logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara mudah mengobati kaki biku/cantengan

Tips Kesehatan - Cara mudah mengobati kaki biku/cantengan

Bau kaki, adalah salah satu bau yang dapat menurunkan rasa percaya diri kita di depan rekan atau teman-teman kita. Dari mana asal bau kaki ini? Penyebab utama bau kaki adalah adanya kotoran di bawah kuku kaki (terutama jempol) yang menjadi tempat berkembangnya bakteri yang biasanya di sebut Biku atau Cantengan. Bakteri inilah yang memproduksi bau yang sangat melenakan kita.

Seringkali juga bau yang ditimbulkan dari pertumbuhan bakteri ini sangat menyengat karena terjadinya infeksi. Infeksi biasanya akan diikuti dengan pembengkakan dan rasa sakit yang sangat pada kaki tersebut. Infeksi ini dapat terjadi karena kita menggunakan sepatu yang terlalu sempit sehingga daging di bawah kuku terluka, atau luka yang terjadi pada saat memotong kuku.

Mungkin ada diantara Anda yang sudah bertahun-tahun mengalami gangguan dari biku/cantengan ini, karena kebingungan bagaimana cara menyembuhkannya. Bahkan mungkin ada yang berpikir biku/ cantengan ini tidak bisa diobati. Tapi tenang saudara-saudara, ternyata menyembuhkan bikut ini sangat mudah, bahkan sangat-sangat mudah, kunci utamanya adalah Sabar.

Hal ini sudah saya alami sendiri, setelah belasan tahun hidup bersama biku yang baunya sangat mengganggu, akhirnya biku tersebut hilang sama sekali. Saat ini Saya benar-benar bebas dari biku/cantengan.

Jadi bagaimana cara mengobati atau menyembuhkan biku atau cantengan ini?
  1. Pertama-tama, Anda harus percaya dengan tips ini.
  2. Biarkan kuku terus tumbuh hingga ujung titik tumbuh paling tepi berada di luar lipatan kulit dan daging.
  3. Berikan antiseptik secara rutin pada bagian yang diobati.
  4. Bersabar.
Masalah utama dari kaki biku atau cantengan adalah pertumbuhan kuku bagian paling tepi yang masuk ke bagian dalam lipatan kulit. Untuk mengobatinya sangat sederhana, biarkan kuku jempol kaki tersebut tumbuh panjang hingga titik tumbuh yang paling tepi berada di luar lipatan kulit bawah kuku. Pertumbuhan kuku tersebut akan terus menusuk kulit dan daging di depannya dan menimbulkan rasa sakit yang terus menerus.

Biasanya rasa sakit ini membuat kita ingin memotong pertumbuhan kuku tersebut, namun justru pemotongan kuku tersebut akan membuat biku atau cantengan semakin lama bercokol di kaki jari kaki Anda.

Dalam proses pertumbuhan tersebut, Anda hanya perlu memastikan bakteri tidak merajalela di bagian yang tertusuk kuku. Caranya adalah dengan secara rutin memberikan antiseptik, misalnya dengan B*tadine.
Proses penyembuhan hingga biku benar-benar sembuh bisa memakan waktu 4 minggu, karena itu kuatkan diri Anda. Selamat mencoba.
Baca juga: Pencegahan Biku/Cantengan
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 comments

Harus nahan sakit gan...tapi kuku jempol saya tebal dan keras udah sebulan sakit di ujung jari padahal jarang dipotong karena bila sudah dipotong malah suka sakit lagi.

Balas

apa kukunya nusuk ke daging gitu gan?

Balas

tipsnya keren n mudah diprektekan gan,,, thanks ya

Balas

Inilah penderitaan saya selama ini... sy kena ini pas SD jempol kanan... trus SMP jempol kiri... smp kuliah msh dibawa...(bisa masuk rekor Muri 20tahunan bersama cantengan)dr dulu segala macam obat sdh dipake bahkn pernah malah cabut kuku...tp hasilx nihil...

Bbrp tahun lalu sempat sembuh tanpa sy apa2kn(mgkin mrk lelah)... msh ngilu sih tp lumayan sdh tdk malu lagi pake sendal...

Tapiiiii 2bulan lalu kena lg djempol kiri... smp skrg blm sembuh... 😭
Resepx bakalan dicoba. Makasih yah...

Oh iya 2 adik sy jg bernasib sama... bertahun2 bersama cantengan...

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger