin seberang jalan itu hanya 6 ribuan...

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger