logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Mencegah Bintik dan Kerutan Kulit (Wajah)


Seiring pertambahan usia, bertambah pula garis-garis halus dan kerutan diwajah. Tapi apakah garis dan kerutan tersebut tidak terelakkan sama sekali? kulit Anda akan kehilangan sekitar 10% dari sel setiap tahun tetapi ada banyak kebiasaan gaya hidup dan hal-hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bintik dan keriput di kulit. Berikut adalah 15 cara yang bisa melakukan hal itu.

1. Batasi paparan sinar matahari Anda
Mengurangi interaksi kulit dengan sinar matahari yang berlebihan dapat memperlambat penuaan kulit, menjadikan kulit lebih putih dan halus. Apakah ada dasar ilmiah untuk mendukung pengamatan ini? CNN melaporkan terdapat efek dramatis paparan sinar matahari pada kulit trucker. Solusi terbaik adalah untuk menghindari terlalu banyak sinar matahari dan penggunaan tabir surya yang mengandung zinc baik oxide atau titanium dioxide.

2. Lakukan pengobatan di rumah
Jika Anda punya waktu, Anda dapat menggunakanbeberapa bahan alami seperti nanas langsung ke kulit Anda. Biarkan selama sekitar 10 menit dan kemudian bilas hingga bersih. Bahan  lain yang bisa digunakan misalnya tomat, teh hijau, bengkoang dan ketimun

3. Konsumsi vitamin C yang cukup
Anda bisa mendapatkan vitamin C dengan mengonsumsi banyak buah. Kiwi memiliki lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Jambu biji dan stroberi sangat baik, juga. Vitamin C memainkan peran yang sangat penting dalam membantu menjaga kolagen yang merupakan protein yang membentuk jaringan ikat, tidak hanya di kulit tetapi dalam tulang, tendon, dan otot. Jaringan ini mengikat seluruh tubuh bersama-sama.

4. Berhenti merokok
Tahukah Anda bahwa rokok mengandung hampir 4.000 bahan kimia berbeda yang dapat merusak jaringan kolagen penting di kulit Anda? Anda akan mulai kehilangan kulit indah dan halus. Tidak hanya itu, nikotin mempersempit pembuluh darah yang sangat halus tepat di bawah epidermis. Dengan demikian terjadi kekurangan pasokan oksigen ke kulit. Hasilnya adalah penuaan lebih cepat dan lebih keriput.

5. Tidur cukup 7-8 jam perhari
Salah satu penelitian yang dipresentasikan di Society For pertemuan Investigative Dermatology di Edinburgh menunjukkan bahwa mereka yang hanya tidur lima jam perhari memiliki dua kali lebih banyak keriput dibandingkan orang-orang yang tidur tujuh jam atau lebih.

6. Tes kesehatan mata Anda
Mungkin Anda sudah mulai menyipitkan mata saat membaca dan Anda perlu untuk mulai mengenakan kacamata atau lensa kontak. Semua gerakan wajah ini akan membuat lebih banyak keriput sehingga sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan mata Anda.

7. Konsumsi bahan makanan dengan antioksidan tinggi
Antioksidan banyak terdapat dalam makanan sehat, antioksidan berfungsi untuk menjaga sel penghancur radikal bebas agar tetap sehat. Antioksidan bisa kita dapatkan dari blueberry, cranberry, ceri, artichoke, dan apel. Kangkung, bayam, kubis Brussel, dan brokoli adalah sayuran yang terbaik yang mengandung antioksidan. Menurut sebuah studi di Universitas Hallym di Republik Korea, antioksidan terbaik untuk perawatan kulit yang disebut asam ellagic dapat ditemukan dalam cranberry, raspberry, dan buah delima.

8. Kurangi jumlah gula yang Anda makan
Menambahkan gula kedalam berbagai miniman seperti krim untuk kopi dan teh bisa berarti menambah berat tubuh Anda. Hal ini juga dapat menyebabkan kenaikan gula darah Anda yang kemudian dapat menyebabkan diabetes dan segala macam penyakit lainnya. Berkenaan dengan kulit, gula dapat terikat kelagen. Proses ini dikenal sebagai glycation. Hal ini menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kemudian membentuk lebih banyak keriput.

9. Menjaga berat badan ideal Anda
Berat badan ideal adalah dambaan banyak orang, saat berat badan terasa agak berlebihan maka diet dilakukan untuk menguranginya. Namun, akan ada masalah saat Anda mencapai berat ideal kembali, kulit akan kehilangan elastisitasnya dan rentan menjadi kendur.

10. Tidur di bantal dengan bungkus sutra
Banyak situs kecantikan merekomendasikan untuk tidur terlentang guna menghindari kerutan, namun tidak semua orang merasa nyaman terus tidur secara terlentang. Untuk menyiasati ini, cobalah untuk tidur dengan merubah posisi secara teratur sepanjang malam. Jika solusi ini sulit dilakukan, Anda dapat membeli pembungkus bantal dari bahan sutra yang lembut.

11. Makan lebih banyak omega-3 asam lemak
Asam ini sangat bagus untuk mencegah pengeringan sel-sel kulit. Ini sangat ideal untuk mengurangi keriput. Makanan terbaik dengan asam ini adalah ikan salmon, makarel, ikan asin, kenari, dan biji rami.

12. Makan cokelat lebih gelap
Anda mungkin berpikir coklat berhubungan dengan bintik-bintik dan jerawat. Namun sebenarnya dark chocolate mengandung flavanols yang merupakan jenis lain dari antioksidan dan akan membantu mengurangi kerusakan dan kerutan akibat sinar UV matahari. Hal ini ditunjukkan pada konferensi European Dermatology di London.

13. Jangan mencuci muka terlalu sering
Kulit kita mengandung lemak alami yang menjaga kelembabannya, karena itu penting untuk menjaga agar kita tidak terlalu sering mencuci muka menggunakan sabun keras. Minyak alami di kulit kita penting dalam mencegah kulit dari kekeringan yang akan menyebabkan keriput. Carilah pembersih atau sabun dengan beberapa elemen pelembab seperti minyak zaitun, minyak jojoba, atau shea butter.

14. Cari tahu tentang AHA
AHA adalah singkatan dari Alpha-hydroxy Acid (asam laktat dan sitrat) dan asam tersebut sangat penting karena mereka mengupas lapisan atas semua sel-sel mati sehingga kulit menjadi lebih bersih. Lepasnya kulit mati menjadikan kulit selalu tampak baru dan menghindarkan bintik dan kerutan. Beberapa percobaan telah menunjukkan bahwa penggunaan AHA dalam dosis yang lebih tinggi benar-benar dapat merangsang produksi kolagen yang dapat menyebabkan kulit lebih kencang dan halus.

15. Gunakan Idebenone
Satu studi telah menunjukkan bahwa sepupu enzim CoQ10, yang dikenal sebagai Idebenone, dapat membantu dengan mengurangi kekeringan dan membantu  menjadikan kulit lebih halus. Setelah enam minggu penggunaan, penelitian menemukan bahwa terjadi penurunan 30% pada keriput dan garis-garis halus.

Demikianlah tips tentang mencegah bintik dan kerutan kulit ini. Bagaimana dengan Anda? Bagaimana cara Anda mencegah masalah ini pada diri Anda? Mari berbagi tips-tips Anda, silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah ini.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger