logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Manfaat dan Tips Tidur Siang

Kesibukan sehari-hari membuat tubuh dan pikiran menjadi sangat lelah, anda butuh istirahat. Tidur siang adalah cara istirahat yang sangat efektif untuk rileks dan merefresh pikiran dan tubuh anda. Sayangnya masih ada yang memandang tidur siang sebagai sesuatu yang buruk. Beberapa pihak menganggap tidur siang mengindikasikan kemalasan, kurangnya ambisi dan standar yang rendah, dan tidur siang hanya dibutuhkan oleh anak-anak dan orang tua atau orang yang sedang sakit. Padahal kenyataannya, tidur siang dibutuhkan oleh semua orang karena begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan darinya.

Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • Meningkatkan kemampuan mengingat
  • Meningkatkan produktifitas, meningkatkan kewaspadaan, dan mengurangi kesalahan dan kecelakaan. Sebuah penelitian NASA terhadap pilot pesawat militer dan astronot menemukan bahwa 40 menit tidur siang meningkatkan produktifitas hingga 34% dan kewaspadaan sebesar 100%.
  • Segera setelah tidur siang kewaspadaan kita akan meningkat dan hal ini akan berlangsung selama beberapa jam setelah itu.
  • Tidur siang yang dijadwalkan bisa mengurangi gangguan waktu tidur atau Narcolepsy.
  • Tidur siang juga bermanfaat bagi kesehatan secara mental dengan menjadi semacam refreshing mini, anda bisa merasakan pengalaman relaksasi atau pengisian kembali sehingga akan merasa lebih segar setelahnya.
  • Tidur siang juga dapat meningkatkan kreatifitas, menurunkan tingkat stress, menyehatkan jantung dan tubuh secara keseluruhan.

Dampak Negatif

Meskipun banyak manfaatnya, tidur siang memiliki beberapa dampak negatif jika tidak lakukan dengan benar, dampak negatif tidur siang yaitu:
  • Tidur siang dapat menyebabkan sleep inertia, terutama jika anda tidur lebih dari waktu yang disarankan. Sleep inertia ini digambarkan sebagai sebuah perasaan grogi dan disorientasi yang muncul karena anda terbangun dari tidur yang nyenyak. Karena itu hindari tidur siang terlalu lama.
  • Tidur siang yang terlalu lama bisa mengganggu ritme biologis tidur malam anda. Karena terlalu lama tidur siang, saat malam anda malah merasa segar. Hal ini akan berdampak buruk pada keesokan harinya.

Tips Tidur Siang

  • Waktu tidur siang terbaik adalah lewat tengah hari dan sebelum sore, kira-kira antara pukul 12 siang hingga pukul 15. Tubuh anda mungkin belum siap untuk tidur lebih awal dari waktu tersebut, lewat dari waktu tersebut bisa mengganggu waktu tidur malam anda.
  • Tidur siang sebaiknya berlangsung sekitar 20-30 menit, tidur siang yang singkat ini dapat meningkatkan kewaspadaan dan performa tanpa membuat anda grogi atau mengganggu waktu tidur malam anda.
  • Lingkungan tempat anda tidur siang memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap tidur siang anda, temukan tempat yang tenang dengan suhu udara yang nyaman.
  • Jika khawatir tidur siang anda menjadi terlalu lama, anda dapat menyiasatinya dengan memasang alarm.
Demikianlah sedikit bahasan tentang manfaat dan tips tidur siang ini, silahkan anda terapkan sendiri, mudah-mudahan anda bisa segera mendapatkan manfaat dari tidur siang. Silahkan ceritakan pengalaman anda atau pendapat anda dengan  menuliskannya di kotak komentar di bawah.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger