logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Merawat Rambut Ikal Secara Alami


Rambut ikal adalah tekstur rambut bergelombang, peralihan antara rambut lurus dan keriting. Rambut ikal sulit diatur dan cenderung mudah kusut. Mungkin inilah salah satu sebab para wanita berambut ikal tidak menyukai rambutnya dan cenderung memilih meluruskan rambut. Padahal, rambut ikal memberikan keuntungan tersendiri, yaitu memberikan efek bervolume yang anggun dan glamor seperti rambut para putri kerajaan Eropa di masa lalu. Itulah sebabnya saat penataan rambut untuk model tertentu, pengikalan rambut diperlukan (bagi jenis rambut lurus) agar tampilan akhir dari penataan rambut lebih baik.

Sebagaimana rambut lurus dan keriting, rambut ikal juga memerlukan perawatan khusus agar tetap indah dan sehat. Berikut ini beberapa tips perawatan alami bagi rambut ikal agar tetap indah, halus, lembut, dan sehat:

1. Gunakan sisir bergigi jarang/ jari tangan
Sisir bergigi jarang dapat membantu merapikan rambut tanpa membuatnya terlalu mengembang/ megar. Sebaliknya, sisir bergigi rapat dapat membuat rambut megar sehingga sulit ditata. Hindari terlalu sering menyisir rambut karena dapat mengurangi keindahan alami rambut ikal. Jika terpaksa dilakukan, gunakan jari-jemari tangan saat rambut masih basah atau sisir bergigi jarang pada saat rambut kering.

2. Menyisir rambut sebelum keramas
Ya, bersisir sebelum membasahi rambut dapat mengurangi kerontokan rambut sekaligus membantu mencegah rambut terlalu kusut dan mengembang berlebihan setelah kering. Sisirlah rambut ikal perlahan-lahan mulai dari bagian ujung rambut terlebih dahulu, baru kemudian ke bagian pangkal rambut.

3. Gunakan minyak rambut sebelum keramas
Minyak rambut dapat menyehatkan, menguatkan, dan menebalkan rambut. Sayangnya penggunaan minyak rambut yang terlalu sering pada rambut ikal dapat mengurangi tekstur rambut ikal yang unik. Untuk itu, diperlukan teknik khusus. Caranya, gunakan minyak rambut satu jam atau beberapa saat sebelum keramas dan aplikasikan minyak rambut hanya pada bagian pangkal rambut untuk mencegah kerontokan serta sedikit di bagian ujung rambut untuk mencegah rambut bercabang. Biarkan minyak terserap ke kulit kepala. Selanjutnya, bilas dengan larutan shampoo-air dingin atau air hangat-tanpa shampoo.

4. Gunakan shampoo khusus
Beberapa shampoo di pasaran sangat tidak cocok untuk rambut ikal karena kandungan sulfat, garam, dan detergen yang terlalu tinggi yang dapat merusak protein rambut ikal. Oleh karena itu, pilihlah shampoo yang dirancang khusus untuk mempertahankan keindahan tekstur rambut ikal/ keriting.

5. Gunakan sedikit shampoo
Jika tidak memiliki shampoo khusus, pemilik rambut ikal yang ingin mempertahankan ikal rambutnya dapat menyiasatinya dengan memanfaatkan shampoo biasa yang ada di pasaran. Caranya, dengan melarutkan sedikit shampoo ke dalam setengah gayung air sampai berbusa, lalu tuangkan air shampoo tersebut pada bagian pangkal rambut untuk membersihkan kulit kepala dari minyak dan kotoran. Biarkan air mengalir pada bagian ujung rambut tanpa perlu menggosoknya, lalu bilas dengan air dingin.

6. Sesekali, gunakan air hangat
Selain menenangkan, air hangat (tanpa shampoo) dapat membantu melancarkan peredaran darah di kepala, membersihkan kulit kepala dan menambah volume rambut. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan air hangat terlalu sering justru dapat mengeringkan bahkan merusak rambut. Oleh karena itu gunakan air hangat hanya saat diperlukan, misalnya setelah mengaplikasikan minyak rambut di kulit kepala atau saat rambut sangat lepek. Lakukan sebulan dua kali. Selebihnya, tetap gunakan air dingin, ya!

7. Hindari terlalu sering keramas dengan shampoo
Penggunaan shampoo seperti pada iklan di televisi hanya akan merusak rambut, menyebabkan kerontokan, mengeringkan kulit kepala dan membuat rambut bercabang/pecah BILA dilakukan terlalu sering. Terlebih jika tidak dikeringkan dengan baik. Jadi, keramaslah dengan shampoo hanya jika diperlukan dan hindari menyuci rambut terlalu sering/ setiap hari. Untuk perawatan sehari-hari, basahi rambut dengan air biasa (tanpa shampoo) lalu keringkan dengan alami.

8. Pengeringan rambut ikal setelah keramas
Ingatlah bahwa pengeringan rambut secara alami selalu lebih baik daripada dengan bantuan hairdryer. Pilihlah handuk dari bahan mikrofiber. Bahan ini lebih baik dari bahan terry karena teksturnya lebih halus dan menyerap air lebih baik. Sebisa mungkin hindari penggunaan hair dryer karena panas hair dryer dapat menghilangkan ikal rambut, namun tentu saja jika dalam keadaan tergesa blow dry pada rambut ikal bisa dilakukan (lihat tipsnya di sini).

9. Penataan rambut ikal
Tata rambut ikal dalam keadaan setengah basah. Aplikasikan produk menggunakan jari-jari tangan dari arah akar ke ujung rambut, lalu remas rambut dengan lembut dari ujung ke arah kulit kepala.

10. Perawatan khusus lainnya
Perawatan khusus lain dapat dilakukan sepekan sekali, dilakukan sendiri maupun di salon. Pilihan perawatan alami di rumah untuk rambut ikal antara lain masker pisang, masker santan atau masker alpukat.

Terakhir, ingatlah, rambut ikal alami yang Anda miliki dapat menjadi indah jika dirawat dengan baik. Jadi, bangga dan tetaplah bersyukur jika Anda memiliki rambut ikal alami. Semoga tips ini bermanfaat.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger