logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Hindari Kebiasaan Buruk ini Agar Kulit Tampak Awet Muda

Kulit Awet Muda (Tom Merton/Flickr)
Berjemur di bawah terik matahari dan merokok adalah dua hal yang paling efektif merusak kulit muda anda. Namun sebenarnya masih banyak penyebab lain yang dapat membuat anda tampak lebih tua dari umur anda yang sebenarnya. Berikut ini adalah 11 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit anda sekaligus pencegahannya agar anda dapat menjaga kulit anda tetap segar dan awet muda.

1. Terlalu kurus

Kehilangan lemak menyebabkan wajah menjadi kendur dan kurus, hal ini akan menyebabkan penampilan anda melebihi usia anda yang sebenarnya. Diet yo-yo juga dapat menyebabkan penuaan dini. Kehilangan berat badan yang berulang akan menarik kulit Anda dan membuatnya longgar. Untuk menanggulangi masalah ini, konsumsi bahan sebagai berikut ini:
  • Asam lemak omega-3 dari ikan dan kenari untuk melawan kerut peradangan
  • Vitamin C seperti buah jeruk, kiwi dan bayam yang meningkatkan produksi kolagen
  • Likopen dalam saus tomat dan merah muda grapefruits yang melindungi terhadap kerusakan akibat sinar matahari 
Baca juga:
Manfaat Minyak Kelapa Pantai untuk Kesehatan
8 Makanan Sehat untuk Detoksifikasi Tubuh

2. Menggosok mata Anda

"Menarik dan menggosok kulit halus di sekitar mata bisa menyebabkan kegelapan. Karena perubahan pigmen usia Anda, ini dapat menambahkan tahun pada penampilan Anda. Jika Anda tidak bisa berhenti menggosok mata Anda, cek apakah anda punya alergi agar bisa segera diobati. Dan, ketika menggunakan makeup atau lensa kontak, lakukan dengan lembut pada kulit di sekitar mata Anda. Ini akan membantu mencegah masalah pigmen dan penuaan dini.

3. Gangguan tidur

Tidur sangat penting untuk energi Anda, konsentrasi dan kulit. Pada malam hari, kulit masuk ke dalam keadaan pembaruan. Tidak hanya memperbaiki dirinya sendiri, tetapi ada juga perbedaan pH dan sirkulasi sehingga produk anti-penuaan bisa masuk lebih baik. Plus, bengkak, lingkaran hitam yang tidak terlihat membuat anda tampak awet muda.

Tidur yang cukup dapat mencegah penuaan dini, ikuti tips berikut ini:
  • Hitung kembali waktu tidur anda, normalnya kita membutuhkan tidur selama 7-8 jam setiap harinya.
  • Jadikan kamar tidur Anda gelap, dingin dan tenang.
  • Matikan TV dan komputer setidaknya setengah jam sebelum tidur; lampu alat-alat tersebut dapat mengurangi produksi hormon tidur melatonin pada tubuh Anda.
  • Buat ritual malam hari, seperti menyeruput secangkir teh, mengoleskan minyak lavender pada kaki Anda atau mendengarkan lagu santai.
Baca juga:

4. Tidur hanya pada satu sisi

Posisi meringkuk seperti janin mungkin nyaman, tapi itu buruk bagi kulit Anda. Begitu juga tertidur di perut Anda. Menekan wajah Anda ke bantal delapan jam malam selama bertahun-tahun dapat memecah kulit dan menyebabkan keriput. Latih diri anda untuk tidur telentang atau secara teratur, ubah posisi tidur anda sepanjang malam agar kulit tidak terlalu lama tertekan. Hal ini berguna untuk mengurangi pembengkakan pada wajah kulit wajah dari waktu ke waktu.

5. Menghirup dari sedotan

Biasanya kita menggunakan sedotan untuk minum dari air es atau untuk menghindari sentuhan langsung dengan wadah air yang kita minum, namun sebaiknya kebiasaan ini anda hindari karena menggunakan sedotan akan menyebabkan munculnya garis-garis halus di sekitar mulut Anda, tanda penuaan dini. Hindari minum melalui sedotan dan hilangkan kebiasaan selfie dengan duckface mungkin juga akan bermanfaat.

6. Stress

Jika Anda sedang merasa sangat khawatir (atau kurang tidur), tubuh Anda memompa keluar hormon stres tanpa henti yang dapat menyebabkan penuaan dini. Kortisol, hormon stres utama dapat merrusak kolagen, yang menyebabkan kulit kendur dan keriput dan menyebabkan peradangan. Dan stres kronis dan kecemasan dapat menyebabkan kerutan dan alis berkerut. Solusinya, temukan sesuatu yang bisa membuat anda rileks dan santai, refreshing juga akan sangat bagus untuk menanggulangi strees. Sedikit latihan juga dapat membuat anda merasa lebih santai dan rileks. Jika semuanya gagal, bernapas dalam-dalam dan waktu yang tenang dapat membantu.
Baca juga:
Tips Mengurangi Stress di Tempat Kerja

7. Mengandalkan makeup untuk tabir surya

Melakukan kegiatan luar ruangan sangat menyenangkan bagi banyak orang, namun terlalu lama terpapar sinar matahari dapat berdampak buruk pada kulit anda. Banyak produk makeup mengklaim memiliki tabir surya yang menghalangi sinar berbahaya, tapi itu mungkin tidak cukup untuk menangkal kerusakan kulit dan penuaan dini. Kebanyakan makeup melindungi kulit dari sinar UVB, tapi tidak menghalangi sinar UVA, yang menyebabkan garis-garis halus, bintik-bintik coklat, pori-pori membesar dan berkerut. Dan anda mungkin akan boros menggunakan banyak kosmetik untuk mendapatkan manfaat tabir surya. Oleskan pelembab yang melindungi kulit dari UVA dan UVB (biasanya terdapat penjelasan pada label), baru kemudian gunakan riasan Anda.

Studi menunjukkan bahwa ketika kita menerapkan tabir surya, kita akan melewatkan titik di kulit. Jadi, jika anda menggunakan lotion, baru kemudian make -up anda, maka anda dapat menutupi spot-spot yang tidak tertutupi oleh tabir surya.

8. Hanya Berfokus pada keriput

Garis bukan satu-satunya dampak pertambahan usia. Bintik-bintik gelap dan daerah pigmentasi dapat membuat kulit Anda kusam, dan menjadikan penampilan anda tampak lebih tua. Bahkan, "perubahan warna, seperti bintik-bintik usia dan pigmentasi tidak merata, bisa membuat wanita terlihat setidaknya 10 tahun lebih tua dari mereka.
Untuk menanggulangi ini anda dapat menggunakan produk kecantikan untuk mengangkat sel kulit yang mati yang mengalami pigmentasi berlebih. Tabir surya juga bisa digunakan untuk menghindari pigmentasi kulit Anda akibat Sinar UV.

9. Mengabaikan leher dan tangan

Leher dan tangan biasanya jarang mendapatkan perhatian, hal ini dapat menjadi penyebab kenapa kita tampak lebih tua dari usia kita yang sebenarnya. Bahkan, sebuah penelitian di jurnal Plastic and Reconstructive Surgery 2006 menemukan bahwa wanita yang tangannya telah bintik-bintik dan keriput yang dianggap lebih tua dari rekan-rekannya dengan tangan tanpa bintik dan keriput. Untuk menangai masalah ini, gunakan krim anti-penuaan di wajah di leher dan di punggung tangan untuk mencegah penuaan dini. Dan jangan lupa untuk menutupi kedua daerah tersebut dengan tabir surya setiap hari.

10. Tidak menggunakan kacamata hitam

Gerakan berulang seperti menyipitkan mata, tertawa dan mengerutkan kening garis etsa dan kerutan wajah Anda dalam jangka panjang. Plus, paparan sinar matahari memecah kolagen di kulit sudah tipis di sekitar mata Anda dan dapat menyebabkan pigmentasi. Bahkan di musim dingin, slip pada kacamata hitam dengan UVA protection / UVB - lihat adakah label "dilapisi UV".

11. Menggunakan sabun dengan detergent keras

Beberapa jenis sabun mengandung detergen yang dapat berdampak buruk pada kulit. Detergen pada sabun mandi dapat membuat kulit menjadi kering. Meskipun tidak membuat kerutan, kulit kering bisa membuat anda tampak lebih tua. Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat membuat garis wajah menjadi tidak terlalu jelas. Untuk menghindari kulit kering, gunakan sabun mandi dengan pelembab dan hindari sabun dengan detergen yang keras. Anda juga perlu minum air setidaknya delapan gelas 8 ons sehari - untuk menjaga kulit Anda dehidrasi dari dalam ke luar.

Demikianlah 11 hal yang sebaiknya dihindari agar anda tampak awet muda, semoga bermanfaat.
Baca juga:
Tips Awet Muda dengan Bahan-bahan Dapur
Pencegahan dan Pengobatan Flu dengan Minyak Kelapa Pantai
Manfaat Minyak Kelapa Pantai Untuk Kesehatan
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger