logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Membangun Kepercayaan Diri

Tips Membangun Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri adalah perjalanan personal. Kita semua akan berjalan di jalan kecil yang berbeda namun pada hakikatnya menuju arah yang sama secara bersama-sama. Tidak ada jalan yang benar atau salah dalam menemukan kepercayaan diri karena benar atau salah hanyalah penilaian subjektif. Setiap orang memiliki garis masing-masing. Tips berikut ini adalah tips secara umum yang dapat membantu Anda memulai perjalanan tersebut.

1. Ingatlah bahwa kepercayaan diri itu seperti ototnya mental. Seperti otot, semua orang terlahir dengannya namun tidak semua orang melatihnya. Maka jika Anda ingin memiliki otot yang kuat, Anda harus berlatih. Jadi berikut ini adalah tips melatih kepercayaan diri yang dapat Anda lakukan.

- Berpikir positif, terutama saat Anda merasa sedih atau terpuruk. Ambil napas dalam-dalam, dan ingatkan diri Anda sendiri bahwa kehidupan terlalu singkat sehingga Anda harus menjadikan kehidupan Anda berharga.

- Dengarkan musik yang positif dan dapat membangun mood Anda dengan baik. Suara dan bunyi yang menyenangkan terbukti dapat membantu pertumbuhan tanaman.

- Lakukan secukupnya. Anda ingin memiliki kebiasaan yang sehat dalam memelihara otot mental namun Anda juga tidak perlu melakukannya secara berlebihan. Semua hal sebaiknya dalam keadaan moderat atau sedang-sedang saja. Keseimbangan adalah kuncinya. Sangat penting untuk mengingatkan kepada diri sendiri betapa menarik dan mempesonanya Anda, namun Anda juga memerlukan ruang untuk berkembang. Semua orang memiliki peluang untuk berubah menjadi lebih baik.

2. Temukan kualitas diri. Daripada memikirkan kekurangan yang membuat Anda kesulitan menerima diri sendiri, berfokuslah pada kelebihan Anda. Kelebihan diri tidak selalu dilihat dari segi fisik. Mungkin Anda sangat mengagumkan dalam balapan, pianis yang brilian, pelukis yang hebat, penyanyi bersuara indah, atau bagus dalam pelajaran eksak di sekolah. Tidak ada seorangpun yang sempurna dalam semua hal. Kita semua tercipta secara sempurna untuk menjadi tidak sempurna. Perfectly imperfect. Seperti batu kristal yang potongannya tidak sempurna layaknya batu berlian, namun batu kristal tersebut tetap indah dengan cara yang unik. Tidak akan ada kristal yang serupa dengan kristal tersebut, seperti pula Anda yang memiliki banyak sisi indah. Anda akan menyadarinya seiring waktu berlalu.

Jika Anda merasa tidak memiliki kualitas apapun, tanyakan pertanyaan sederhana ini kepada diri sendiri, "Apa hal yang pernah saya lakukan dengan sangat baik?" atau "Apa bidang yang paling saya kuasai?". Semua orang pasti memiliki satu hal yang sangat dikuasai. Dan jika Anda tidak mengetahui bidang apa yang Anda kuasai, ambil kesempatan untuk mencari tahu. Daftarkan diri Anda ke kursus memasak atau melukis, belajar menyanyi, atau lakukan berbagai jenis olahraga. Belajarlah dengan "passion" dan peliharalah "passion" tersebut karena ini membantu Anda menghargai diri sendiri. Passion membantu Anda melakukan sesuatu dan memperjuangkannya.

3. Miliki teman yang mendukung
Perjalanan menemukan kepercayaan diri tidak Anda lakukan sendiri. Anda tidak akan kesepian. Seperti yang disebutkan sebelumnya, semua orang sebenarnya sedang melakukan perjalanan yang sama. Temukan seseorang yang dapat dipercaya untuk berbagi sesuatu yang membuat Anda merasa tidak aman. Ini akan membuat Anda merasa lebih baik dan menumbuhkan rasa bangga.

Jika Anda tidak menemukan seorangpun untuk berbagi di sekitar Anda, berselancarlah di dunia online. Inilah salah satu keindahan dari kehidupan digital, Anda dapat menemukan forum atau komunitas yang mendukung minat dan bakat Anda. Bergabung dan jadilah diri sendiri, bagilah pikiran dan perasaan Anda tanpa merasa akan dihakimi. Bagian terbaiknya, Anda akan diingat sebagai anonim. Ini akan sulit, terutama dengan banyaknya web dan aplikasi. Sangat mudah menemukan gambar atau video yang membuat Anda merasa tidak nyaman dengan diri Anda, namun Anda harus berhenti terobsesi pada ketidakmampuan dan mulai berfokus pada kemampuan Anda, pada apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan diri. Setiap orang akan melakukan hal yang berbeda tentang ini, dengan berolahraga, kembali bersekolah, mewarnai rambut, dan sebagainya.

Jauhi teman-teman yang negatif. Sejauh tidak menyakiti perasaan orang-orang yang Anda sayangi secara fisik dan mental, ini tidak ada salahnya karena Anda berjalan menuju kebahagiaan.

4. Bagilah pengalaman Anda dengan sukacita. Mengajar, menjadi mentor dan memperhatikan orang lain merupakan anugerah terbesar yang dapat Anda berikan kepada orang lain dan diri sendiri. Bukan hanya orang lain yang merasa lebih baik melainkan Anda juga akan merasakannya. "Mencintai orang lain akan menginspirasimu mencintai dirimu sendiri".

Anda tahu? Perjalanan menemukan kepercayaan diri tidak akan pernah mudah. Akan ada waktu ketika Anda merasa akan menyerah, tersesat dan tidak mampu melanjutkan lebih lanjut. Anda harus mengingatkan diri sendiri bahwa jika Anda benar-benar ingin memiliki kepercayaan diri, Anda harus tetap positif. Itu adalah kuncinya.

"Be like a proton and stay positif"
"Jadilah seperti proton dan tetaplah positif"

Pikiran yang positif akan membuka lebih banyak pintu. Jangan membatasi diri pada satu alur. Ambil kesempatan sebanyak yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda. Dan ketika Anda telah menemukan kepercayaan diri Anda, nikmatilah. Saat Anda merasa terpuruk, bawalah kembali perasaan tersebut ke dalam pikiran Anda. Ingatkan pada diri sendiri bahwa perasaan adalah perilaku yang Anda miliki dan dapat Anda kontrol.

Anda adalah orang yang tidak sempurna dengan cara yang sempurna. Dan pada akhirnya, itulah yang membuat Anda spesial.

Semoga sukses! :)

(Oleh Michelle Phan, diterjemahkan oleh Delyanet)
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger