logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Melindungi Diri dari Kejahatan dalam Perjalanan

Jauh ataupun dekat, sebuah perjalanan memerlukan persiapan. Apalagi saat ini raja dan ratu tega berkeliaran mencari korban. Untuk memperkecil peluang menjadi korban kejahatan mereka ketika Anda dalam perjalanan, ada baiknya menyimak beberapa tips aman berikut ini:
  1. Hindari menggunakan perhiasan mencolok
    Memakai perhiasan mencolok dapat memancing kejahatan. Ingatlah selalu kata Bang Napi, "kejahatan tidak hanya karena ada niat tapi juga karena ada kesempatan". Waspadalah, waspadalah!
  2. Hindari menghitung uang di tengah jalan
    Jika Anda mengambil uang di ATM, hitung uang Anda saat di depan mesin ATM. Jika tidak, lakukan di tempat yang tertutup, privat, atau lakukan di dalam tas. Memperlihatkan diri menghitung uang dapat memancing orang melakukan kejahatan. Mereka tidak akan peduli Anda menghitung uang karena keuangan yang sedang cekak atau sekadar pamer. Mereka hanya tahu Anda punya uang dan mereka tahu dimana Anda menyimpannya!
  3. Simpan barang berharga di tempat aman
    Jangan tunjukkan barang berharga anda di depan umum, dompet, handphone dan berda berharga lainnya simpan di tempat yang aman dan tak terlihat orang. Hindari menggunakan perangkat elektronik canggih jika tidak terpaksa.
  4. Letakkan tas di depan badan
    Hindari menyimpan barang bawaan di kiri atau kanan badan, atau tempat yang tidak terjangkau tangan. Jika memungkinkan, letakkan barang bawaan di antara kaki, di depan, atau di pangkuan jika anda bepergian menggunakan kendaraan umum.
  5. Hindari berpergian seorang diri
    Tak peduli Anda pria atau wanita, hindari bepergian sendirian, apalagi di malam hari, kecuali jika benar-benar terpaksa. Terutama dalam perjalanan jauh, teman seperjalanan dapat menjadi teman bicara (untuk membuang bosan) sekaligus orang yang dapat dipercaya menjaga barang berharga saat Anda perlu melakukan hal lain seperti beristirahat atau buang hajat.
  6. Belajar bela diri
    Dengan bela diri, Anda tidak hanya berpeluang meloloskan diri dari penjahat yang beraksi melainkan juga memungkinkan Anda melumpuhkan mereka sehingga mereka tidak lagi melakukan kejahatan serupa. Jika Anda tidak punya waktu untuk berlatih bela diri, belajar bela diri secara otodidak. Bekali diri Anda dengan pengetahuan tentang langkah sederhana menjatuhkan lawan atau tentang titik-titik efektif untuk diserang apabila Anda dalam keadaan yang mengharuskan Anda membela diri secara fisik.
  7. Persenjatai diri Anda
    Buatlah semprotan yang berisi campuran air, cabai, dan merica. Pastikan semprotannya bekerja dengan baik. Kelebihan semprotan ini adalah tidak bermasalah dengan detektor keamanan. Yang penting, jangan lupa masukkan semprotan ini ke dalam tas yang Anda gunakan untuk berpergian. Semprotan ini tidak berguna jika tertinggal di rumah. :)
  8. Travelling (Flickr/Martin)
  9. Last but not least, berdoa sebelum berangkatApapun agama Anda, berdoalah sebelum melakukan perjalanan agar diberi perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Melindungi.
Semoga tips sederhana ini bermanfaat!
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger