logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Mengundang Burung ke Halaman Rumah

Cukup banyak orang memelihara burung didalam sangkar untuk mendengar kicauannya atau melihat bulu-bulunya yang indah. Melihat dan mendengar burung bisa menjadi salah satu cara untuk refreshing. Tetapi pernahkah terpikir untuk kebutuhan refreshing kita, burung-burung mereka terpenjara dan stress? Anda tidak tidak harus mengurung mereka untuk menikmati keindahan bulu, kicauan, atau kelincahannya. Undang mereka ke halaman rumah Anda. Undang mereka untuk menikmati suana halaman rumah Anda sementara Anda menikmati tingkah makhluk Tuhan ini. Tapi pertanyaannya, bagaimana cara mengundang mereka untuk datang?
Berikut adalah beberapa tips untuk mengundang burung datang ke halaman rumah Anda.

1. Tanam pohon di halaman rumah

Pohon punya pengertian yang berbeda dengan tanaman, pohon artinya bisa jadi tanaman yang memiliki tinggi lebih dari 5 meter. Pohon ini dapat digunakan oleh burung untuk singgah beristirahan, bermain-main, atau mencari makan. Pohon juga menjadikan halaman lebih sejuk sehingga menjadikan halaman rumah dan rumah kita menjadi lebih nyaman.

2. Buat sarang burung atau sediakan tempat untuk burung membuat sarang

Menyediakan tempat untuk bersarang burung  bisa dilakukan dengan memilih jenis tanaman yang sesuai, jenis pohon yang bisa Anda pilih misalnya pohon beringin. Anda juga bisa membuatkan kotak untuk bersarang burung dan meletakkannya diatas pohon.


3. Sediakan makanan untuk burung

Anda bisa menggunakan botol plastik atau wadah apa saja untuk meletakkan makanan burung. Adanya makanan tersebut tentu akan mengundang burung-burung tersebut untuk datang. Cara yang lebih baik untuk menyediakan makanan burung adalah dengan menanam jenis-jenis tanaman yang menghasilkan makanan untuk burung, misalnya pohon salam, pohon beringin, macam-macam bunga (penghasil nektar), buah-buah seperti jambu atau sawo, dsb.

4. Sediakan tempat mandi untuk burung

Pernahkah Anda memperhatikan beberapa jenis burung senang untuk mandi? Menyediakan genangan air untuk mandi burung adalah salah satu cara yang efektif untuk mengundang burung. Anda dapat menyediakan wadah dalam bentuk pot maupun sculpture yang bisa menjadi bagian dari kelengkapan taman, atau lebih baik lagi jika Anda memiliki kolam dihalaman rumah Anda. Tempat mandi burung ini sebaiknya di tempat terbuka dan tidak terlalu dekat dengan semak-semak yang bisa menjadi tempat persembunyian kucing.

Demikianlah tips mengundang burung ke halaman rumah ini, semoga bermanfaat. Mari lestarikan alam dan linkungan kita untuk kehidupan yang lebih baik.
Enter your email address to get update from Sersan Tips.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Tips Sersan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger