logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

30 Jurus SEO Dasar

Sejak pertama mulai nge-blog, saya hanya berfokus pada konten-konten-dan konten. Tidak pernah terpikir untuk mengurus SEO. Namun belakangan ini, setelah melihat blog-blog orang lain dengan konten yang tidak terlalu banyak namun punya trafik yang tinggi, membuat saya mulai berpikir, tentang Teknik SEO.

Ya, belajar seo sangat penting bagi seorang webmaster dan blogger. Kenapa? Karena betapapun hebatnya konten situs Anda, Anda tidak akan mendapatkan tempat di mesin pencari jika tidak menerapkan taktik SEO. SEO membuat konten dalam situs Anda terlihat oleh dunia luar. Karena itu, agar konten Anda benar-benar membawa trafik yang berarti ke situs Anda, Anda memerlukan teknik SEO. Karena itu saya mulai mempelajarinya, setelah browsing di blog-blog milik orang luar, saya mencoba menuliskannya agar tida lupa, sekalian bergai dengan pengunjung Blog  Tips Serius Santai ini.
 Berikut ini adalah beberapa Pengaturan SOE yang perlu diterapkan oleh blogger. Tips-tips ini berlaku spesifik untuk blogger, tapi tidak berarti tidak dapat Anda gunakan pada platform lainnya.

Sebelum menulis post

1. Pilih topik dengan benar

Topik adalah bagian paling penting dari konten yang Anda tulis, pastikan tulisan yang akan Anda buat sesuai dengan keinginan pengguna blog Anda. Terkait dengan hal ini, banyak blogger yang lebih menggunakan niche blog, hal ini dilakukan agar kita lebih fokus dalam membuat konten untuk blog kita.

2. Review persaingan keyword target

Review situs-situs yang memiliki topik yang sama dengan blog Anda, apa yang menjadi topik utama mereka, bagaimana strategi mereka, dan apa yang sedang menjadi tren di internet. Kembangkan ide dari pokok pikiran yang sudah ada sebelumnya, seperti kata Einstein, kreatifitas adalah bagaimana kita menyembunyikan apa yang kita contoh.

3. Melihat konten yang sedang tren

Langkah yang satu ini membuat Anda harus selalu up to date dengan segala berita yang berlalu lalang di internet, tentunya yang sesuai dengan konten blog Anda. Membuat artikel yang menjadi trending topik tidak hanya menarik pembaca, tetapi juga akan menjadikan blog Anda terlihat sexy di mata search engine.

4. Review keyword dalam artikel

Sebelum memulai memabut konten, coba untuk mempelajari kata-kata kunci yang dapat Anda pakai dalam artikel tersebut yang dapat menjelaskan apa yang Anda maksud sekaligus dapat menarik search engine ke blog Anda.

5. Antara penulis dan blogger

Blogger yang baik bisa saja adalah seorang penulis yang baik, namun jarang terjadi sebaliknya. Seorang penulis menulis untuk pembacanya, tetapi blogger juga menulis untuk mesin pencari. Untuk menjadi penulis blog yang baik Anda harus mempelajari teknik penulisan yang benar serta pendekatan penulisan yang konsisten.

6. Jumlah kata dalam tulisan

Menulis di blog tidak diatur dengan peraturan yang baku. Semunya tergantung pada Anda sendiri sebagai orang yang membuat postingan. Namun beberapa para praktisi SEO sepakat bahwa paling tidak terdapat 300 kata dalam suatu postingan untuk menghindari hukuman dari mesin pencari. Kisaran jumlah yang direkomendasikan adalah 500-700 kata. Tidak terlalu panjang, dan tidak terlalu pendek.

7. Judul adalah Raja

Judul sangat penting dalam optimalisasi SEO, buatlah judul yang menarik dan usahakan untuk mengandung satu kata kunci.

8. Optimalisasi permalink

Usahakan untuk menjaga permalink tetap pendek. Gunakan pengaturan permalinks sekitar 4-5 kata, maksimal, dan pisahkan setiap kata dengan tanda petik "-". Pastikan Anda telah menandai kata kunci yang paling penting bagi Anda dalam permalink.

9. Kalimat pembuka yang mengandung kata kunci.

Usahkan untuk memprioritaskan kata kunci pada awal artikel. Tidak masalah berapa kalipun Anda menggunakan kata kunci dalam artikel, tetapi pastikan paling tidak terdapat satu kata kunci pada bagian awal tulisan.

10. Headings dan Subheadings

Gunakan selalu kombinasi dari heading yang berbeda. Biasanya judul blog adalah H1s, so never use H1s. Post tytle biasanya H2, jangan gunakan itu juga. Sebagian besar ahli SEO menyarankan untuk menggunakan kombinasi H3 dan H4 dalam postingan untuk menunjukkan hirarki yang jelas dalam konten.

11. Tipografi

Tipografi mengacu pada gaya penulisan konten Anda, dan hampir sama pentingnya dengan konten itu sendiri. Gunakan warna heading yang berbeda, gunakan teks  miring dan tebal untuk memberikan penekanan pada kata kunci. Saat memposting konten, blok semua tulisan (ctrl A) kemudian atur rata kanan kiri artikel agar terlihat rapi. Intinya, buat konten Anda rapi dan enak di pandang.

12. Meta Descriptition

Meta Descriptition adalah bagian terpenting kedua dari postingan Anda setelah judul postingan, karena pengguna akan melihat apa yang muncul di mesin pencari (bersama dengan judul Anda). Tulis deskripsi singkat paling tidak 150 karakter dan pastikan semua kata kunci yang penting sudah Anda masukkan dalam meta description tersebut.

Aspek Pembangunan link

13. Internal link

Setiap posting di blog kita harus memiliki internal link ke posting lain yang berhubungan. Buat setidaknya dua internal link pada paragraf awal dan satu atau dua pada paragraf lain.

14. Perhatikan Anchor teks

Anchor teks adalah teks yang diberi link halaman lain dan akan mengarahkan pengunjung ke halaman lain setelah di klik. Pemilihan Anchor teks sangat penting dalam teknik linking. Gunakanlah frase sebagai anchor teks, bukan satu kata.

15. Link Nofollow dan Dofollow

Atribut nofollow pada sebuah link akan akan memberi tahu mesin perayap untuk tidak mengnjungi link tersebut. Jika Anda membuat link ke halaman ekternal, selalu hubungkan ke halaman yang memiliki peringkat lebih tinggi dari halaman Anda.

Aspek visual

16. Gunakan konten visual untuk meningkatkan daya tarik artikel

Gambar, video, infographics, animasi. Jalan lainnya, coba untuk memasukkan setidaknya satu foto dalam blog Anda.

17. Memberi nama pada file gambar

Berikan nama yang sesuai pada gambar atau video yang akan anda upload kedalam konten artikel. Gunakan kata kunci yang berarti dan pisahkan dengan tanda hubung.

18. Optimasi gambar sebelum di upload

Sesuaikan dimensi gambar dengan kebutuhan, jika Anda hanya membutuhkan gambar dengan resolusi rendah, rendahkan resolusinya, gambar yang besar dapat melambatkan proses loading halaman Anda.

19. Image text dan Alt Text

Tandai foto dengan judul dan Alt Text dan gunakan kata kunci yang relevan.

20. Tanyakan pada diri sendiri beberapa pertanyaan

Jika Anda telah berusaha sebaik mungkin untuk membuat konten yang baik, tanyakan beberapa pertanyaan berikut.
Apakah konten Anda masuk akal?
Apaka tata bahasa dan ejaannya sudah baik?
Apakah konten yang Anda buat memiliki manfaat?
Apakah konten tersebut orisinal?
Layakkah untuk dipublikasikan?
Apakah bahasannya sudah detail?
Adakah konten visualnya?
Adakah ide-ide baru atau unik di dalamnya?
Apakah cukup interaktif dengan pembaca?
Apakah dapat menjawab pertanyaan pengunjung mengenai pengalaman mereka?

21. Label blog

Gunakan setidak nya satu label untuk setiap postingan, maksimal tiga label. Secara keseluruhan di blog sebaiknya jumlah label berjumlah 15-20 label.

22. Sinkronisasi dengan posting traffik.

Perhatikan waktu-waktu kunjungan paling ramai pada blog Anda. Sesuaikan waktu posting Anda dengan waktu trafik tertinggi tersebut. Penyesuaian ini akan meningkatkan kemungkinan lebih banyak pengunjung yang datang.

23. Frekuensi posting

Tidak ada jumlah baku dalam hal frekuensi posting blog, tapi tentu saja semakin tinggi frekuensinya, semakin baik bagi kesehatan blog Anda. Buatlah sebuah target minimum untk posting paling tidak satu artikel perhari. Usahakan untuk terus meningkatkannya.

24. Membuat sitemap

Sitemap adalah daftar halaman yang ada dalam blog Anda, seringkali mesin perayap kehilangan pencarian karena halaman bersangkutan tidak memiliki hubungan dengan halaman lainnya, jadi untuk mengindeks halaman yang terisolasi, Anda dapat mengirimkan sitemap ke mesin pencari.

25. Waktu loading

Waktu loading menentukan betah tidaknya pengunjung di blog kita, blog yang terlalu lama loadingnya akan membuat pengunjung untuk segera pergi dan beralih ke blog lain, karena itu aturlah blog Anda agar tidak memakan banyak waktu untuk loading.

26. Sitelink

Sitelink adalah kumpulan link di blog kita yang ditampilkan dalam hasil pencarian mesin pencari. Sitelink biasanya hanya dimiliki oleh site dengan page rank 2 atau yang lebih tinggi.

27. Widget social bookmark

Perayap mesin pencari senang menemukan link yang mengarahkan ke social media. Widget ini membuat pengunjung lebih mudah untuk berbagi apa yang mereka baca di blog kita. Saat mereka membagikannya tentu saja akan meningkatkan pengunjung ke blog kita.

28. Directory submission

Daftarkan blog anda ke direktori situs untuk meningkatkan backlink, peningkatan backlink akan meningkatkan peringkat blog Anda.

29. Tingkatkan page rank site anda

Mesin pencari google lebih senang dengan situs dengan PR yang tinggi, tentu saja, untuk itulah mereka membuat page rank.

30. Menghindari hukuman seo

Hindari penggunaan Black Hat SEO jika anda tidak ingin mendapatkan hukuman. Gunakan teknik SEO yang aman agar tidak terdeteksi oleh algoritma google.

Demikianlah sedikit informasi tentang bagaimana menjadikan blog dan artikel kita SEO friendly, semoga artikel ini bermanfaat. Sekiranya dari teman-teman memiliki informasi tambahan, silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

4 comments

bagaimana gan kita tau kalo blog ane kena black hat seo...

Balas

optimisasi seo itu kita yang melakukan gan, jadi mungkin maksud agan apakah agan melakukan black hat atau nggak... yang penting jangan melakukan optimisasi secara berlebihan gan... lakukan seperti yang diatas...

Balas

Gan.... kalau judul blog kita itu cara hidup sehat yang baik... contoh membuat kata kunci yang benar itu bagaimana?
Mohon di balas ya gan,..!

Balas

kalau maksudnya judul blog itu judul artikel, mungkin sebaiknya gunakan kata kunci utama dan hapus kata sambung...

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger