logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Menyimpan Bahan Masakan Sisa


Seringkali saat memasak kita menyisakan bahan masakan karena bahan tersebut berlebihan. Hal ini dapat terjadi karena kita salah perkiraan tentang bahan yang akan kita gunakan. Seringkali pula bahan-bahan masakan tersebut kita simpan sembarangan sehingga saat kita akan menggunakannya lagi, ternyata bahan tersebut sudah menjadi tidak bagus lagi dan terpaksa dibuang.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyimpan bahan masakan sisa untuk memudahkan kegiatan memasak Anda dan menghindarkan Anda dari membuang makanan.

1. Potong habis
Saat memotong bahan makanan seperti buah atau sayuran, potonglah sampai habis. Mungkin akan sedikit menambah waktu kerja Anda, tapi waktu Anda mungkin akan lebih dapat dihemat karena di waktu selanjutnya Anda akan memasak lagi, Anda tidap perlu lagi mengotori talenan dan pisau serta wadahnya. Ini akan sangat menghemat waktu Anda.

2. Gunakan wadah kedap udara
Wadah kedap udara adalah pilihan terbaik untuk menyimpan sisa bahan masakan Anda. Makanan yang terpapar udara luar (wadah) akan lebih cepat rusak. Wadah kedap udara juga akan menghindarkan bahan masakan Anda dari menyerap bau bahan masakan lain saat Anda menyimpannya di dalam lemari pendingin (kulkas).

3. Gunakan wadah transparan
Pernahkan Anda melihat sebuah wadah bahan masakan atau makanan dan menebak apa isi di dalamnya? Jika Anda menyimpan bahan makanan dalam wadah yang transparan, tanpa membukanya Anda bisa langsung tahu apa isi di dalamnya. Selain menghemat waktu, hal ini akan mengurangi kemungkinan bahan yang Anda simpan rusak lebih cepat karena terpapar udara luar.

4. Label dan tanggal
Jika Anda memiliki bahan masakan yang tampak mirip dalam wadah penyimpanan transparan Anda, dan atau khawatir lupa sudah berapa lama bahan tersebut di simpan, akan sangat baik, jika Anda memberikan label nama bahan dan tanggal penyimpanannya. Lebih baik lagi jika semua wadah penyimpanan tersebut diberikan label nama dan tanggalnya. Jangan lupa, tempatkan bahan yang harus lebih cepat digunakan atau lebih cepat rusak di bagian depan tempat penyimpanan Anda. Hal ini untuk menghindari lupa.

Tips-tips diatas memang tampak remeh, tapi jika Anda bisa menerapkannya secara konsisten, Anda mungkin akan menghemat banyak waktu dan lebih sedikit mengalami frustasi karena bahan masakan yang mubazir.

Semoga tips ini bermanfaat. Silahkan tuliskan kritik dan saran Anda di bawah, kalau ingin menambahkan juga boleh.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger