logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Menghemat Biaya Listrik

Saat ini biaya hidup semakin tinggi sedangkan penghasilan seringkali tidak mampu mengimbangi pengeluaran. Untuk itu, selain mencari pemasukan tambahan ada baiknya Anda mulai menghemat biaya hidup secara masuk akal. Salah satunya adalah dengan menghemat pengeluaran untuk listrik.

Seperti yang kita tahu, menghemat listrik tidak hanya menghemat pengeluaran Anda namun juga menjadikan Anda pribadi yang lebih ramah lingkungan. Lakukan beberapa hal sederhana berikut yang dapat menghemat pengeluaran listrik Anda:

1. Matikan lampu di ruangan yang sedang tidak digunakan.
Seperti yang kita ketahui, tips ini mungkin umum dan sudah sering Anda dengar. Yang pasti melakukannya secara konstan akan memberikan hasil yang sangat terasa. Selain menghemat biaya listrik, Anda juga menghemat biaya penggantian lampu karena lampu akan berusia lebih lama.

2. Cabut colokan peralatan listrik jika sudah selesai digunakan.
Arus listrik pada peralatan listrik yang dipadamkan hanya menekan tombol off ternyata masih mengalir sehingga tidak cukup signifikan dalam menghemat listrik. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencabut colokan listrik dari terminal ketika peralatan listrik dan elektronik tidak digunakan.

3. Kurangi penggunaan lampu pijar.
Lampu pijar mungkin berharga murah, namun jenis lampu ini agak boros listrik dibanding jenis lampu lainnya. Anda dapat mengganti penggunaan lampu pijar dengan lampu jenis lainnya seperti LED atau TL yang banyak dijual di pasaran. Anda dapat menggunakkan lampu neon untuk ruangan yang lebih luas. Jenis lampu-lampu tersebut menghasilkan nyala lampu yang lebih terang dan putih dibandingkan lampu pijar.

4. Kurangi penggunaan AC.
Ini penting terutama bagi Anda yang sedang berencana membangun rumah, jangan lupa untuk mendesain jendela yang lebar sebagai jalur sirkulasi udara ruangan. Sirkulasi yang baik dapat mengurangi risiko penyakit pernafasan sekaligus menurunkan suhu di dalam ruangan sehingga ruangan yang sudah sejuk tidak lagi memerlukan nyala AC. Atau gunakan kipas tangan, ini sangat menghemat listrik. :)

5. Hemat air Anda.
Menghemat air sangat penting bagi Anda yang menggunakan air tanah untuk kebutuhan air sehari-hari. Karena Anda bukan Avatar Aang, Anda pasti memerlukan tenaga mesin pompa air untuk menaikkan air tanah yang bersih ke bak penampungan air. Dengan menghemat penggunaan air, Anda juga sekaligus menghemat penggunaan listrik. Sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui.

6. Gunakan lampu baca di kamar anak atau di ruang kerja Anda.
Aktivitas anak tidak melulu belajar di kamarnya, dan Anda tentu saja tidak melulu membaca buku di ruang kerja Anda. Oleh karena itu untuk membantu mata Anda tetap sehat namun juga tetap menghemat uang, gunakan lampu biasa untuk kamar tidur anak dan ruang kerja Anda ~seperti pula ruang lain di rumah Anda~ tapi pastikan Anda menyediakan lampu belajar yang cukup terang di meja kerja dan meja belajar agar aktivitas membaca buku dan mengerjakan tugas tidak terganggu karena pencahayaan yang kurang. Nyalakan saat akan bekerja dan padamkan dan cabut dari colokan saat tidak digunakan. Dengan ini, Anda dapat menghemat biaya listrik sekaligus mengurangi pengeluaran ekstra untuk gangguan kesehatan untuk mata Anda dan keluarga.

7. Padamkan lampu saat tidur, kecuali lampu teras.
Walaupun Anda sedang berhemat, lampu teras tetap diperlukan untuk menerangi rumah Anda agar tidak terlihat seperti rumah tak berpenghuni. :)

8. Gunakan lampu tidur ber-watt kecil yang memiliki nyala redup dan menenangkan untuk kamar tidur. Selain menghemat listrik, cahaya yang redup dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, cepat, dan tenang.

Oke, selamat berhemat listrik! ;D
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger