logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Online Secara Aman


Verifikasi data dienkripsi

Saat mengirim informasi rahasia melalui Internet seperti username, password, atau nomor kartu kredit pastikan Anda mengirimkannya dengan aman. Untuk memverifikasi hal ini, lihat tampilan sebuah kunci kecil (kunci keamanan browser internet) di sudut kanan bawah jendela browser Anda atau di samping address bar (seperti yang ditunjukkan di bawah). Jika terlihat, icon gembok ini harus dalam posisi terkunci dan bukan dalam posisi tidak terkunci.

Kami juga menyarankan memastikan URL dimulai dengan https seperti yang ditunjukkan di atas.

Sementara icon gembok berada dalam posisi terkunci, berarti data dienkripsi, yang membantu siapa pun untuk mengetahui jika data itu dicegat. Bila tidak ada gembok yang terlihat atau dalam posisi tidak terkunci, semua informasi berada dalam bentuk plaintext bisa dicegat bisa dibaca. Jika sebuah halaman web tidak aman, seperti forum online, gunakan password yang tidak akan Anda gunakan pada situs lain seperti situs perbankan online Anda.

E-mail tidak dienkripsi

Website sebaiknya tidak mengirimkan data rahasia melalui e-mail, seperti password, informasi kartu kredit, dll. E-mail tidak dienkripsi dan jika dicegat oleh pihak ketiga bisa dibaca.

Waspadai phishing

Biasakan diri dengan penipuan phishing dan tekniknya, yang digunakan untuk menipu Anda agar memberitahukan informasi akun Anda. Situs perbankan online, Paypal, eBay, Amazon, dan situs populer lainnya yang memerlukan login adalah target yang umum dari penipuan jenis ini.

Gunakan password yang aman

Website yang menyimpan data rahasia, seperti situs bank online perlu menggunakan password yang kuat. Selain itu, sangat disarankan agar Anda menggunakan password yang berbeda untuk setiap website yang membutuhkan login. Jika Anda membutuhkan bantuan untuk mengingat password Anda, pertimbangkan untuk menggunakan password manager.

Berhati-hati ketika menerima atau menyetujui petunjuk penggunaan situs

Ketika diminta untuk menginstal program apapun atau add-on pastikan untuk membaca dan memahami perjanjian sebelum mengklik tombol Ok. Jika Anda tidak memahami perjanjian atau merasa tidak perlu untuk menginstal program, batalkan saja atau tutup jendelanya.
Selain itu, ketika menginstal program perhatikan setiap kotak centang, apakah sudah ok untuk menginstal program pihak ketiga, toolbar, dll. Tambahan-tambahan tersebut jarang ada yang berguna dan lebih sering menyebabkan banyak masalah daripada manfaatnya. Hapus tanda centang pada kotak-kotak ini.

Berhati-hatilah di mana Anda log in

Bisnis
Tempat kerja Anda dapat menginstal logger kunci atau menggunakan metode lain untuk pemantauan komputer saat online. Seseorang yang memiliki akses ke informasi ini bisa membaca log ini dan mengumpulkan username dan password. Juga, jangan menyimpan password di browser Anda jika komputer Anda digunakan bersama dengan rekan kerja lainnya.

Jaringan nirkabel
Ketika menggunakan jaringan nirkabel sadari bahwa semua informasi yang dikirim ke dan dari komputer Anda dapat dicegat dan dibaca oleh seseorang di dekat Anda. Cegah hal ini terjadi dengan hanya login ke jaringan aman yangmenggunakan WEP atau WPA. Jika ini adalah jaringan nirkabel di rumah, pastikan itu aman.

Rumah teman
Perhatikan ketika login ke akun Anda dari komputer teman. Sebuah komputer atau jaringan yang Anda tidak akrab dengannya dengan sengaja atau tidak sengaja bisa saja login menggunakan username dan password Anda. Akhirnya, ketika masuk ke situs apapun pada komputer teman-teman Anda,  jangan pernah menyimpan (save) informasi password pada browser mereka.

Waspadai orang di sekitar Anda

Saat di tempat kerja, sekolah, perpustakaan, atau di mana saja dimana terdapat orang-orang sekitar yang bisa melihat monitor Anda, berhati-hatilah jika Ada yang memperhatikan aktifitas surfing Anda. Seseorang bisa menonton mengetikkan password Anda, yang bisa memberikan mereka akses ke akun Anda.

Perbarui plugin browser Internet

Seringkali terjadi penyerang karena ditemukannya celah keamanan melalui plugin browser seperti Adobe Flash. Pastikan semua  Internet plug-in yang terpasang up-to-date.

Mengamankan password yang disimpan

Pastikan untuk menyimpan password dan informasi login di tempat yang aman. Jangan pernah menuliskan informasi login pada stiky note atau dalam sebuah file teks yang tidak dienkripsi.
Untuk menyimpan password Anda, kami sarankan menggunakan password manager, yang menyimpan semua informasi login dan secara aman mengenkripsi dan melindungi informasi password Anda.
Ketika menyimpan informasi password dalam browser, password Anda dapat terlihat oleh siapa saja yang memiliki akses ke browser Internet Anda. Sebagai contoh, tanpa setup password master di Firefox siapapun dapat melihat semua password yang tersimpan.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger