logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Belajar Efektif

Belajar dengan efektif adalah hal yang ingin dicapai namun sulit dilakukan, terutama jika tidak tahu triknya. Untuk itu kita perlu mengetahui trik efektif dalam belajar agar pelajaran dapat mudah diterima oleh otak.

(credit)


Berikut ini beberapa tips belajar yang efektif menurut lechaimontheright.com

1. Catat tanggal penting

Ini termasuk tanggal ujian, tenggat waktu tugas (deadline), tanggal presentasi, dsb. Gunakan daftar tugas yang diupdate. Tulis di planner dan kalender yang diberi alarm.

2. Selesaikan sebelum waktunya

Walaupun tenggat waktu masih lama, ingatlah untuk berusaha menyelesaikan semua tugas sebelum waktunya. Atau setidaknya cicil sedikit demi sedikit agar tidak menumpuk di akhir. Kerjakan tugas sesuai instruksi yang diberikan dan tulis sesuai topik yang diminta.

3. Jaga komunikasi dengan tutor/guru/dosen/pelatih

Rajinlah bertanya kepada tenaga pengajar jika dirasa perlu. Tulis jawaban di dalam buku catatan. Jangan bertanya di waktu akhir dan tetaplah sopan kepada tutor.

4. Organisir dengan warna

Warna dapat meningkatkan semangat belajar. Gunakan sistem kode warna untuk menjaga ide dan membuat tugas lebih terorganisir. Gunakan stabilo, kertas warna, isolasi bergambar dsb.


[Baca juga 4 Kesalahan Umum Belajar]

5. Siapkan zona belajar

Tentukan spot belajar yang sesuai dengan kepribadian spesifik dan gaya belajar yang dimiliki. Jadikan tempat tersebut nyaman tapi tidak sampai membuat tidur ya.

6. Tinjau silabus

Meninjau silabus sebelum belajar dan sesering mungkin membantu kita mempersiapkan dan memahami tujuan belajar dan pokok-pokok penting yang akan diajarkan.

7. Catatan Cepat

Catatan bermanfaat untuk mengingatkan penjelasan yang diberikan oleh tutor. Tidak perlu menulis semua yang tutor sampaikan melainkan catat yang penting saja. Jangan tulis apa yang sudah ada dan jelas di buku teks.

8. Baca Materi

Mendengarkan guru tidak dapat menggantikan pengalaman membaca. Akan lebih efektif lagi jika membaca sambil mendengarkan. Baca materi sebelum menghadiri kelas.

9. Perhatikan penekanan

Selalu dengarkan apa yang ditekankan atau diulang-ulang oleh tutor, catat poin kunci dan penting tersebut dalam buku catatan dan tandai dengan kata tebal atau kode warna.

10. Belajar 1 jam untuk 1 pertemuan

Luangkan waktu paling sedikit 1 jam per hari sebelum pertemuan berikutnya untuk membaca atau mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut.

11. Belajar kelompok

Bentuklah kelompok belajar yang beranggotakan orang-orang yang relevan dan luangkan waktu untuk belajar bersama. Aktivitas yang bisa dilakukan adalah menjelaskan materi dalam bahasa sendiri, mendengarkan penjelasan teman, tanya jawab, dll.

12. Beri penghargaan untuk diri sendiri

Salah satu penghargaan adalah dengan berlibur. Rencanakan liburan dengan tetap memerhatikan waktu dan frekuensi liburan.

13. Jangan menunda

Belajar sedikit namun rutin lebih baik daripada belajar kebut semalam sebelum tes. Mencicil pekerjaan dan tugas segera setelah diberikan juga membantu agar hasilnya lebih memuaskan dibandingkan dengan yang dikerjakan dengan terburu-buru.

14. Jaga diri dengan kebiasaan baik

Ini termasuk makan tepat waktu dan bergizi, tidur dan istirahat yang cukup, olahraga dan meregangkan tubuh, serta bersosialisasi dan menemui orang-orang baru untuk berbagi pengalaman.

Demikianlah beberapa trik belajar efektif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa bermanfaat ya.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger