logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Tinggi tubuh adalah salah satu faktor penampilan yang sangat penting, semua orang ingin memiliki tubuh yang tinggi. Kita bisa menambah tinggi badan kita secara alami, namun sangat penting untuk diketahui bahwa tinggi tubuh ditentukan oleh faktor genetik. Meskipun kita tidak bisa melakukan apapun terhadap faktor genetik, kita harus memastikan bahwa potensi tinggi tubuh kita dioptimalkan dengan cara makan dan perilaku yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips untuk meninggikan tubuh secara alami seoptimal mungkin sesuai potensi genetiknya.

1. Konsumsi diet yang seimbang

Diet yang seimbang dan mencukupi akan sangat membantu untuk mencapai tinggi maksimal anda, pastikan anda  mengkonsumsi berbagai bahana makanan yang memenuhi kebutuhan gizi anda, terutama:
  • Protein, adalah kelompook senyawa utama yang menyusun tubuh manusia. Protein bisa didapatkan dari daging unggas, ikan, kedelai dan produk susu. Protein dapat mendorong pertumbuhan otot, memakannya dengan jumlah yang sesuai akan membuat anda menjadi lebih tinggi.
  • Kalsium, mendorong pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis. Kalsium dapat di temukan pada produk susu dan sayuran hijau.
  • Vitamin D, membantu pertumbuhan otot dan tulang anak-anak, kekurangan unsur ini dapat menyebabkan terhambatnya proses pertumbuhan. Sumber utama provitamin D adalah ikan dan jamur, untuk mengubah provitamin D menjadi vitamin D, dibutuhkan sinar matahari, karena itu sering-seringlah berjemur atau beraktifitas di luar ruangan, yaitu pada pagi hari.
  • Seng, meskipun belum dapat dipastikan, diperkirakan terdapat hubungan antara kekurangan seng dengan terhambatnya pertumbuhan. Sumber unsur seng adalah tiram, biji gandum, labu dan bijinya, daging domba, kacang dan kepiting.

2. Olah raga yang cukup

Olahraga yang cukup dapat mendorong pertumbuhan tinggi tubuh hingga mencapai potensi maksimalnya. Beberapa latihan yang penting yaitu berbagai jenis olah raga melompat seperti skipping, permainan bola basket, serta tambahkan bergantung. Anda harus aktif dalam keseharian anda, coba untuk berolah raga diluar ruangan, setidaknya 30 menit setiap harinya. Anda bisa juga latihan di gym, bergabung dengan klub olah raga, berenang, bersepeda, yoga atau joging dan jalan-jalan sendiri di lingkungan dekat rumah.

3. Tidur yang cukup

Tidur adalah waktu tubuh anda tumbuh, tidur yang cukup akan memberikan tubuh kesempatan untuk tumbuh dengan optimal. Tidurlah sekitar 8 jam setiap harinya jika umur anda belum lewat dari 20 tahun. Sekitar 7 jam pada malam hari dan 1 jam pada siang hari.
Hormon pertumbuhan manusia (Human Growth Hormon/HGH) diproduksi secara alami dalam tubuh kita, terutama selama tidur lelap. Tidur yang tenang dan nyenyak akan mendorong kelenar Hipofisis untuk memproduksi GH secara optimal.

4. Menghindari penghambat pertumbuhan

Mungkin tidak banyak yang bisa anda lakukan untuk menambah tinggi tubuh anda, tetapi anda dapat melakukan beberapa langkah agar pertambahan tinggi alami tubuh anda tidak terhambat oleh lingkungan atau pengaruh luar lainnya. Obat-obatan terlarang dan alkohol diyakini dapat memengaruhi pertambahan tinggi seseorang jika masuk ke dalam sistem pencernaan saat anda masih muda. Malnutrisi juga bsia membuat anda tidak bisa mencapai tinggi maksimal alami, selain itu perhatikan juga beberapa hal berikut:
  • Kafein, berdasarkan penelitian ilmiah, kafein tidak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan tubuh. Namun kafein meningkatkan kemungkinan anda kurang tidur dengan baik. Kekurangan tidur dapat menghambat pertumbuhan anak-anak dan remaja.
  • Rokok, pengaruh rokok terhadap pertumbuhan belum terbukti secara ilmiah, namuan data dari salah satu universitas di amerika menunjukkan bahwa anak-anak atau remaja perokok atau perokok pasif memiliki tinggi tubuh yang lebih rendah daripada yang tidak merokok.
  • Steroid, steroid adalah senyawa anabolik yang dapat menghambat pertumbuhan tulang pada anak-anak dan remaja, disamping menurunkan jumlah sperma dan mengurangi ukuran dada, menaikkan tekanan darah dan meningkatkan peluang terkena serangan jantung. Anak-anak dan remaja pederita asma dan menggunakan inhalers yang mengandung steroid dalam dosis rendah, secara rata-rata, satu setengah inchi lebih rendah daripada yang tidak terekspos steroid.
Proses pertumbuhan berlangsung bersamaan dengan proses pubertas, selama anda masih mengalami pubertas maka anda masih memiliki kesempatan untuk menambah tinggi badan. Pubertas pada umumnya selesai pada umur antara 18 - 20 tahun, jadi manfaatkanlah waktu tersebut sebaik mungkin untuk memaksimalkan tinggi tubuh anda.

Tips tambahan, anda juga bisa menambah kesan ketinggian dengan beberapa cara, yaitu:
  • Hentikan kebiasaan membungkuk, gunakan posisi tubuh yang benar saat berdiri atau duduk. Posisi tubuh yang baik akan menjukkan kesan tinggi sesuai tinggi anda yang sebenarnya.
  • Jangan gunakan pakaian yang terlalu besar, pakaian terlalu besar dapat membuat kesan tubuh kita lebih rendah. Tubuh kita terkesan kecil.
  • Gunakan pakaian dengan warnah gelap, seperti hitam, biru dongker atau hijau gelap. Warna yang gelap membuat kesan tubuh lebih ramping, sehingga tampak lebih tinggi.
  • Gunakan pakaian dengan corak vertikal, corak vertikal menunjukkan kesan tinggi, sedangkan corak horizontal sebaliknya.
Itulah beberapa tips tentang meninggikan tubuh secara alami. Bagaimana dengan anda, punya pengalaman bagaimana membuat tubuh lebih tinggi secara alami?
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

3 comments

Salam kenal...
Yang saya tau, batas pertumbuhan tinggi untuk permpuan sampai umur 21, dan laki-laki sampai 25...

Balas

dari beberapa bacaan, memang ada yang sampai umur 21 hingga 25 tahun mbak, tapi rata-ratanya 17-20 tahun... :) terimakasih responnya mbak Apri... :)

Balas

kalau aku sih cukup olahraga 2x seminggu berenang sama lari pagi di senayan heheh

Balas

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger