logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Mudah Bangun Pagi Setiap Hari

"Bangun awal agar rezeki tidak di patok ayam!", itulah kata orang-orang tua agar anak-anaknya bangun awal. Kenyataannya memang rezeki tidak akan sampai kepada kita kalau kita tidak segera mengambilnya. Bukan karena dipatok ayam, tapi meluncur ke tempat lain. Tidak hanya soal rezeki, semangat kita sepanjang hari sangat dipengaruhi oleh bagaimana kita mengawali hari, apakah dengan malas-malasan atau dengan penuh semangat.

Pilihan ada ditangan anda, jika ingin meraih rezeki dan bersemangat sepanjang hari, bangunlah pagi-pagi. Apakah anda merasa sulit sekali untuk bangun pagi? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anta terapkan untuk bisa bangun pagi.

1. Buat tujuan atau rencana kegiatan hari anda

Buat rencana aktifitas anda untuk keesokan hari, buat daftarnya, tempelkan di tempat yang mudah terlihat saat anda bangun besok. Mengetahui rencana-rencana tersebut akan membuat anda sadar bahwa anda tidak waktu untuk berlama-lama atau bermalas-malasan di kasur. Tanpa rencana, anda mungkin akan berpikir bahwa tidak ada yang perlu dilakukan hari itu.
Baca juga: Tips Cara Membuat Jadwal Harian

2. Tidur Awal Malam

Sulit sekali bangun awal jika anda tidak tidur awal, memang ada orang bisa melakukan hal itu, tapi hanya sedikit sekali. Usahakan untuk tidur di awal malam, sehingga bangun di awal hari tidak akan mengurangi waktu tidur yang diperlukan tubuh. Anda bisa tidur pada pukul 8 atau 9. Selambat-lambatnya pukul 10. Hindari membuka internet, e-mail atau socmed saat akan tidur, mereka akan menjadi jebakan yang sangat efektif untuk menjauhkan anda dari tempat tidur.

3. Tinggalkan tempat tidur

Penyebab utama bangun kesiangan seringkali bukan karena tidak sadar hari sudah siang, tapi karena enggan untuk meninggalkan kasur. Mata anda telah terbuka tapi kasur begitu nyaman rasanya, maka anda menunda untuk bangun. Hentikan kebiasaan itu, saat anda sadar, duduklah sebentar, kemudian segera kemaskan tempat tidur anda hingga rapi. Tempat tidur yang sudah rapi bisa membuat anda enggan untuk berbaring lagi.
Pikiran anda akan bangun, beralih dari gelombang theta yang muncul antara kondisi tidur lelap dan sepenuhnya sadar. Kemudian lakukan sesuatu yang disarankan untuk tidak dilakukan saat anda akan tidur, mengecek e-mail atau membuka situs social-media anda. Aktifitas ini akan merangsang pemancaran gelombang beta yang menandakan anda telah bangun atau sadar sepenuhnya.

4. Temukan hal menarik di pagi hari

Sebenarya ada banyak hal menari yang dapat dilihat atau dilakukan di pagi hari. Jika anda senang dengan burung atau kehidupan liar, maka tetapkan agenda anda setiap pagi adalah untuk melihat burung-burung di sekitar rumah anda. Jika anda punya halaman rumah yang luas, berkebunlah, atau rawat taman anda setiap pagi, paling tidak berkeliling melihat-lihat kebun, barangkali ada daun yang mengotori halaman. Jadikan kegiatan-kegiatan yang menari tersebut sebagai kebiasaan anda setiap pagi.
Baca juga: 9 Alasan Kenapa Berkebun Menyehatkan Tubuh dan Pikiran

5. Siapkan sarapan pagi dengan makanan favorit anda

Memberikan hadiah kepada diri sendiri berupa sarapan favorit karena berhasil bangun pagi dapat merangsang otak untuk mengluarkan hormon dopamin.
Dopamin dapat memberikan kita motivasi untuk beraksi dan mengklaim apa yang akan kita dapatkan. Jika otak mengetahui bahwa anda akan memakan sesuatu yang enak saat bangun pagi, otak akan melepaskan dopamin yang akan meningkatkan motivasi anda untuk bangun pagi.

Setelah anda melakukan semua itu, segeralah bersihkan tubuh anda. Mandi, sikat gigi, bercukur, dan lain sebagainya. Mandi sangat menyegarkan dan akan memastikan bahwa tubuh dan pikiran anda siap untuk semua kegiatan yang sudah anda rencanakan semalam. Lakukan tugas-tugas penting anda pada awal hari tersebut, otak dan tubuh memiliki energi dan motivasi paling tinggi pada dua jam pertama setelah anda bangun (baca juga: Waktu Paling Tepat untuk Mengerjakan Tugas).  Jangan sia-siakan waktu tersebut. Raih kebaikan hari anda.
Baca juga:
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger