logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Membuat Slide Presentasi Powerpoint Kreatif dan Efektif

Baik dalam dunia kerja maupun dunia perkuliahan, kemampuan presentasi menjadi salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki. Belajar untuk menguasai teknik presentasi yang baik selama menjadi mahasiswa akan sangat bermanfaat saat memasuki dunia kerja. Apalagi jika anda bekerja di sebuah perusahaan jasa yang berhubungan langsung dengan klien. Selain pemahaman materi presentasi yang baik, faktor penentu berhasilnya sebuah presentasi adalah slide powerpoint yang dibuat efektif dan efisien, sesuai sebutannya -PowerPoint. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk membuat slide presentasi powerpoint yang efektif dan kreatif.

Gunakan template yang tersedia dari program power point

Menggunakan template bawaan tersebut akan membantu anda untuk membuat slide dengan desain yang konsisten. Anda juga bisa membuat sendiri template yang ingin digunakan, namun usahakan untuk konsisten dengan penampakan slide seperti warna maupun fitur-fitur lain dalam slide.

Sederhanakan dan batas jumlah kata pada setiap halaman 

  • Gunakan hanya kata kunci, jangan terlalu banyak kata
  • maksimal 6 kata dalam satu baris
  • maksimal 6 bari dalam satu halaman
  • hindari kalimat panjang
  • huruf yang lebih besar menunjukkan informasi yang lebih penting
  • gunakan huruf dengan ukuran antara 18 hingga 48 point
  • kurangi penggunaan tanda baca dan hindari membuat kata dengan semuanya huruf besar, ruang yang kosong akan meningkatkan keterbacaan slide anda.

Gunakan kontras yang tinggi antara huruf dengan background

Huruf  gelap dengan latar belakang yang terang adalah pilihan yang terbaik. Latar belakang yang gelap dengan huruf terang terkadang membuat gambar atau huruf menjadi tidak jelas, serta kurang nyaman di mata. Sedangkan latar belakang berpola dapat mengurangi keterbacaan.

Hindari penggunaan transisi slide atau huruf yang terlalu mencolok

Misalnya text fly-ins, fitur ini mungkin terlihat menarik pada awalnya, namun akan tampak mengganggu dan cepat membosankan pada waktu selanjutnya.

Hindari membuat efek dan animasi yang terlalu banyak

Efek dan animasi yang terlalu banyak bisa mengganggu dan membuat slide tampak kurang serius.

Batasi jumlah slide

Usahakan untuk membuat slide presentasi dengan jumlah seminimal mungkin dengan isi seinformatif mungkin. Waktu yang terbatas untuk presentasi seringkali membuat presenter melompat halaman slidenya, hal ini bisa membuat anda kehilangan perhatian audiens.

Berlatih navigasi slide

Berlatihlah untuk menavigasikan slide anda dalam cara yang tidak linear, powerpoint memungkinkan anda untuk beralih dari satu slide ke slide lain tanpa harus berurutan.

Uji coba slide presentasi anda

Jika memungkinkan, uji coba slide presentasi anda pada layar yang akan anda gunakan saat presentasi yang sebenarnya untuk melihat keterbacaannya dari segi warna maupun jarak audiens.
Siapkan B Plan, terkadang ada masalah teknis yang tidak bisa kita hindari saat akan presentasi menggunakan slide yang kita buat, misalnya lampu mati. Untuk menghadapi masalah ini, anda bisa membuat print out dari slide tersebut.
Baca juga: Cara Mudah Meningkatkan Semangat dan Kepercayaan Diri
Itulah sedikit tips untuk membuat slide presentasi yang kreatif dan efektif untuk mendukung presentasi anda di depan kelas kuliah maupun di depan klien anda. Semoga tips ini bermafaat.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger