logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Membeli atau Memilih Mouse Komputer


Meskipun sudah banyak beredar komputer pintar seperti smartphone dan tablet, namun sebagian besar orang tetap tidak bisa berpisah dari komputer desktop atau laptop. Untuk orang-orang tersebut, keyboard dan mouse adalah perlengkapan yang sangat penting. Artikel ini akan menyoroti tentang mouse, lebih spesifik,  tentang tips membeli mouse atau beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat membeli mouse komputer. Berikut adalah tips-tipsnya.

Tipe Mouse
Mouse memang device dengan konsep yang sangat sederhana, namun seiring waktu device ini telah berkembang beberapa kategori yang dibuat dengan tujuan-tujuan berbeda. Tipe yang paling umum dari mouse adalah mouse desktop, didesain untuk digunakan dengan desktop atau laptop pc diatas meja. Selain dari tipe biasa yang memiliki tombol klik kiri dan kanan, ada juga mouse yang memiliki roda scroll yang sekaligus berfungsi sebagai tombol navigasi naik turun browser.

Mouse Untuk Travelling
Mouse jenis ini sebenarnya sama dengan mouse kebanyakan, hanya saja dibuat dengan ukuran yang lebih kecil. Desain mouse yang lebih kecil membuat kita lebih mudah untuk membawanya karena lebih ringan dan sedikit memakan tempat. Namun, karena ukurannya yang kecil, menggunakan mouse ini akan membuat tangan anda merasa tidak nyaman. Mouse jenis ini biasaya juga memiliki gulungan kabel, sehingga lebih ringkas, namun berdasarkan pengalaman kami, kabel pada gulungannya putus didalam sehingga mouse tidak bisa digunakan. Sebaiknya hindari membeli mouse bergulungan kabel.

Mouse Gamming
Mouse gammming menggunakan konsep dasar mouse namun dengan penerapan fungsi yang lebih ekstrim, tergantung pada jenis game yang anda mainkan. Fitur umum yang dimiliki mouse jenis ini adalah kombinasi dari  high-performance parts, sensor laser, tombol klik yang ringan, dan konektor USB berlapis emas, dan kustomisasi seperti penyesuaian berat, programmable macro commands, dan on-the-fly DPI switching. Untuk pengguna non-gammer, fitur-fitur tersebut mungkin terasa berlebihan, namun bagi seroang gammer sejati, fitur-fitur tersebut menawarkan keunggulan yang komptetitif.

Desain yang Ergonomis
Desain mouse yang ergonomis dapat menghindarkan atau mengurangi stress yang dialami telapak tangan karena karena posisi atau gerakan yang berulang-ulang dalam jangka waktu lama.

Pilihan Konektifitas 
Pilihan konektifitas mouse yang paling umum pada saat ini adalah koneksi kabel USB. Umumnya mouse komputer adalah device dengan sistem plug-and-play, tanpa perlu menginstal software, yang berarti anda hanya perlu menyambungkan kabel usb ke port-nya. Tenaga untuk menghidupkan mouse usb berasal dari komputer, sehingga anda tidak perlu menggunakan beterai. Mouse dengan koneksi kabel juga lebih cocok untuk gamming, karena mouse wired bebas dari lag dan interference yang biasanya dialami mouse wireless.

Jika anda lebih senang jika meja kerja anda lebih rapi dan bebas dari kabel-kabel, anda dapat memilih mouse wireless. Mouse wireless saat ini umumnya menggunakan sinyal Bluetooth. Koneksi Bluetooth lebih mudah untuk dikelola dan ideal untuk digunakan dengan laptop maupun tablet PC. Dalam kondisi biasa, koneksi Bluetooth dapat mencapai jarah sekitar 30 meter.
Permasalahan dalam penggunaan mouse wireless adalah sinyal yang seringkali terganggu dan penggunaan baterai yang membuat aktifitas anda di depan komputer menjadi mahal. Jenis mouse ini juga relatif lebih mahal dan lebih sensitif, karena itu jika anda  membeli mouse jenis ini, belilah mouse dengan merek yang terpercaya.

Demikianlah tips membeli mouse komputer yang tepat ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Bagaimana pendapat anda? Adakah pengalaman berkesan atau buruk ketika membeli mouse?

Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger