logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Persiapan Traveling


Apakah Anda senang traveling? Rasanya tidak ada orang yang tidak senang dengan kegiatan traveling, hanya saja banyak dari kita tidak memiliki banyak waktu luang. Banyak alasan kenapa banyak orang senang untuk traveling, tapi pastinya ada satu hal selalu menjadi alasan bagi banyak orang traveling, yaitu kesenangan. Traveling itu sepertinya selalu menyenangkan, tapi ada kalanya menjadi tidak menyenangkan. Agar kegiatan traveling Anda berjalan sesuai keinginan dan tidak  mengganggu kesenangan Anda, maka siapkanlah perjalanan tersebut dengan baik.

Tapi, bagaimana caranya menyiapkan rencana traveling yang baik? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dijadikan referensi jika Anda ingin traveling, tips ini terutama diperuntukkan bagi yang masih bingung bagaimana menyiapkan sebuah rencana traveling, namun bagi yang sudah cukup ahli dalam mempersiapkan traveling, tidak ada salahnya membaca tips berikut:

Riset Lokasi Tujuan
Bagian ini adalah yang paling awal dan penting saat Anda menyiapkan rencana perjalanan Anda. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang daerah yang akan Anda kunjungi, akan sangat baik jika Anda memiliki peta. Pada saat ini hampir semua daerah tujuan wisata menyediakan peta lokasi atau denahnya, pelajari tentang aksesnya dan akomodasi, apa jenis kendaraan yang tersedia dan dimana kita bisa menginap.
Selanjutnya pelajari tentang karakter dari daerah tersebut, termasuk didalamnya misalnya iklim dan topografi. Hal ini bermanfaat untuk memperkirakan barang-barang apa saja yang akan kita bawa.
Pelajari juga tentang budaya masyarakat setempat, terutama kebiasaan dan pantangan-pantangan masyarakat. Yang paling penting adalah kumpulkan informasi terkait apa yang menjadi tujuan Anda tujuan tersebut.

Rencanakan
Setelah mengetahui banyak informasi tentang daerah yang akan Anda kunjungi, buat itinerary (jadwal perjalanan) Anda, rencanakan tempat-tempat yang akan Anda kunjungi, perkirakan waktu yang akan Anda habiskan disuatu tempat. Jangan sampai terlalu lama disuatu tempat sehingga Anda kekurangan waktu untuk ke tempat lain, atau terlalu cepat sehingga Anda tidak sempat mengeksplorasi lebih jauh dan mendapatkan pengalaman yang seharusnya Anda rasakan.

Catatan
Buat catatan kecil yang berisi barang apa saja yang akan Anda bawa dalam perjalanan, catatan ini sangat penting untuk menghindari barang tertinggal di rumah atau kehilangan barang dalam traveling Anda. Perkirakan dengan seksama barang apa saja yang akan Anda bawa, jangan sampai terlalu diberatkan oleh barang-barang yang sebenarnya tidak perlu atau malah kekurangan barang yang Anda perlukan karena malas membawa barang.

Surat-menyurat
Pastikan Anda selalu membawa kartu identitas Anda. Jika Anda traveling bersama istri, bawalah surat nikah untuk berjaga-jaga jika harus menginap di penginapan atau hotel. Bawa serta kartu ATM Anda serta nomor-nomor telepon penting.

Reservasi
Rencana yang dibuat jauh hari akan jauh lebih baik daripada rencana tiba-tiba. Jika rencana sudah ada, Anda bisa melakukan reservasi hotel lebih awal. Sebisa mungkin buat juga reservasi untuk transportasi Anda, selain ada kemungkinan lebih murah, juga untuk menghindari resiko kehabisan tiket.

Jaga Kesehatan
Tidak ada perjalanan yang menyenangkan dengan tubuh yang sedang sakit, karena itu jagalah kesehatan Anda sebelum, dalam, dan setelah perjalanan Anda. Makan makanan yang bergizi dan konsumsi vitamin tambahan secara teratur untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.
Berdasarkan informasi yang telah Anda ketahui tentang lokasi tujuan Anda, lakukan tindakan pencegahan terkait potensi penyakit pada lokasi terkait, misalnya mengkonsumsi pil kina untuk pencegahan malaria.
Tidur yang cukup adalah salah satu langkah yang penting untuk menjaga kesehatan Anda, umumnya orang-orang tidak tidur pada malam sebelum keberangkatan karena mempersiapkan perjalanan, padahal tidur pada waktu itu sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh Anda dalam perjalanan. Karena itu usahakan Anda siap sebelum H-1 keberangkatan.

Demikianlah tips persiapan traveling, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger