logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

30 Tips Mudah Untuk Kulit Bercahaya

Kulit bercahaya adalah dambaan setiap wanita. Kulit bercahaya merupakan ciri kulit sehat, terlepas dari apapun warna kulit Anda. Berikut ini adalah 30 cara untuk mendapatkan kulit bercahaya yang cantik dan mempesona.

1. Gunakan sunscreen

Mungkin anda sudah sangat sering mendengarnya, tapi menggunakan sunscreen memang merupakan cara termudah untuk mendapatkan kulit yang terlihat awet muda. Sembilan puluh persen bintik-bintik yang muncul di wajah disebabkan karena kulit terpapar sinar matahari, mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

2. Bersihkan kuas atau sponge make up Anda secara berkala

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa 72% wanita tidak membersihkan kuas bedak atau sponge make up mereka, padahal kedua alat tersebut dapat mengumpulkan bakteri dan kotoran yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Oleh karena itu sangat disarankan untuk membersihkan kuas dan sponge make yang yang Anda gunakan secara berkala. Kuas bedak sebaiknya dicuci setiap dua atau tiga minggu sekali, sedangkan kuas foundation sebaiknya dicuci setiap minggu.

Kulit Awet Muda (Tom Merton/Flickr)
Cara membersihkan kuas adalah dengan mencampur beberapa tetes pembersih wajah yang lembut atau sampo dengan air hangat dalam cangkir, kuaskan kuas Anda pada campuran tadi, bilas dengan air hangat, lalu letakkan di udara mengalir dan biarkan mengering secara alami.

3. Konsumsi berbagai jenis kacang-kacangan

Menurut studi terbaru, kacang brazil kaya akan selenium yang dapat meningkatkan elastisitas kulit dan menurunkan resiko kanker kulit. Buah kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang efektif menurunkan peradangan dan mencegah berjerawat. Konsumsi beberapa macadamias untuk mendapatkan minyak berkualitas tinggi dan asam lemak yang membantu dalam perbaikan dan peremajaan kulit.

4. Gunakan serum

Serum memiliki konsentrasi zat aktif yang jauh lebih tinggi daripada krim atau lotion, sehingga Anda hanya perlu menggunakannya sedikit setiap hari untuk melihat hasilnya. Pastikan serum yang Anda gunakan mengandung antioksidan yang merupakan pertahanan utama kulit terhadap radikal bebas dan stres; serta mengandung pentapeptides yang dapat meningkatkan kolagen, struktur pendukung yang menjadikan kulit tampak lebih muda.

5. Bersihkan smartphone anda

Ya! Smartphone adalah pengumpul bakteri yang sangat efektif karena ia sering sekali di pegang tangan. Tangan adalah  yang tentu saja banyak memegang benda lainnya, misalnya saat anda di toilet. Menurut sebuah studi Stanford University, yang iPhone Anda tidak bisa menjaga tangan Anda dari bisa mendapatkan lebih banyak kuman-penuh dari toilet di toilet umum. Bahkan kaca smartphone anda yang licin bisa menjadi sarang kuman setelah berpindah dari toilet, ke tangan, lalu ke smartphone. Kuman-kuman tersebutbisa menempel tepat di pipi dan rahang setiap kali Anda menelpon, menyebabkan bintik-bintik dan iritasi. Untuk menjaga ponsel Anda (dan wajah) bebas bakteri, bersihkan dengan antibakteri.

6. Perlakukan kulit anda sesuai dengan yang seharusnya

Urutan penggunaan produk kecantikan Anda bisa lebih penting daripada produk itu sendiri. Gunakan kosmetik dengan bahan yang paling aktif segera setelah Anda mencuci dan keringkan. Bahan tersebut adalah yang paling kuat, sehingga mereka sebaiknya berkontak langsung dengan kulit Anda. Jika Anda menggunakan lebih dari satu produk aktif (seperti serum antioksidan dan Retin-A), mulailah dengan yang paling tipis.
Bahan yang larut dalam air harus yang pertama di gunakan, diikuti oleh produk yang lebih tebal dan berkrim. Jika Anda melakukannya secara terbalik, krim berat akan memblokir bahan yang lebih ringan untuk mempenetrasi kulit, sehingga mereka tidak akan memberikan manfaatnya. " Jika Anda membutuhkan pelembab, itu berikutnya sejalan, selanjutnya? -sunscreen Setiap pagi.

7. Hapus susu dari daftar diet anda

Produk susu atau berbahan dasar susu, termasuk susu organik mengandung hormon-sapi yang merangsang kelenjar minyak dan pori-pori Anda, hal ini dapat menyebabkan munculnya jerawat. Perhatikan diet yang anda konsumsi, apakah terdapat susu yang tersembunyi seperti dalam campuran salad, protein bar, dan shakes. Dan jika Anda memang harus mengkonsumsi susu, anda dapat memiliki susu skim. Hormon pada susu ini terkonsentrasi dalam lemak, sehingga dapat anda konsumsi tanpa khawatir dengan efek hormonnya.

8. Gunakan retinol

Hasil penelitian puluhan tahun yang menghasilkan banyak data klinis menunjukkan retinol sangat baik untuk membantu pergantian sel kulit, dan meningkatkan produksi kolagen agar kulit tetap kencang dan awet muda. Kebanyakan dermatologists setuju bahwa jika Anda hanya akan menggunakan satu produk anti-penuaan, maka retinol adalah pilihan terbaik anda. Retinol bahkan dapat membalikkan pertumbuhan abnormal dan pertumbuhan kanker, yang dapat muncul karena kerusakan yang diakibatkan sinar matahari. Retinol memiliki efek anti-inflamasi yang besar sehingga bisa digunakan untuk mengobati jerawat dan kerutan serta tanda-tanda penuaan.

9. Tidur cukup dan di awal malam

Seperti kita membutuhkan kesadaran untuk hidup, kita juga butuh tidur untuk hal yang sama. Kurang tidur dapat menurunkan sirkulasi darah, membuat Anda terlihat pucat. Tidur adalah wakut terbaik untuk tubuh anda meremajakan kulit. Kelompok sel peremajaan kulit memiliki giliran aktifitas pada malam hari, tidur akan menjadi waktu bagi kulit untuk memperharui diri degnan banyak nutrisi dan bahan-bahan terhydrasi.
Baca juga: Jam Terbaik untuk Tidur

10. Lakukan eksfoliasi untuk mengecilkan pori-pori

Dibandingkan keseluruhan permukaan kulit, pori-pori memang kecil, pengaruh pori-pori wajah sangat besar bagi kecantikan wajah. Bahkan pori-pori yang besar termasuk keluhan kecantikan utama bagi banyak wanita. Pori-pori terlihat lebih besar ketika mereka sedang penuh dengan kotoran, minyak, sel kulit mati, dan keratin, protein yang hidup di permukaan kulit," jelas Amiry.

11. Manfaatkan senyawa Resveratrol

Resveratrol, adalah jenis senyawa antioksidan kuat dan jenis polifenol yang ditemukan pada kulit anggur merah, senyawa ini diketahui dapat mencegah garis, keriput, dan kulit kendur yang disebabkan oleh faktor lingkungan buruk seperti asap pembakaran dan rokok. Bahkan dalam beberapa kasus bahan ini bersifat antioksidan yang lebih kuat daripada vitamin C, dan dapat mengencangkan kulit.

12. Jangan mengabaikan leher dan dada

Kebanyakan orang merasa cukup merawat kulit wajah dari batas rambut di kening hingga dagu, mengabaikan leher dan dada sehingga muncul kerutan, kulit kendur, dan bintik-bintik gelap pada bagian tersebut. Kulit di daerah ini lebih tipis, dan tidak memiliki suplai darah yang kuat, sehingga tidak sembuh dengan baik. Ditambah itu adalah daerah yang sering kita lupa untuk melindunginya dengan tabir surya. Gunakan produk yang sama seperti yang anda gunakan pada wajah Anda, tetapi lakukan secara bertahap jika anda menggunakan bahan aktif seperti retinols atau asam karena mereka dapat menyebabkan beberapa iritasi awal.

13. Bersihkan make up anda sebelum tidur

Membiarkan make up dan kotoran pada kulit saat tidur tidak hanya akan menyumbat pori-pori, tetapi juga dapat menyebabkan kekeringan yang berlebihan dan bahkan ketombe di kulit. Kebanyakan makeup mengandung molekul jenis gula yang dapat menjadi media jamur dalam waktu semalam. Bersihkan juga riasan mata juga, riasan mata dapat menyebabkan ruam bergelombang di sekitar mata atau benjolan putih kecil yang disebut kista milia

14. Jika kurang tidur

Sediakan susu kedelai dalam lemari es anda untuk menyiasati tanda kurang tidur yang terlihat dimata anda. Kandungan anti-inflamasi alami  pada susu kedelai dapat mengurangi pembengkakan sementara protein kedelai melembabkan kulit untuk melembutkan. Suhu dingin membantu mengecilkan pembengkakan dan menyempitkan pembuluh darah untuk membuat mata terlihat lebih merah. Untuk membuat penenang dan kompres penghilang kemerahan, tuangkan sejumlah kecil susu kedelai dalam mangkuk, buat dua bola kapas, dan basahi dengan susu kedelai secukupnya. Kemudian tempelkan bola kapas di atas mata Anda (atau area lain di mana Anda memiliki kulit merah atau iritasi) selama lima menit.

15. Mengecilkan kantong mata

Saat kita tidur setiap malam, cairan mengisi bagian bawah mata karena kita berbaring. Mulailah tidur anda dengan menggunakan dua bantal untuk meninggikan wajah.

16. Hindari mandi atau membersihkan wajah dengan air hangat

Mandi uap mungkin terasa sangat menyenangkan, namun mandi air hangat adalah salah satu hal bisa berdampak sangat buruk pada kulit Anda. Tidak hanya melebarkan saluran minyak, panas juga dapat menyebabkan luka bakar ringan. Pembuluh darah merespon dengan melebarkan salurannya untuk mendinginkan kulit, menyebabkan kemerahan dan tampak kasar. Pada usia dua puluhan efek mandi air panas dapat menyebabkan merah & bengkak yang dapat sembuh dalam waktu satu jam, tapi di usia tiga puluhan, mungkin diperlukan waktu 2 jam. Pada usia empat puluhan Anda, kulit Anda tidak memiliki kemampuan untuk menyusut kembali ke kondisi semula sehingga Anda tetap kemerahan sepanjang waktu.
Baca juga: Hindari Kebiasaan Buruk ini Agar Kulit Tampak Awet Muda

17. Jangan menunda untuk melembabkan kulit

Kebanyakan krim dan lotion memiliki bahan-bahan kunci yang menciptakan sebuah penghalang atau pelindung pada permukaan kulit untuk mengunci kelembaban, tetapi karena kulit mendinginkan dirinya sendiri dengan cara menguapkan air, Anda hanya memiliki beberapa menit sebelum hidrasi yang hilang selamanya. Gunakan pelembab dengan silikon alami, sementara wajah Anda masih basah. Penelitian Alexiades-Armenakas 'menunjukkan bahwa bahan tersebut mengunci kelembaban hingga 24 jam.

18. Ekstra lembut saat mencukur wajah

Waxing dan tweezing dapat menyebabkan jaringan parut atau bintik-bintik, terutama bagi wanita dengan kulit yang lebih gelap. Persiapan kulit anda sebelum mencukur rambut dengan mencuci wajah dengan pembersih antibakteri. Setelah itu rawat wajah dengan krim anti inflamasi hingga beberapa hari setelahnya.

19. Mengonsumsi semangka

Mengonsumsi makanan kaya lycopene, seperti buah merah muda berair ini dapat membantu mengurangi kerusakan dan kemerahan yang disebabkan paparan sinar matahari, mencegah kerutan di masa mendatang dan bahkan mungkin menurunkan resiko kanker kulit. Konsumsi buah semangka segar secukupnya setiap hari.

20. Lakukan eksfoliasi tanpa menggosok

Seiring pertambahan umur, enzim alami pada kulit Anda bekerja semakin kurang efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga mereka tertahan dan mencegah kulit Anda dari memantulkan cahaya. Akibatnya? Wajah tampak pucat pasi dan abu-abu. Percepat proses pergantian sel kulit Anda dan halus permukaannya dengan asam alpha-hydroxy (AHA) seperti asam glikolat atau laktat. Namun berhati-hatilah: Meskipun banyak produk termasuk AHA, konsentrasi sering terlalu rendah tidak berpengaruh banyak. "Lihatlah label untuk melihat berapa banyak mengandung dan pilih yang mengandung sekitar sekitar 8%. Lebih dari itu akan terlalu banyak. Mungkin akan terasa menyengat awal pada awalnya, namun kulit anda akan terbiasa.

21. Gunakan kaca mata gelap

Kacamata hitam dapat memberikan perlindungan lebih terhadap kerutan bawah mata dan penuaan. Meskipun mata Anda dapat menyesuaikan dengan intensitas sinar matahari, daerah di sekitar mata terdiri dari kulit tipis, di mana sebagian besar tanda-tanda penuaan dapat terlihat jelas. Setiap kali Anda melihat cahaya terang, Anda sedang menciptakan baris dari gerakan berulang. Untuk menghindari keriput, pilih kacamata yang dapat polarized yang cukup luas untuk mencakup area mata.

22. Minum lebih banyak air

Air membantu membersihkan racun yang menyebabkan peradangan dan noda serta membantu pengangkutan nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit, dan mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan penuaan dini. Air bahkan bisa membuat kulit tampak lebih segar karena asam hyaluronic yang secara alami ada di kulit akan menarik dan menahan air sehingga mengurangi kerutan. Minum setidaknya 8 gelas air setiap hari, lebih banyak lagi jika Anda aktif atau tinggal di iklim hangat. Untuk menambah rasa sedikit, cobalah teh yang dapat menenangkan seperti chamomile atau mint.

23. Lengkapi diet anda dengan sumber makanan sumber zink

Zinc adalah mineral yang sangat penting untuk kesehatan kulit, zink membantu mempercepat peremajaan kulit. Zink sering dijadikan bahan krim untuk mengatasi ruam kulit akibat penggunaan diaper pada bayi serta mempercepat penyembuhan luka potong atau bakar. Zinc juga ditambahkan dalam perawatan jerawat dan krim pelindung kulit. Kadangkala  ada orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan atau makan banyak makanan olahan sehingga mereka tidak mendapatkan asupan zinc yang cukup untuk menjaga kulit mereka tetap bersinar. Dan karena seng membantu memperbaiki jaringan yang rusak dan menyembuhkan luka, juga membantu menangani jerawat atau masalah kulit lainnya. Beberapa diet yang memiliki kandungan zink cukup tinggi misalnya tiram laut, daging sapi dan berbagai jenis biji-bijian.

24. Bersabarlah dengan produk kecantikan anda

Kebanyakan kita ingin mendapatkan hasil secepat mungkin, namun menahan diri dapat membantu memastikan bahwa hasil yang Anda dapatkan positif, "alon-alon asal kelakon" kata orang jawa. Ketika Anda mulai menggunakan sebuah produk baru, gunakan setiap hari, dan jangan mencoba membeli beberapa produk baru sekaligus. Bahkan jika Anda hanya punya sistem perawatan kulit baru, gunakan satu produk setiap tiga sampai empat hari. Dengan demikian anda bisa menghindari kekeringan, iritasi, dan pembakaran. Dan jika hal itu terjadi Anda akan tahu produk mana yang menjadi tersangkanya. Gunakan produk baru setidaknya 12 minggu hingga 6 bulan untuk melihat apakah produk tersebut benar-benar meningkatkan kesehatan kulit Anda sebelum memutuskan berhenti menggunakannya.

25. Kurangi makan gorengan

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak dan karbohidrat menyebabkan lebih banyak keriput. Untuk menjaga sel-sel Anda tetap segar dan muda, penuhi kebutuhan protein anda dari ikan, unggas daging putih, tahu, dan kacang-kacangan.

26. Konsumsi sayuran

Anda dapat melihat bahan-bahan yang digunakan pada krim anti-aging, dari tanaman apa bahan-bahan tersebut di ekstrak. Jika ada jenis sayuran dalam daftar tanaman tersebut, anda dapat menambahkannya ke dalam menu harian anda. Banyak jenis tanaman memiliki bahan anti radikal bebas dan anti-kanker. Bahan-bahan tersebut dapat sangat berguna untuk melawan bahan berbahaya yang masuk ke dalam tubuh kita dengan berbagai cara.
Baca juga: 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan, Manfaat Pisang Untuk Kecantikan Kulit,

27. Konsumsi brokoli

Bicara tentang vitamin C, kebanyakan orang hanya membayangkan buah jeruk, namun tahukah anda bahwa setengah cangkir brokoli mentah mengandung 65 persen kebutuhan harian vitamin C anda. Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin C tidak hanya membersihkan radikal bebas yang menyebabkan keriput dan kulit kendur, tetapi dapat membantu menghilangkan kerusakan DNA pembentuk kulit. Sementara Anda sedang dalam proses penyembuhan luka, anda dapat melindungi kulit dengan lebih banyak mengkonsumsi makanan sumber vitamin C, hal ini juga akan menghaluskan kulit Anda. Dalam sebuah penelitian, wanita yang dirawat karena kulit rusak akibat sinar matahari dengan krim vitamin C selama enam bulan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hal berkurangnya garis-garis halus dan warna.

28. Hindarkan menyentuh atau memegang wajah terlalu sering

Mencubit wajah, walaupun dengan sangat pelan dapat merusak kulit secara permannen. Setiap kali Anda menekan jerawat, menyebabkan peradangan dan tekanan pada kulit. Pada saat yang sama, bakteri didorong jauh di dalam pori-pori, dan kelenjar minyak akan pecah, menyebabkan lebih banyak trauma pada kulit. Hasilnya? Lebih banyak jerawat, ditambah perubahan warna dan jaringan parut.
Baca juga: Tips Mencegah Bintik dan Kerutan Kulit

29. Gunakan buah berry

Raspberry yang sarat dengan asam ellagic, penelitian menunjukkan  antioksidan ini dapat mencegah keriput bila diterapkan ke kulit. Asam ellagic melindungi jaringan kolagen yang membuat kulit tampak berisidan indah. Tambahkan madu, bahan yang dapat menahan air sehingga kulit tetap dalam keadaan lembab. Hancurkan segenggam raspberry dengan sesendok madu, dan gunakan sebagai masker untuk membersihkan kulit selama 15-20 menit. Bilas dan keringkan.

30. Gunakan tabir surya secara lebih efektif

Antioksidan seperti vitamin C menawarkan lapisan tambahan perlindungan kerusakan kulit dari kondisi lingkungan yang buruk dan racun, mengalihkan mereka sebelum mereka dapat merusak sel-sel Anda. Itu sebabnya menerapkannya sebagai bagian dari rutinitas pagi Anda dapat meningkatkan efektivitas tabir surya Anda. Sangat penting untuk mengetahui bahwa tabir surya adalah bahan kimia yang Anda gunakan pada kulit Anda akan menyerap ke dalam tubuh Anda. Jadi, gunakan tabir surya ringan sehari-hari seperti SPF 15 bersama dengan vitamin C dan tabir surya yang lebih tinggi (sekitar 30) setiap dua jam jika Anda berada di luar ruangan untuk jangka waktu yang panjang.

Baca juga:
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger