logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Menginap di Hotel Berbintang


Hotel adalah spot private yang bersifat umum, kita bisa menyewa kamar dan tinggal didalamnya untuk sementara waktu. Dalam waktu itu kamar menjadi ruang private kita, namun sebelum dan sesudahnya akan menjadi ruang private orang lain. Itu adalah sedikit alasan kenapa anda harus menjaga beberapa hal untuk diri anda agar tetap nyaman dan aman saat menginap dan meninggalkan hotel. Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa berguna untuk anda yang akan menginap di hotel untuk berbagai keperluan.

Yang sebaiknya anda lakukan saat check in di hotel:

1. Tanyakan fasilitas yang tersedia di hotel

Jika anda menginap dalam rangka urusan pribadi tentu anda sudah mengecek apa saja fasilitas yang akan anda bayar. Tapi jika anda menginap dalam rangka tugas yang dibayari oleh kantor, tanyakan kepada resepsionis, fasilitas apa saja yang bisa anda gunakan di hotel.

2. Membawa barang

Jika barang yang anda bawa cukup banyak, jangan sungkan meminta tolong kepada petugas hotel, berikan uang tips barang 10 atau 20 ribu rupiah. Jika anda merasa repot dan hanya sebentar, anda bisa juga menitipkan barang di resepsionis. Hotel besar biasanya menyediakan ruangan khusus tempat tamu menitipkan barang.

3. Kunci kamar hotel

Saat ini umumnya hotel menggunakan kunci dalam bentuk kartu, seperti kartu atm. Hotel berbintang dengan tingkat keamanan tinggi tidak hanya menggunakan kartu tersebut untuk masuk kamar, tapi juga untuk menekan tombol angka pada elevator. Kunci kamar anda harus di scanning pada scanner pada elevator, baru anda bisa menekan lantai tempat kamar anda. Saat masuk kedalam kamar, masukkan kunci kedalam slot yang terdapat didinding dekat pintu untuk menghidupkan listrik di kamar anda.

4. Keamanan hotel

Hotel berbintang memang relatif aman dari tindak krimanal, namun tidak ada salahnya jika anda waspada. Jangan tinggalkan barang berharga anda di tempat terbuka di dalam kamar hotel. Jika anda ingin meninggalkan barang yang berharga, gunakan brangkas yang biasanya tersedia di dalam kamar.

Yang sebaiknya anda lakukan di dalam kamar hotel:

1. Cek kebersihan tempat tidur

Walaupun anda menginap di hotel bintang lima, tidak ada salahnya untuk memeriksa kebersihan kasur, sprei dan bantal. Anda tidak tahu apa yang mungkin ikut bersama anda saat meninggalkan hotel. Apakah ada kepinding (kutu busuk) atau serangga lainnya.

2. Bersihkan remote control dan sakelar (optional)

Gunakan tisu basah atau hand sanitizer untuk menghindari bekas pegangan tamu-tamu sebelumnya.

3. Sesuaikan suhu ruangan

Suhu udara yang sejuk dalam hotel adalah salah satu hal yang membuat kita betah, tapi suhu yang terlalu dingin justru bisa mengundang flu. Sesuaikan suhu udara di dalam kamar anda dari awal, jangan menunggu saat akan tidur. Jika menunggu saat akan tidur, bisa-bisa anda sudah kelelahan duluan karena aktifitas seharian dan lupa dengan ac.

4. Pelajari rute penyelamatan diri dalam hotel

Setiap hotel yang berupa bangunan tinggi biasanya memiliki jalur evakuasi khusus dalam keadaan darurat, pelajarilah jalur tersebut dari awal anda masuk kedalam hotel.

Perhatikan ini saat akan keluar dari hotel!

1. Perhatikan jam check out 

Setiap hotel biasanya memiliki aturan check out yang berbeda, perhatikan waktu tersebut dan pastikan anda tidak sampai lewat dari jam check out yang beralaku di hotel, kecuali anda berenana menginap lagi atau bersedia membayar uang tambahan yang berlaku di setiap hotel.

2. Periksa barang-barang anda dengan teliti sebelum meninggalkan kamar hotel

Teliti barang-barang di dalam hotel, jangan sampai ada barang anda yang tertinggal. Mungkin barang yang tertinggal akan tetap aman di hotel, namun anda tentu tidak mau repot harus kembali lagi atau mengeluarkan uang untuk pengiriman barang tersebut.

3. Bonus

Biasanya tersedia beberapa perlengkapan yang tersedia di dalam kamar untuk mendukung kenyamanan anda, misalnya  handuk, sabun, shampo, sikat gigi, cangkir dan lain sebagainya. Anda bisa saja membawa beberapa diantara barang tersebut, yaitu barang yang habis sekali pakai, misalnya sendal kamar, sikat gigi, sabun, shampo. Tapi jangan mengambil barang yang tidak habis sekali pakai, seperti handuk, cangkir, selimut dan lainnya. Kecuali anda bersedia membayar barang-barang tersebut.

Jika sudah selesai dengan urusan anda di kamar, pergi ke lobi dan selesaikan urusan dengan pihak hotel, alias check out. Jika ingin menggunakan taxy, anda bisa meminta tolong ke resepsionis atau bell boy untuk memesan atau memanggilkan taxy.

Demikianlah sedikit tips ini, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan pembaca semuanya. Kritik dan saran yang membangun silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

5 comments

Jarang ke hotel. Tapi boleh juga tuh diterapkan. :)

Balas

siapa tahu kapan hari nginap di hotel mbak... :D

Balas

nah aku mah sering kelupaaan kartu pembuka pintu saat keluar kamar, akhirnya minat dibukakan petugas

Balas

kejadian yang sederhana tapi bisa jadi ngeselin banget y mbak...

Balas

Kalau check out sebisa mungkin cek lagi barang2. jangan sampai ketinggalan. Soalnye pernah kejadian tu da, raib waktu balik lagi buat ngambil. Mungkin cleaning service nya baru bersihkan dan blm sempat nitipin barangnye ke resepsionis, kan kerjaannya kan banyak...

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger