logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

8 Cara Meringankan Nyeri Leher dan Punggung


Apakah Anda terlalu lama bekerja di depan laptop? Tidur dalam posisi yang salah?  Terlalu lama bermain tenis ata olah raga lainnya. Pada satu saat, Anda biasanya akan mengalami rasa sakit pada bagian leher, pundak bagian belakang atau punggung. Anda tidak sendiri, banyak orang yang mengalami hal yang serupa. Sebagai informasi untuk Anda dan mudah-mudahan bisa membantu, berikut kami sampaikan cara mananggulangi rasa sakit pada leher atau punggung dengan beberapa cara yang alami sebelum Anda menggunakan penghilang rasa sakit.

1. Kompres air hangat
Ini adalah cara yang paling sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah. Anda dapat menggunakan kain kompres yang dibasahi dengan air panas atau kantong berisi air panas, kemudian tempatkan kain atau kantong tersebut pada tempat yang terasa sakit. Beberapa orang ada yang menggunakan air dingin, cobalah keduanya untuk mengetahui mana yang lebih cocok untuk Anda.

2. Pijat Ringan
Minta seorang teman untuk memijat dengan perlahan bagian otot yang sakit, mulai dari bawah tengkorak hingga ke bagian punggung atau bahu. Pijatan ringan akan membantu Anda merasa rileks. Tapi pastikan pijatan tersebut tidak terlalu keras.

3. Latihan Leher
Putar leher Anda. Tarik nafas sambil memutar kepala kearah belakang dan lepaskan nafas saat dagu Anda mendekat ke dada. Putar kepala dengan perlahan searah jarum jam sebanyak 7-8 kali. Ulangi dengan arah berlawanan arah jarum jam. Lakukan hal ini dengan sangat perlahan. Tujuan Anda adalah untuk rileksasi otot, bukan untuk membuat Anda lebih sakit. Pergerakan yang berkelanjutan akan membantu otot tetap kuat.

4. Regangkan Bahu Anda
Putar bahu Anda ke belakang dan ke depan. Satukan telapak tangan Anda dan kunci, angkat tangan di atas kepala. Lihat lurus ke depan dan namun jangan angkat bahu. Tahan selama satu menit dan turunkan lengan. Tenang, roll bahu Anda sekali lagi dan kemudian ulangi peregangan. Jangan melakukan peregangan, yang berpotensi dapat meningkatkan rasa sakit Anda.

5. Hilangkan Stres Otot
Gesper tinju Anda bersama-sama di belakang Anda. Cobalah menarik bahu Anda bersama-sama dengan mengangkat tangan Anda setinggi mungkin. Tahan selama beberapa detik, rileks, dan kemudian ulangi latihan ini beberapa kali. Ini adalah salah satu hamparan yang sering saya lakukan, kadang-kadang beberapa kali sehari. Sebuah latihan yang sangat sederhana untuk mencoba.

6. Hindari posisi yang Tidak Nyaman dan Aktivitas
Hindari mengemudi, angkat berat, atau duduk dalam posisi yang akan menekankan bahu dan leher lebih berat.  Gerakan yang tidak biasa mungkin lebih banyak mengakibatkan keburukan daripada kebaikan.

7. Konsumsi Makanan yang Dapat Menyembuhkan
Salah satu pilihan makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menyembuhkan rasa sakit di otot-otot Anda adalah coklat gelap (Dark Chocolate). Makanan mengandung flavonol, senyawa yang membantu meningkatkan aliran darah ke otot-otot yang lelah. Blueberry, buah delima, biji labu, jahe dan ceri juga memiliki sifat anti-inflamasi dan, pada gilirannya, menenangkan otot-otot.

8. Istirahat
Berliburlah, pulang ke rumah. Santai. Menonton film favorit Anda dan pergi tidur. Pastikan Anda tidur di bantal yang rendah dan cukup padat untuk menahan kepala Anda pada posisi yang benar, karena hal ini dapat menghindarkan Anda dari rasa sakit yang lebih lanjut.

Jika cara-cara penanggulangan sakit di leher dan punggung diatas tidak berpengaruh, segera hubungi dokter Anda. Rasa sakit bisa disebabkan oleh beberapa masalah mendasar yang serius yang membutuhkan pemeriksaan dan perawatan segera.

Sumber: lifehack.org
Gambar: centerforpain.com
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger