logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Segar Selama Berpuasa: Waktu Tidur

Ramadhan semakin mendekat dan dalam hitungan hari kita akan mulai menjalani bulan penuh berkah. Bulan Ramadhan memang penuh berkah untuk semua orang, tapi berkah itu harus kita raih, bukan nempel sendiri ke kita. Untuk mendapatkan berkah itu kita harus tetap segar setiap hari agar bisa menjalani ibadah-ibadah bonus yang bertebaran di bulannya Al-Quran ini.
Pertanyaannya sekarang, bagaimana kita menjaga kekuatan dan kesegaran tubuh selama bulan puasa nanti? Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan referensi agar tubuh tetap segar selama menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya dalam bulan Ramadhan.

Tidur

Tidur sangat penting untuk menjaga kesegaran tubuh saat berpuasa, namun tidur terlalu banyak bisa berdampak buruk terhadap tubuh kita. Karena itu, tidurlah dengan takaran yang pas pada waktu yang tepat. Silahkan simak beberapa tips tidur selama berpuasa berikut ini.

1. Tidur di awal malam

Tidur di awal malam sangat penting untuk menjaga stamina tubuh. Tips ini sangat mudah diterapkan, asalkan kita tidak tergoda dengan kesibukan lain yang mengajak untuk menunda tidur. Kenapa tidur di awal malam penting? Ini agar anda bisa bangun awal untuk sahur dan mendapatkan tidur yang cukup. Tidurlah paling lambat jam 9 malam. Untuk mendapatkan kesempatan ibadah yang lebih banyak, coba untuk mengurangi waktu tidur. Mungkin anda bisa mencoba untuk tidur selama 5 jam saja setiap malam, tidur jam 9 bangun jam 2 pagi. Dengan tidur awal malam, kita bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas yang lebih baik daripada tidur lebih lama namun tidak nyenyak.

2. Bangun awal dan tidak tidur setelah subuh

Kalau sudah tidur awal -idealnya jam 3 pagi- in sya Allah bangun awal tidak akan sulit dan waktu tidur akan tercukupi. Tapi bangun tidur awal bukan yang terberat, bagian terberatnya adalah tetap terjaga hingga matahari terbit. Suasana pagi setelah subuh menjelang maghrib biasanya sangat menggoda untuk tidur lagi, tapi jika subuh hingga pagi kita tetap terjaga, in sya Allah kita bisa tetap segar sepanjang hari.
Baca juga: Tips Mudah Bangun Pagi Setiap Hari

3. Jangan tidur di pagi hari

Setelah matahari terbit hingga tergelincir matahari waktu zuhur juga waktu yang buruk untuk tidur. Pertama karena memang sudah menjadi sunah Rasulullah untuk tidak tidak tidur pagi, yang kedua, tidur pagi membuat tubuh lemas dan tenggorokan terasa kering memicu rasa haus. Pagi hari adalah waktu produktif bagi tubuh dan pikiran kita untuk melakukan berbagai tugas, jangan terlena dengan sugesti bahwa puasa membuat tubuh menjadi lemah.
Baca juga: Waktu Paling Tepat untuk Mengerjakan Tugas

4. Tidur siang

Waktu tidur ideal manusia umumnya adalah tujuh jam. Jika tidur malam sudah dijalani selama enam jam, maka tambahkan dengan tidur siang maksimal satu jam, jika lebih dari itu biasanya tubuh akan menjadi lemas. Jika anda bisa tidur siang dengan nyenyak selama 15 menit, itu sudah cukup. Lepas dari tidur siang ini, lakukan kegiatan-kegiatan yang ringan dan tidak menguras keringat. Jangan tidur lagi, apalagi waktu ashar.
Baca juga: Manfaat dan Tips Tidur Siang
Itulah beberapa tips segar selama berpuasa yang berhubungan dengan tidur. Selanjutnya, mari kita bahas tentang tips segar selama berpuasa yang berhubungan dengan makan dan minum, silahkan klik disini.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

1 comments:

terimakasih banyak, sangat membantu sekali....

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger