logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips mencegah serangga berbahaya masuk rumah

Tips mencegah serangga berbahaya masuk rumah


Terdapat ribuan spesies serangga di muka bumi, sebagian berperan dalam penyediaan makanan bagi manusia dan sebagian lain menjadi vektor penyakit yang relatif berbahaya. Tapi perlu diingat, semuanya bermanfaat. Yang berbahaya juga bermanfaat, hanya kita belum tau atau belum paham dengan manfaatnya.

Bicara tentang serangga vektor penyakit, banyak sekali contohnya yang sering kita temui sehari-hari, contohnya kecoa, nyamuk, lalat dan sebagainya. Kita tentu tidak ingin rumah kita menjadi tempat nongkrongnya serangga-serangga tersebut. Untuk itu, kami coba tuliskan beberapa tips untuk mencegah atau menanggulangi kehadiran serangga-serangga berbahaya di rumah kita. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tutup jendela, dan ventilasi dengan kain atau kawat kasa

Jendela dan ventilasi sangat penting untuk sirkulasi udara dalam rumah, namun kedua celah dirumah ini adalah jalan masuk utama bagi serangga. Menutup kedua jalan masuk serangga ini adalah langkah yang sangat sederhana, murah, mudah, dan tentu saja sangat efektif. Caranya cukup membeli kain kasa, potong sesuai ukuran jendela atau ventilasi yang akan ditutup, kemudian tempelkan kawat atau kain kasa tersebut pada ventilasi yang dimaksud. Anda bisa membuat lubang kecil dekat slot kunci jendela untuk menguncinya pada malam hari. Cara ini efektif untuk menghalangi semua jenis serangga yang berukuran lebih besar dari lubang pada kasa, sehingga kita juga bisa menghindari laron yang biasanya muncul dalam jumlah besar menjelang musim hujan
catatan: rumah Anda harus bebas dari lubang-lubang yang memungkinkan serangga untuk masuk.

2. Rapikan tempat penyimpanan pakaian

Pakaian dapat menjadi tempat yang disenangi oleh nyamuk, tidak hanya pakaian kotor, nyamuk juga punya minat untuk nongkrong di pakaian bersih. Untuk mencegah kelakuan nyamuk ini, tutup semua tempat penyimpanan pakaian. Simpan pakaian bersih dalam lemari yang bersih, dan tempatkan pakaian kotor dalam wadah yang bisa ditutup.

3. Jaga kebersihan tempat sampah

Sampah yang menumpuk dan berbau adalah atraktan paling efektif untuk menarik perhatian lalat. Sampah makanan yang sempat bermalam di dalam rumah dapat mendatangkan lalat pada keesokan harinya, karena itu pastikan untuk selalu membuang, atau paling tidak mengeluarkan sampah yang berbau (organik) dari dalam rumah setiap hari.

4. Simpan bahan makanan berbau tajam dalam wadah yang tertutup rapat

Bahan makanan yang berbau tajam dapat menarik perhatian tidak hanya lalat, tetapi juga kecoa. Banyak pilihan wadah yang bisa digunakan untuk menyimpan makanan yang berbau tajam.

5. Hindarkan menumpuk barang secara sembarangan

Tumpukan barang yang sembarangan dan tidak bersih dapat menjadi sarang yang sangat nyaman bagi nyamuk dan kecoa. Jika terpaksa untuk menumpuk barang, usahakan untuk menyusunnya dengan rapi. Selain menghindarkannya menjadi sarang serangga, juga enak untuk dipandang.

6. Gunakan pembasmi serangga yang relatif aman

Menggunakan pembasmi serangga yang dijual di pasaran adalah sebuah pilihan yang tidak baik. Bagaimanapun iklannya, racun serangga tetap pestisida yang berbahaya, tidak hanya bagi serangga, tapi juga bagi kita sebagai penggunanya. Karena itu sebisa mungkin hindarkan penggunaannya. Satu tips sederhana untuk kecoa yang ukuran relatif besar dibandingkan serangga berbahaya lain, Anda dapat menggunakan campuran air dan sabun cuci atau sabun mandi. Siramkan langsung campuran tersebut ke kecoa, dalam waktu singkat kecoa akan mati. Jika tidak mungkin untuk menyiramnya di dalam rumah, arahkan serangga tersebut ke luar atau ke kamar mandi atau toilet.

Demikianlah tips mencegah serangga berbahaya masuk rumah ini  ini, semoga bermanfaat dan dapat di aplikasikan.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger