logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

3 Teknik Ampuh Untuk Meningkatkan Fokus

Salah satu kunci sukses adalah fokus. Ini adalah hal yang mudah dikatakan namun sulit untuk dikerjakan. Dalam pekerjaan sehari-hari, seringkali kita menghadapi distraksi yang membuat konsentrasi terganggu. Karena itu, agar tetap fokus, kita perlu menerapkan teknik khusus yang dapat membantu kita mencapai target yang diharapkan.

Berikut ini beberapa cara ampuh agar bisa fokus:

1. Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro merupakan teknik yang terbukti efektif dalam meningkatkan produktifitas kerja. Teknik ini dilakukan dengan cara memberikan waktu istirahat tiap 25 menit bekerja. Gunakan timer sebagai alat pengingat.
(photo by Mark Hunter)

2. Teknik Layar Penuh

Teknik layar penuh berguna untuk mengurangi distraksi dan meningkatkan konsentrasi. Untuk pekerjaan yang menggunakan komputer atau laptop, cara sederhananya adalah dengan hanya membuka tab yang dikerjakan saja dan menutup atau menyembunyikan tab yang lain. Untuk pekerjaan tanpa gadget, teknik ini dapat diterapkan dengan cara mempersiapkan barang-barang yang diperlukan dan menyingkirkan barang-barang yang tidak perlu di area kerja sehingga tidak perlu beranjak ketika bekerja.

3. Teknik Offline

Teknik ini terdengar sederhana namun nyatanya sulit dilakukan oleh orang masa kini. Oleh karena itu teknik ini perlu persiapan, seperti mengumpulkan bahan bacaan sebelumnya dan meluangkan waktu membaca jika memang memerlukan banyak literatur. Gunakan buku catatan untuk menulis ide dan cari tempat yang sepi untuk bekerja. Untuk mengatasi rasa bosan yang rentan muncul saat offline, carilah tempat nongkrong baru (bisa coffee shop, taman, dsb) atau lokasi yang menampilkan perspektif baru (meskipun masih di ruangan yang sama). Jangan lupa tetap gunakan teknik pomodoro dan teknik layar penuh.

Demikianlah 3 teknik ampuh untuk meningkatkan fokus yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Silakan dicoba dan semoga bermanfaat ya.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger