logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Cara Mengundang Kupu-kupu ke Taman Rumah

Mungkin anda punya taman rumah yang begitu indah, namun anda tetap merasa ada yang kurang dengan taman rumah tersebut. Seperti ada yang kurang, mungkin terasa sepi. Bisa jadi perasaan itu muncul karena tidak ada gerakan hewan-hewan liar di dalamnya, salah satunya mungkin adalah kupu-kupu. Melihat tingkah polah kupu-kupu yang hinggap dari satu bunga ke bunga yang lain dapat menghadirkan perasaan senang dan bahagia jika anda memang senang dengan kehidupan liar.

Sayangnya, tidak semua taman yang indah dapat mengundang kupu-kupun untuk datang dan bermain di taman rumah anda. Namun, anda bisa  mengundang mereka untuk datang. Tentu hal ini harus dilakukan dengan cara yang benar, jika anda tertarik untuk mengundang kupu-kupu ke halaman rumah  anda, sedikit penjelasan berikut bisa anda terapkan sendiri.
  • Tanam tanaman berbunga lokal - Hewan pada suatu daerah umumnya sudah sangat teradaptasi dengan lingkungannya, termasuk jenis tanaman yang menjadi rekan hidupnya. Karena itu, tanamlah tanaman lokal untuk mengundang kupu-kupu lokal ke halaman rumah anda.
  • Perhatikan tipe tanaman dan warnanya - Kupu-kupu dewasa umumnya tertarik pada warna merah, kuning, orange, pink, dan ungu dengan bentuk bunga datar diatas, atau bunga berkelompok, dan memiliki tabung bunga yang pendek.
  • Tanam tanaman sumber nektar ditempat yang terkena sinar matahari - Kupu-kupu dewasa umumnya lebih senang untuk menghisap nektar dari bunga yang mendapatkan sinar matahari penuh sepanjang hari, karena itu pastikan tanaman sumber nektar tersebut tidak berada di tempat teduh.
  • Tanam tanaman yang berbunga sepanjang tahun - Kupun-kupu membutuhkan nektar sepanjang hidupnya, karena itu tanamlah tanaman yang berbunga sepanjang tahun tanpa terikat dengan musim.
  • Jangan gunakan insektisida - Insektisida jelas sangat buruk untuk kupu-kupu yang termasuk jenis serangga. Jangan gunakan insektisida di taman rumah anda jika ingin kupu-kupu tetap datang.
  • Tanam tanaman yang menjadi makanan ulat kupu-kupu - Tanpa ulat, kupu-kupu dewasa tidak akan ada. Mungkin anda bisa berharap kupu-kupu dari hutan atau kebun dekat rumah anda datang untuk menikmati nektar di taman rumah anda, tapi akan lebih efektif kalau kupu-kupu tersebut lahir di taman rumah anda sendiri. Karena itu tanamlah jenis tanaman yang menjadi makanan ulat kupu-kupu.
  • Sediakan tempat beristirahat untuk kupu-kupu - Kupu-kupu membutuhkan sinar matahari untuk orientasi dan menghangatkan sayap mereka untuk terbang. Tempatkan batu alam yang datar bagian atasnya sebagai tempat istirahat kupu-kupu. Usahakan tempat tersebut aman dari hewan yang berpotensi memangsa kupu-kupu seperti kadal atau kucing.
  • Pasir basah dan lumpur - Kupu-kupu sering berkumpul di atas pasir yang basah atau lumpur, dari tempat semacam itu mereka akan minum air atau menghisap mineral yang mereka butuhkan. Anda dapat mengundang kupu-kupu untuk singgah dengan menempatkan pasir atau lumpur di tepian kolam di taman rumah anda.
Baca juga:
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments

tips yang bermanfaat,adanya kupu-kupu di taman akan menambah keindahan tersendiri ya :)

Balas

tambah alami mbak, in sya Allah senang juga ngeliat halaman rumah yang penuh dengan bunga dan mengundang kupu2... :)

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger