logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Kreatif Menangani Galau, Sedih dan Gelisah

Credit: Abdul Majid
Zaman sekarang sepertinya semakin banyak orang yang semakin mudah galau, sedih dan gelisah. Buktinya, semakin banyak orang yang dengan mudah mengatakan... "Sakitnya tuh di sini! (tunjuk dada)" Mungkin kata-kata tersebut sudah tidak ngetren lagi, sudah berganti dengan kata lain, misalnya... "Aku mah apa atuh!"... Tapi sepertinya galau, sedih dan gelisahnya tetap ngetren. Disini kami ada beberapa tips untuk menangani galau sedih dan gelisah anda. Tips ini adalah ringkasan dari buku How to Be Happy (or at Least Less Sad): A Creative Workbook karya Lee Crutchley's dengan beberapa penyesuaian yang kami anggap perlu. Untuk mempersingkat waktu, silahkan diambil manfaatnya.

Tulis Puisi

Buatlah puisi-puisi lucu tentang apa yang membuat kamu sekalian gelisah. Jika sedang patah hati, buatlah puisi tentang hati yang sedang patah tersebut. Jika sedang gelisah dengan ujian, buat puisi tentang ujian tersebut, kalau bisa materi ujianya yang dijadikan puisi.

Mewarnai

Belilah crayon atau spidol warna dan buku mewarnai anak-anak, warnai gambar-gambar dalam buku tersebut. Kerjakan setidaknya selama 10 menit. Tidak perlu malu, kalau malu, kerjakan saja di kamar.
Baca juga: Tips Membangun Kepercayaan Diri

Menggambar dan melukis

Bayangkan, jika kesedihan itu punya bentuk, gambarkan itu dalam sebuah kertas. Jangan khawatir kalau kamu tidak bisa menggambar. Gambar saja, lukiskan saja, toh tidak akan mempengaruhi nilai raport atau IPK. Kamu bisa menggunakan crayon yang dibeli tadi.

Doodling 

Doodle (Kredit: Delyanet Karmoni)
Terkadang saat kita sedang marah, atau galau sedih dan gelisah, kita mencoret-coret kertas dengan ballpoint atau pensil dan menghasilkan garis-garis tanpa bentuk. Daripada menghabiskna kertas dan isi ballpoint, lebih baik buat gambar-gambar menarik seperti doodle.

Menari

Dengarkan musik-musik yang anda senangi, lalu menarilah, ikuti iramanya. Jika bisa, buatlah gerakan yang indah, siapa tahu anda berbakat menjadi penari.

Membuat kolase

Buatlah kolase berbagai hal yang bisa membuat anda tersenyum. Gunakan bahan apa saja yang bisa kamu temukan di sekitar. Kalau bisa gunakan barang bekas atau barang yang sudah tidak terpakai, jadi sedih, galau dan gelisahnya bisa ditangani secara ramah lingkungan juga.

Keluar rumah dengan kamera

Mengungkung diri dalam rumah bisa membuat perasaan melo semakin menjadi-jadi. Bawa kamera atau smartphone anda dan keluarlah dari rumah. Ambil gambar berbagai subjek yang terlihat menarik, yang tidak menarik juga boleh, barangkali anda bisa membuatnya menjadi subjek yang menarik. Ambil gambar bunga, daun, buah, pemandangan jalan depan rumah, pohon-pohon besar di tepi jalan, orang-orang yang lewat, tukang bakso, tukang lumpia, tukang becak, dan tukang-tukang lainnya.
Baca juga: 9 Alasan Kenapa Berkebun Dapat Menyehatkan Tubuh dan Pikiran

Mengunjungi museum dan atau galeri seni

Pergi ke museum, galeri seni, atau tempat lainnya dimana terdapat benda-benda artistik yang menarik. Melihat benda-benda seni dapat memperbaiki mood kita, dan meningkatkan sense kita pada keindahan. Jangan lupa bawa kameranya.

Menulis dan atau blogging

Ini adalah cara kreatif yang bisa bermanfaat bukan hanya untuk anda, tapi bisa juga untuk orang lain. Ceritakan masalah anda dengan cara yang baik dengan tulisan, atau tuliskan masalah itu dalam bentuk cerita atau cerpen, kirimkan tulisan tersebut ke media massa, siapa tahu bisa diterbitkan. Atau terbitkan di blog, barangkali anda bisa menghibur orang lain, dan tentunya bisa menghibur diri sendiri. Mungkin foto-foto yang anda ambil di sekitar rumah anda seperti point diatas bisa and masukkan juga ke blog anda.
Baca juga:

Buat daftar

Tulislah daftar berbagai hal yang yang membuat anda galau, sedih dan gelisah. Simpan baik-baik daftar tersebut, buatlah beberapa alternatif yang berbeda untuk setiap point sumber kegelisahan. Terapkan alternatif solusi tersebut, setelah itu berhasil atau tidak catat hasilnya. Jika berhasil, catatan tersebut bisa menjadi pengingat saat anda berhadapan dengan masalah yang sama di masa depan, sehingga anda bisa lebih cepat menangani kegalauan, kesedihan, kegalauan, dan berbagai perasaan negatif lainnya.

Yang terakhir, jika cara-cara diatas tidak ada yang berhasil, berdoalah kepada-Nya agar diberi ketenangan hati dan jiwa. Kalau berhasil, bersyukurlah kepadanya karena masih diberik kenikmatan hati dan jiwa yang tenang.

Itulah sedikit tips dari kami, semoga bisa bermanfaat. Kegalauan, kesedihan dan kegelisahan yang berlarut-larut hanya akan merugikan kita. Jangan biarkan waktu kita terbuang untuk sesuatu yang tidak berguna.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

13 comments

Blogging tuh obat galau nomor satu kayaknya, hihiiii
Trus BW, trus sambil nyemil, cucok dehhh

Balas

Aaak... keren2 niiih tipsnya maaak... ;)

Balas

duhh penting banget neh tipsnya mak heheh

Balas

makasih tipsnyaa.. lihat foto dan menulis di blog cucok juga mengatasi penyakit2 semacamnya.. ^_^

Balas

Melepas galau ala blogger banget, tuh, mbak... :D

Balas

Mudah-mudahan bermanfaat ya, maaak.. ^_^

Balas

Syukak galau syantik juga ya mak? hihihi.. *tos*

Balas

Yup! Bikin sehat dan kreatif, insya Allah.. ^_^

Balas

kalau galau ya nulis atau nonton film, udah gitu aja. Sesederhana itu XD

Balas

kayaknya paling sering dilakukan blogging atau nulis, kalo yang lain belum pernah nyoba...hihi

Balas

Pengen bisa dodling eikeh maakkkk..

Balas

Tipsnya yahuuuud! Tapi, aku gak bisa doodling sama nulis puisi, Mas. Ya sudah, ngeblog saja ya....

Balas

kalau saya lebih senang membaca buku untuk mengusir galau :)

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger