logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Perbedaan Motel dan Hotel

Bagi penggila travelling tentu tidak asing dengan istilah hotel dan motel, tapi mungkin masih banyak diantara kita yang tidak tahu dengan apa yang dimaksud dengan motel dan apa bedanya dengan hotel. Hotel adalah tempat penginapan yang memiliki asosiasi dengan kawasan perkotaan, pertemuan-pertemuan atau forum-forum antar negara, atau objek-objek wisata yang terkenal, sedangkan motel lebih dekat dengan kawasan pinggiran atau suburban dan pedesaan. Motel biasanya dimiliki secara perorangan, meskipun kadang ada juga yang memiliki cabang-cabang di tempat-tempat berbeda.

Motel pertama kali muncul di  sepanjang jalan raya Amerika Serikat tidak berapa lama setelah Henry Ford mulai memperkenalkan mobil Model T pada tahun 1908 hingga 1930. Tin Lizzy, adalah mobil pertama yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau kepada khalayak ramai. Setelah orang-orang memiliki seperangkat kendaraan ini, mereka ingin menggunakannya, dan motel mulai dibangun untuk membantu orang-orang yang bepergian tersebut berpindah dari satu titik ke titik berikutnya.

Tujuan dan fasilitas Motel

Motel biasanya berbentuk leter L, leter U, atau persegi, dengan halaman dalam yang menjadi tempat parkir kendaraan penggunanya. Hal ini lah yang membedakan motel dengan hotel. Pintu kamar motel menghadap langsung ke halaman, sedangkan pintu bawahnya langsung menghadap ke tempat penggunanya memarkirkan kendaraan sehingga untuk menuju ke kendaraannya mereka hanya butuh beberapa langkah. Desain tersebut sangat memudahkan pengguna untuk memindahkan koper atau barang bawaannya. Tamu bisa lebih yakin dengan keamanan kendaraan mereka karena mereka bisa melihat langsung ke kendaraan mereka, seandainya ada barang berharga di dalamnya. Motel biasanya biasanya dibangun sebagai bagian dari sebuah rantai penginapan yang terletak di tepi jalan raya, tapi juga bisa ditemukan di kota pegunungan atau sepanjang jalan yang lebih kecil dengan pemandangan yang indah.

Kebanyakan motel tidak memiliki fasilitas seperti yang ditawarkan sebuah hotel, tapi motel lebih mudah untuk di akses, harga sewanya juga lebih terjangkau orang kebanyakan, dan pelayanannya tidak m memusingkan. Pelayanan motel sangat cocok untuk traveller yang hanya membutuhkan tempat singgah menginap untuk satu malam dalam perjalanan mereka menuju tempat yang jauh.

Tujuan dan fitur Hotel

Hotel melayani kebutuhan yang berbeda dari motel, hotel biasanya berlokasi di dalam atau di dekat kota atau objek wisata yang besar. Umumnya hotel menyediakan lebih banyak kamar dan dapat memuat banyak orang untuk jangka waktu yang panjang. Desain dasar dari hotel juga sangat berbeda dengan motel. Kamar hotel biasanya menghadap kedalam bangunan dengan pintunya terbuka ke lorong panjang dalam bangunan. Tamu biasanya  menghabiskan lebih banyak waktu hotel untuk kepentingan bisnis, liburan atau layanan ekstra lainnya yang ditawarkan. Hotel biasanya menyediakan banyak fasilitas untuk membuat tamunya merasa nyaman dan betah, beberapa fasilitas tersebut misalnya pemandian air panas, gyms, kolam renang, restoran, layanan kamar, koneksi internet atau layanan lux lainnya.

Area parkir hotel biasanya terpisah dari kamar-kamar tamu, biasanya agak jauh. Namun pada saat ini, kebanyakan hotel dibangun dalam bentuk gedung-gedung tinggi, sehingga untuk menuju tempat parkirnya, tamu bisa menggunakan elevator. Hotel biasanya juga menyediakan staaf yang bertugas untuk mengangkut barang bawaan anda, hanya saja siapkan uang tip. Hotel-hotel besar biasanya juga menyediakan layanan antar jemput tamunya.

Sejarah

Hotel memiliki sejarah yang panjang dalam peradaban manusia, terutama sebagai penginapan wisatawan, sedangkan motel berkembang pada awal abda ke 20 di Amerika Serikat seiring dengan perkembangan mobil. Motel sendiri merupakan kombinasi dari kata hotel dan motoris, yang artinya tempat menginap kendaraan bermotor. Motel mencapai puncak kejayaannya pada sekitar tahun 1960-an. Setelah itu bisnis motel mulai meredup. Motel dianggap sebagai penginapan yang memiliki standar rendah dengan fasilitas yang minim. Bisnis hotel yang kemudian melebarkan jenisnya mengambil pasar dari bisnis motel, motel semakin terbenam dan sekarang menjadi istilah yang ketinggalan zaman.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger